Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Cara Tokopedia Mudahkan Pengguna Berbagi Hampers Lebaran!

Dari fitur hingga promo sampai 1 juta rupiah

Nabila Damaan

Kirim-kirim hampers ke sanak saudara dan teman dekat sepertinya sudah menjadi hal yang lumrah terjadi jelang Lebaran. Maka dari itu, nggak heran kalau banyak masyarakat yang juga memanfaatkan dana yang dimiliki untuk membeli kebutuhan hampers.

Hal ini sesuai dengan laporan yang menunjukkan sebanyak 9 dari 10 masyarakat Indonesia berencana untuk berbelanja pada saat Ramadhan tahun ini, termasuk di antaranya adalah hamper lebaran. Sekitar 80% konsumen digital pun akan mempertahankan bahkan meningkatkan penggunaan layanan digital pada tahun 2023.

Tokopedia mencatat produk seperti hampers atau parsel, tepung dan buah menjadi sejumlah produk yang paling laris, dengan peningkatan rata-rata transaksi lebih dari 2x lipat,” kata Nuraini Razak, Direktur Corporate Affairs Tokopedia dalam sebuah acara di Jakarta (10/04/2023).

Nah, untuk memanfaatkan momentum ini Tokopedia berupaya memberikan kemudahan bagi pengguna dalam urusan per-hampers-an, nih, Bela. Mulai dari fitur menarik hingga promo di-spill oleh Tokopedia. Apa saja?

1. Fitur kirim sebagai hadiah

dok. Tokopedia

Ketika seseorang ingin mengirimkan hampers atau bingkisan biasanya akan disertakan dengan kartu ucapan. Menyertakan kartu ucapan tentunya akan membuat hampers yang kamu semakin istimewa. Tapi, bagaimana kalau kita membeli hampers secara online?

Kini, Tokopedia memiliki fitur kirim sebagai hadiah, Bela. Dengan fitur kirim sebagai hadiah ini kita bisa menambahkan kartu ucapan hingga kemasan seperti bungkus kado, goodie bag, dan sebagainya pada hadiah Lebaran yang kita beli.

“Caranya, sebelum kita check out dari toko yang menerapkan kirim sebagai hadiah akan ada opsi ‘kirim sebagai hadiah’. Klik opsi tersebut, lalu untuk tulisan di kartu ucapan, bisa kita sematkan atau tuliskan di kolom catatan untuk pembeli,” jelas Nuraini Razak. 

2. Mudahnya Berbagai Alamat sesama pengguna

dok. Tokopedia

Kirim-kirim hampers secara online sudah pasti akan berurusan dengan menginput alamat pengirim. Guna memudahkan kamu menginput alamat pengirim, Tokopedia juga sudah menerapkan fitur berbagi alamat.

Dengan menggunakan fitur ini memungkinkan kamu nggak perlu lagi memasukkan alamat pengirim secara manual. Bagikan Alamat adalah fitur yang disediakan oleh Tokopedia untuk Pembeli saling membagikan alamat.

Bagikan Alamat dapat digunakan menggunakan 2 (dua) cara, yakni:

  • Pengiriman langsung

Bagikan Alamat dengan pengiriman langsung dilakukan dengan cara Pengirim Alamat membuka daftar alamat pada akun Tokopedia milik Pengirim Alamat kemudian membagikan alamat kepada Penerima Alamat.

  • Permintaan alamat

Bagikan Alamat dengan permintaan alamat dilakukan dengan cara Penerima Alamat mengirim permintaan dengan memasukkan nomor telepon terdaftar atau email terdaftar milik Pemberi Alamat.

“Perlu diketahui untuk Fitur Bagikan Alamat ini hanya dapat digunakan oleh sesama Pembeli terdaftar pada Situs/Aplikasi, dan atas persetujuan dari si pemilik alamat. Jadi nanti akan ada notifikasi permintaan alamat melalui Aplikasi untuk setiap permintaan alamat yang dikirimkan,” pungkas Nuraini.

3. Hemat ongkos kirim dengan langganan PLUS by GoTo

dok. Tokopedia

Tokopedia juga menyiapkan opsi untuk pengguna untuk menghemat biaya pengiriman. Opsi tersebut adalah dengan berlangganan PLUS by GoTo, Bela. 

Pengguna bisa menggunakan paket ini untuk mendapatkan pengiriman bebas ongkir tanpa batas dengan waktu pemrosesan pesanan yang lebih cepat, layanan prioritas hingga keuntungan eksklusif lain dari para mitra strategis grup GoTo, seperti Halodoc dan Vidio.

“Konsumen dapat menikmati PLUS by GoTo dengan biaya langganan yang terjangkau, mulai dari Rp150.000 per 6 bulan selama periode promo. Artinya, hanya butuh sekitar Rp25.000 per bulan,” ungkap Nuraini. 

Dengan berlangganan  PLUS by GoTo pengguna dapat menikmati ratusan juta produk yang tersedia di Tokopedia dengan bebas ongkir sepuasnya tanpa kuota, termasuk untuk pengiriman same-day dengan waktu pemrosesan pesanan yang lebih cepat, yang sebelumnya belum berlaku untuk benefit bebas ongkir saat ini.

4. Manfaatkan UMKM lokal untuk hampers di luar Pulau Jawa

dok. Tokopedia

Untuk menciptakan peluang tanpa hambatan (zero barriers), kali ini Tokopedia melakukan inisiatif yang berpendekatan Hyperlocal dengan adanya Kumpulan Toko Pilihan. Halaman di mana terdapat  kurasi produk dari penjual terdekat dari lokasi pembeli.

Hal tersebut dimaksudkan agar membantu pelaku usaha menjangkau pasar yang lebih luas tanpa harus berpindah ke kota besar, sehingga terciptanya pemerataan di setiap daerah di Indonesia. 

“Berkat inisiatif Hyperlocal Tokopedia–yang mendekatkan penjual dan pembeli di mana pun mereka berada–Banyuasin (Sumatra Selatan), Kampar (Kepulauan Riau) dan Lombok Timur (NTB) menjadi beberapa wilayah dengan peningkatan transaksi antarpulau paling tinggi di Tokopedia selama awal Ramadan 2023, dengan rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 2x lipat,” kata Nuraini.

Di sisi lain, Kuningan (Jawa Barat), Palangkaraya (Kalimantan Tengah) dan Tabanan (Bali) tercatat sebagai beberapa wilayah dengan peningkatan transaksi menggunakan pengiriman same day dan instan paling tinggi di Tokopedia, dengan rata-rata peningkatan lebih dari 2x lipat.

5. Promo Ramadan Diskon 90% dan Cashback Rp1.000.000

dok. Tokopedia

Nah, semua itu nggak akan lengkap jika belum adanya promo dan diskon. Guna mengakomodasi tingginya animo belanja online masyarakat, khususnya selama Ramadan tahun ini, Tokopedia menggelar #LengkapiRamadan hingga 30 April 2023. Berisi berbagai kampanye, seperti Bazar Brand Pilihan, Cantik Fest, Serbu Official Store dan Waktu Indonesia Belanja.

Lewat Tokopedia #LengkapiRamadan, masyarakat bisa menemukan berbagai produk kebutuhan Ramadan dengan diskon hingga 90%, live shopping mulai dari Rp2.000, belanja minimum Rp20.000 bisa bebas ongkir dan masih banyak lagi. Masyarakat juga bisa mendapatkan promo hemat hingga Rp750.000 serta cicilan 0% dengan pembayaran menggunakan GoPayLater Cicil.

Khusus 14 April 2023, Tokopedia menghadirkan promo Ramadan Ekstra untuk berbagai produk kebutuhan Ramadhan dengan bebas ongkir, diskon hingga 90%, serta cashback sampai Rp1 juta. So, jangan sampai ketinggalan, ya!

IDN Media Channels

Latest from Working Life