Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Pasti Bisa, Inilah 5 Alasan Kamu Tak Perlu Takut Mencoba Hal Baru

Mencoba hal baru adalah pengalaman yang tak terlupakan

Mariana Politton

Membangun kebiasaan eksplorasi terhadap hal-hal baru akan memberi keuntungan bagi seseorang. Setidaknya, pengalaman baru pasti akan melahirkan pelajaran baru yang bermakna, baik untuk pengembangan pribadi maupun kepentingan profesional.

Tidak heran, menyelami dunia baru akan mempertemukanmu dengan orang-orang baru dan hal-hal yang berbeda sehingga ide-ide inovatif pun lebih mudah berkembang. Jejak keberanianmu dalam mengeksplorasi dapat berguna bagi orang lain juga, lho.

Selain itu, tentu ada beberapa keuntungan tambahan lainnya yang membuktikan bahwa kamu tidak perlu takut dalam mencoba hal-hal baru. Apa saja?

1. Berkembang ke arah yang lebih baik

idntimes.com

Kita tahu bahwa kunci dari kesuksesan adalah keterbukaan untuk terus belajar dan mengembangkan diri menjadi lebih baik. Namun, bagaimana seseorang dapat belajar apabila tidak memperoleh informasi-informasi baru yang berguna dan relevan, bukan?

Itulah mengapa, pengalaman baru sangat dibutuhkan untuk memberikan informasi-informasi tersebut. Dari situ, ruang untuk mengembangkan keterampilan dan kelihaian pun tersedia lewat pemahaman tentang hal-hal tertentu.

2. Menambah wawasan

blog.bookingtogo.com

Pengetahuan tidak hanya seputar keterampilan teknis. Ada hal-hal mengenai dunia ini yang perlu diketahui guna mengasah kemampuan umum atau soft skill dan perasaan yang berperikemanusiaan. Untuk memperolehnya, buku bukan satu-satunya sumber informasi.

Dibutuhkan pengalaman baru yang benar-benar terjun ke lokasi untuk menambah wawasan mengenai kehidupan dari berbagai perspektif konkret. Hal ini akan membantu kita dalam membuat keputusan yang lebih baik dan menghasilkan pemikiran rasional.

3. Melatih kemampuan komunikasi

urbanasia.com

Kehidupan manusia akan selalu berkaitan dengan hubungan sosial dengan individu manusia lainnya. Tentu, hal ini melibatkan orang-orang dengan ragam karakter yang berbeda-beda. Kamu pun bingung, bagaimana cara menghadapi orang seperti ini dan itu?

Jawabannya hanya dapat kamu temukan dengan mengeksplorasi pengalaman baru bertemu orang-orang baru. Dari sini, kamu dapat belajar memahami perbedaan yang ada, yakni perbedaan sudut pandang, kultur, norma-norma tertentu, dan lainnya. 

Kemudian, pengalaman baru tersebut akan melatihmu untuk menyikapi dan meresponi pembicaraan dengan cara yang tepat. Tanpa terkecuali kamu pun jadi bisa belajar kapan harus berbicara, kapan harus mendengar, dan kapan harus merelakan suatu perdebatan.

4. Mengatasi masalah kebosanan

travelnoire.com

Rutinitas sehari-hari berpotensi menyebabkan rasa bosan yang berkepanjangan. Hal ini dapat memberi dampak yang negatif, seperti kehilangan semangat untuk mencapai sesuatu, malas untuk kembali produktif, dan bergumul dalam masalah kesehatan mental.

Dalam rangka mengantisipasinya, kamu dapat memberanikan diri untuk mencoba hal-hal baru karena pengalaman yang berbeda memberi sensasi tersendiri. Kamu pun seperti masuk dalam warna kehidupan yang baru, membuat keseharian menjadi terasa lebih baik.

5. Meningkatkan fungsi otak

baos.pub

Kinerja otak yang baik menentukan kemampuan seseorang dalam melakukan kegiatan dalam kesehariannya. Apabila otak tidak mampu berpikir atau memiliki daya konsentrasi yang kuat, maka seseorang akan mengalami kesulitan dalam segala sesuatu.

Kabar baiknya, pengalaman baru ternyata dapat menjadi pemicu untuk mendorong fungsi otak tetap bekerja bahkan meningkat. Pasalnya, pengalaman baru melatih otak untuk berpikir, mengingat, melatih daya konsenterasi, dan memecahkan masalah baru.

Jadi, alasan-alasan di atas jelas menyatakan bahwa pengalaman baru akan melahirkan hal-hal yang condong positif, bukan? Itu berarti, tidak ada alasan untuk takut mencoba hal-hal baru. Yuk, kamu pasti bisa memberanikan diri untuk eksplorasi, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Working Life