Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bikin Geram Agensi, IU Dituduh Jadi Mata-Mata Korea Utara

EDAM Entertainment ambil perlindungan hukum untuk IU

Nindi Widya Wati

Kalau bicara mengenai isu miring atau aksi kejahatan di industri K-pop, kiranya memang cukup banyak menimpa para idol. Termasuk yang cukup jadi perbincangan hangat awal pekan ini, saat agensi EDAM Entertainment yang secara resmi mengambil tindakan hukum terhadap berbagai rumor jahat yang menimpa IU. 

Pernyataan resmi dari EDAM Entertainment

Twitter.com / edam_ent

Melansir dari Allkpop, pihak EDAM Entertainment secara resmi mencatat sederet individu yang berniat menyebarkan konten jahat dalam jumlah tak terkendali baik online maupun lewat media cetak. Di antaranya mengenai tuduhan plagiarisme, rumor palsu, pelecehan seksual, pencemaran nama baik karakter, pelanggaran privasi, hingga tuduhan kalau IU adalah seorang mata-mata. 

Melihat berbagai tuduhan kejahatan terhadap IU, membuat netizen—khususnya para penggemar IU—mencari sumber berita tersebut. Hingga akhirnya mereka tahu kalau terdapat koran cetak yang disebarkan oleh anti-fans untuk membuat isu miring tentang IU.

Tersebarnya rumor IU jadi mata-mata Korea Utara

Dok. Allkpop

Menurut selebaran cetak tersebut, IU dituduh menjual informasi ke Korea Utara dan China yang pemerintahnya merencanakan untuk menggulingkan pemerintah Korea Selatan. Selebaran cetak itu, tampaknya merasionalisasi tuduhan berdasarkan fakta bahwa IU adalah juru bicara Woori Bank, sebuah bank multinasional dengan kantor pusat di Seoul yang menurut selebaran tersebut, bank benar-benar menyalurkan uang ke Korea Utara. 

Tak hanya itu, ada pula klaim bahwa "North Korean birds" sebenarnya adalah pesawat mata-mata yang dilengkapi dengan kamera dan teknologi pengawasan digunakan untuk memantau urusan internal di Korea Selatan secara real time. Lalu terdapat tulisan, kalau IU berada di tim yang dicurigai bekerja untuk Korea Utara, yaitu mantan presiden Moon Jae In.

Menengok karier IU sebagai penyanyi dan aktris

Twitter.com / iuarchive

IU dikenal sebagai seorang penyanyi-penulis lagu, produser, model dan aktris berasal dari Korea Selatan. Bernama asli Lee Ji-eun, ia diketahui memiliki karya lagu "Good Day" yang berhasil memuncaki tangga lagu digital Gaon Korea Selatan selama lima minggu berturut-turut pada tahun 2019. Berkat kariernya yang semakin berkembang, membuat IU sempat bermain di beberapa judul series. Bahkan pada tahun 2023 ini, IU berperan dalam sebuah film bersama Park Seo Joon dengan judul Dream yang bergenre drama/sport.

Melihat saat ini IU diisukan dengan banyak berita simpang siur, membuat netizen akhirnya ramai berkomentar terhadap permasalahan yang ada. Beberapa di antara mereka sangat menyayangkan tindakan jahat yang dikhawatirkan bisa berpengaruh pada karier keartisan IU. Lalu, ada pula netizen yang penasaran dengan pihak yang berani menyebarkan rumor jahat tentang IU, bahkan beberapa di antara mereka menanyakan berapa bayaran yang diterima pihak tersebut hingga berani membuat berita panas itu.

Menengok berbagai isu miring yang menimp IU kini, bagaimana menurutmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life