Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Dapat Nama Artis Pakai Susuk, Ini Obrolan Boy William dengan Dukun

Ternyata ini kerja dukun

Natasha Cecilia Anandita

Selebriti sekaligus Youtuber Boy William, beberapa hari lalu merilis sebuah konten video di YouTube yang cukup menarik. Seperti biasa, Boy berbincang-bincang dengan tamunya, namun tamu kali ini berbeda. Dalam konten #DibalikPintu, Boy menyambangi seorang dukun bernama Abah Abdul.

Perbincangan mereka pun seputar ilmu tersebut. Bahkan Boy kaget saat dibisiki beberapa artis terkenal yang dulunya datang pada Abah Abdul untuk minta dipasangi susuk. Lantas apa saja perbincangan mereka? Ini ceritanya.

youtube.com/BoyWilliam

Pengalaman baru Boy Wiliam bertemu dan mewawancarai dukun

youtube.com/BoyWilliam

Di awal video, Boy mengungkap bahwa Indonesia dengan negeri berjuta pulau memiliki berjuta profesi di dalamnya dan beberapa masih dianggap tabu seperti dukun. Profesi ini sendiri banyak dibicarakan sebagai profesi ‘bohongan’ walaupun tak sedikit juga yang tetap memercayainya.

Boy pun menyambangi sebuah desa di Kabupaten Bogor, Jawa Barat dan bertemu dengan seorang dukun bernama Abah Abdul. Di pengalaman pertamanya mengobrol dengan seorang dukun, menjadi pengalaman yang menarik baginya.

Lama menjadi dukun, Abah Abdul sudah terkenal di Bogor

youtube.com/BoyWilliam

Beralih ke Abah Abdul, ia sendiri sudah menjadi seorang dukun sejak tahun 1980 hingga saat ini. Ia juga menyatakan sudah menjadi dukun yang terkenal se-Kabupaten Bogor. Alasannya menjadi seorang dukun bukan datang dari keinginan sendiri, tapi sudah menurun dari nenek moyangnya, yang diwarisi ke ibunya dan kini ia menjadi seorang penerusnya.

Menurut Abad, profesi ini memang banyak yang percaya dan tidak, semua itu bergantung pada diri orang masing-masing. Abah juga menambahkan bahwa banyak orang yang tak memiliki banyak uang  untuk ke dokter sehingga beralih ke dukun.

youtube.com/BoyWilliam

“Ada juga yang percaya dukun, karna ia mau ke dokter mahal biayanya, gitu kan. Kalau ke dukun, kan, dikasih air, langsung dijampe, kadang-kadang sembuh,” ujar Abah Abdul.

" Kadang-kadang kalau orang yang tidak mampu, kan, takut ke dokter itu. Takutnya bukan apa-apa, uangnya yang tidak ada. Kalau punya uang pasti berangkat ke sana (dokter), makanya banyak yang percaya ke dukun,” kata Abah Abdul.

Abah Abdul juga mengatakan bahwa banyak orang sakit yang datang kepadanya dan sembuh.

Main ke rumah dukun, Boy lakukan house tour

youtube.com/BoyWilliam

Lama berbincang di sebuah pendopo, mereka pun akhirnya berpindah ke ruma Abah Abdul. Rumah yang didominasi warna hijau itu, memperlihatkan banyak peralatan dukun hingga foto-foto keluarga Abah Abdul. Di lantai bawah rumahnya terdapat kamar tidur, ruang tamu, hingga dapur.

youtube.com/BoyWilliam

Naik ke lantai atas, Boy diperlihatkan sebuah ruangan tempat Abah Abdul membuka bisnisnya hingga jam 11-12 malam. Ada banyak keris terpampang milik Abah yang ia dapat dari gunung Pangrango hingga Jawa Timur. Abah juga memperlihatkan kamar tidurnya.

Ternyata ini pekerjaan seorang dukun, ada artis terkenal yang pasang susuk dengan Abah

youtube.com/BoyWilliam

Boy pun menanyakan apa saja pekerjaan seorang dukun pada Abah Abdul. Abah pun menjawab, dukun bekerja sesuai dengan pasien yang datang. Contohnya ada yang datang karena perusahaannya hancur, lalu didoakan dan mulai bangkit lagi. Sudah banyak pasien yang Abah tangani dan semuanya berhasil.

Abah bahkan mengatakan di musim-musim saat ini, pasiennya lebih banyak. Penyanyi seperti penyanyi dangdut dan artis juga banyak yang menyambanginya. Ada yang minta untuk dibuat menjadi bagus suaranya, ada yang minta untuk menjadi terkenal. Boy pun kaget saat Abah mengatakan ada artis yang datang.

“Pasien seperti penyanyi, penyanyi dangdut, penyanyi apa saja yang datang ke sini banyak,” ungkap Abah.

“Artis?” ucap Boy dengan mimik wajah dan nada yang kaget.

“Artis juga banyak. Dia mau suaranya bagus, digurah,” jawab Abah.

youtube.com/BoyWilliam

Boy kembali bertanya, adakah artis yang datang ke Abah Abdul dan minta untuk menjadi terkenal. Pertanyaan itu diiyakan oleh Abah, bahkan banyak dan dari dulu hingga sekarang sudah amat terkenal.

Boy yang amat terkejut, kaget dan penasaran, langsung bertanya siapa artis tersebut. Abah pun membisikkan kepada Boy yang diterima dengan antusias. Boy bahkan langsung terkejut dan membelalak serta membuka mulut seraya mendengar nama yang dibisikan oleh Abah.

Abah pun mengungkapkan bahwa saat artis tersebut datang, ia belum terkenal. Setelah didoakan (syariatkan), namanya melambung.

Makin penasaran, Boy tanyakan cara pengobatan Abah

youtube.com/BoyWilliam

Boy kembali bertanya tentang apa yang dilakukan Abah Abdul untuk para pasiennya itu. Abah mengatakan bahwa semua tergantung pada pasien. Ada yang diberikan air doa, ada yang dipasang susuk di dahi, ada yang dipasang alat seperti berlian di dahi, bahkan ada berlian yang diminum.

Ada pula yang meminta untuk dibuka auranya supaya mendapat jodoh. Lalu berkait dengan doa-doa yang diucapkan oleh dukun, Boy juga bertanya apakah itu dosa. Abah pun menjawab tak dosa karena Allah harus disyariatkan.

Boy diperlihatkan cara Abah menangani pasien

youtube.com/BoyWilliam

Boy pun diperlihatkan bagaimana Abah menangani pasiennya yang kebetulan sudah memiliki janji temu dengan Abah. Pasien tersebut adalah seorang perempuan berusia 35 tahun yang diminta membuka aura, memasang susuk agar dapat jodoh.

youtube.com/BoyWilliam

Setelah sesi konsultasi, pasien tersebut berbaring dengan ditutupi sebuah kain pada bagian wajah dan diucapkan doa-doa. Setelah dimasuki sesuatu, ia disuruh membersihkan tubuh atau mandi di sebuah sungai.

youtube.com/BoyWilliam

Syuting dari konten tersebut adalah pada bulan Juli 2021. Dua bulan setelahnya, pasien yang tadi ditangani Abah sudah menjalin hubungan.

Tanggapan warganet

youtube.com/BoyWilliam

Menonton konten tersebut banyak warganet yang menyatakan bahwa praktek tersebut tidak benar dan dosa. Mereka juga mengatakan sedih melihat dukun, namun membawa agama karena bagaimana pun dukun menjalin hubungan dengan jin atau roh jahat.

Tetapi tidak sedikit juga yang mengatakan bahwa konten ini menambah banyak pengetahuan, bukan untuk diyakini tapi hanya sebatas menambah wawasan. Beberapa juga memuji para krunya yang dengan apik membuat konten tersebut dari segi pengambilan gambar hingga sound-nya.

Itulah obrolan Boy William dengan dukun susuk yang kaget dibisikkan nama artis yang pakai susuk. Menurutmu bagaimana, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life