Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Rekomendasi Akun Instagram yang Menyuarakan Isu Perempuan, Go Girls!

Semua informasi mengenai kebutuhan perempuan ada di sini.

Mariana Politton

Perkembangan zaman yang serba teknologi menghantarkan masyarakat pada penggunaan media sosial. Tidak heran, media sosial pun menjadi salah satu sarana yang paling dimanfaatkan oleh penggunanya dalam membagi dan memperoleh informasi secara cepat.

Salah satu informasi yang turut dibagikan adalah isu perempuan, termasuk dorongan atau ajakan bagi perempuan untuk terlibat aktif dalam upaya kesetaraan gender. Untuk memperoleh informasi tersebut, akun-akun media sosial Instagram ini dapat kamu ikuti.

1. WMN

Instagram.com/wmnlyfe

User ID: @wmnlyfe

Akun WMN merupakan bagian dari Narasi.tv yang secara khusus menginformasikan hal-hal berkaitan isu perempuan. Tentu, esensi pesan bersifat penting, tetapi sengaja dikemas dalam cara yang unik, yakni dengan sentuhan kebahagiaan melalui kata-kata santai dan meme.

Salah satu yang menarik perhatian adalah permasalahan konkret yang sering dialami oleh perempuan. Tak jarang, informasi tersebut hadir dalam rangkaian cerita-cerita nyata para perempuan. Dengan begitu, para perempuan dapat membaca langsung dari sumbernya dan terdorong untuk memberi dukungan.

2. Magdalene

Instagram.com/magdaleneid

User ID: @magdaleneid

Para penikmat media informasi pasti cukup mengenal Magdalene, sebuah media berita yang khusus menyuarakan isu perempuan dan kesetaraan gender. Itu artinya, informasi-informasi tersebut memang diberitakan pada situs resminya.

Akan tetapi, meresponi minat masyarakat terhadap media sosial, akun Magdalene pun diperkenalkan. Di sini, Magdalene pun sering menyajikan rangkuman cerita mengenai isu perempuan dan kesetaraan gender dari orang-orang dan membahasnya. Menarik sekali, ya!

3. perEMPUan

Instagram.com/_perempuan_

User ID: @_perempuan_

Akun Instagram perEMPUan merupakan bagian dari  Koalisi Ruang Publik Aman (KRPA) dan Koalisasi Anak Muda Peduli Kekerasan Seksual (KOMPAKS). Tidak heran, informasi yang disajikan kerap membahas mitos dan fakta seputar kekerasan seksual terhadap perempuan.

Perihal itu, penjelasan dikemas secara komprehensif sehingga para pengguna media sosial dapat memahaminya dengan mudah. Dari situlah, perEMPUan berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai bentuk-bentuk kekerasan seksual, permasalahannya, dan cara untuk mencegah maupun menanganinya.

4. Indonesia Feminis

Instagram.com/indonesiafeminis

User ID: @indonesiafeminis

Sesuai dengan apa yang tertulis pada bagian bio, akun Instagram Indonesia Feminis mengutamakan keberagaman seksualitas dan gender serta kesadaran kelas. Itulah mengapa, mayoritas postingan bersifat terbuka dalam menyuarakan hal-hal tersebut.

Selain itu, para pengguna media sosial akan menemukan informasi mengenai kegiatan-kegiatan sosial yang dapat menambah pengetahuan dan pengalaman untuk bergerak di isu perempuan. Apakah kamu tertarik untuk terlibat dalamnya, Bela?

5. Konde.co

Instagram.com/konde.co

User ID: konde.co

Pada bio-nya, akun Instagram Konde.co menyatakan bahwa informasi-informasi yang disajikan berfokus untuk menyuarakan isu perempuan dan kelompok marginal dengan perspektif interseksional. Dengan kata lain, Konde.co berupaya menjadi media suara untuk mereka yang membutuhkan.

Dalam misi tersebut, Konde.co menyajikan informasi edukatif melalui penjelasan yang komprehensif agar membantu pengguna media sosial untuk memahaminya dengan mudah. Psst, akun ini turut mengikuti para influencers yang menganut nilai-nilai serupa, lho, seperti Kalis Mardiasih (@kalis.mardiasih), Gita Savitri Devi (gitasav), dan lainnya.

Nah, apakah kamu sudah mengikuti atau follow akun-akun di atas? Jika belum, akun manakah yang paling menarik perhatianmu untuk ikut mengedukasi diri terkait isu-isu perempuan? Tentu, kamu sebaiknya menganalisis terlebih dahulu untuk memastikan apakah nilai-nilai yang dianut sesuai dengan apa yang kamu harapkan.

IDN Media Channels

Latest from Working Life