Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ini Perbedaan Grup K-Pop Gen 1 sampai Terkini, Gen 5 Segera Mulai!

Ini cara industri K-Pop membagi ‘Generasi’ grup K-Pop

Mariana Politton

Dari tahun ke tahun, musik K-pop selalu berhasil dalam membuktikan eksistensinya di tengah persaingan musik global. Tidak heran, industri musik K-pop menawarkan gaya bermusik yang variatif tetapi condong energik dalam kemasan grup yang memukau.

Namun, sadarkah kamu? Setiap grup musik K-pop sebenarnya menghadirkan karakteristik yang berbeda setiap tahunnya. Perbedaan tersebut terbagi dalam beberapa generasi atau era lahirnya para bintang K-pop atau yang dikenal dengan istilah Gen K-pop. Penasaran?

Pengertian Gen K-pop

allkpop.com

Secara literal, istilah Gen K-pop merupakan perpaduan dari dua pengertian, yaitu Gen yang berarti generasi bagi sekelompok individu yang memiliki waktu hidup yang sama dan K-pop yang diketahui bermakna musik pop Korea.

Itu berarti, Gen K-pop adalah istilah yang jelas digunakan untuk membagikan beberapa generasi grup musik K-pop. Diketahui, pembagian grup musik K-pop dikelompokkan berdasarkan periode waktu kemunculan beberapa grup musik yang menjadi pelopor pada masa tersebut.

Ingin tahu siapa-siapa saja mereka dan seperti apa pembagian Gen K-pop yang dimaksud?

Grup K-Pop Generasi 1

Pinterest.com/🎀

Tahun angkatan: 1992-2022

Melansir dari Koreaboo, generasi pertama grup musik K-pop sejatinya adalah generasi lahirnya musik K-pop itu sendiri. Pada masa ini, karakteristik bermusik K-pop masih terkesan mirip dengan ciri khas grup musik Amerika Serikat, khususnya boy band, dan idola Jepang. 

Tidak heran, mayoritas grup musik K-pop pada masa ini mengusung genre hip hop dengan beberapa bait nyanyiap rap. Untuk memeriahkan pagelaran musik, koreografi tarian hadir dalam konsep yang basic atau masih mengandalkan gerakan dasar. 

Sebagai pemanis, penampilan fisik para anggota grup musik K-pop tampil dengan ciri khas unik, yakni memakai busana seragam. Urusan rambut, mayoritas menonjolkan gaya rambut harajuku dan sebagian besar dicat dengan bermacam-macam warna.

Idola K-pop Gen 1: HOT, Click-B, god, Chakra, Jewelry, BoA.

Grup K-Pop Generasi 2

Pinterest.com/lulu

Tahun angkatan: 2003-2011

Memasuki tahun 2003, musik K-pop mulai berkembang hingga mendapat lirikan dari para penikmat musik di negara-negara luar Korea Selatan. Yup, inilah era awal bagi grup musik K-pop memulai perjalanan go international mereka secara perlahan.

Awalnya, ide untuk melakukan tur dunia muncul berkat antusias penikmat musik di mancanegara. Dari situ, kesan selebritas misterius yang tak tersentuh pun mulai tampak, tetapi tetap menonjolkan pembawaan yang ramah kepada penggemarnya.

Sementara itu, gaya bermusik para idola K-pop di generasi ini pun melahirkan ide-ide segar. Dalam waktu bersamaan, popularitas budaya fangirling meningkat, mulai dari konsep lightstick, merchandise, mini album hingga fandom.

Idola K-pop Gen 2: TVXQ, Super Junior, SS501, BIGBANG, 2PM, SHINee, HIGHLIGHT.

Grup K-Pop Generasi 3

allkpop.com

Tahun angkatan: 2012-2017

Seiring berjalannya waktu, popularitas musik K-pop kian memuncak hingga memasuki masa grup K-pop generasi 3. Di era ini, para grup musik K-pop memperkenalkan identitas mereka dalam konsep story telling dan ‘alam semesta’ mereka masing-masing yang cukup unik.

Urusan bermusik, peningkatan kualitas tampak secara jelas melalui kualitas video musik yang tercapai berkat kecanggihan kamera dan koreografi yang lebih rumit. Tidak ketinggalan, perkembangan K-Beauty dan K-Fashion menyempurnakan tampilan para member.

Tidak heran, para penggembar grup K-pop generasi 3 ini jauh lebih antusias dalam mengikuti gaya busana para member, seperti membeli pernak-pernik yang digunakan mereka. Secara bersamaan, fandom K-pop kian antusias dengan ragam kegiatan yang mendukung grup musik K-pop kesukaan mereka.

Idola K-pop Gen 3: Twice, BLACKPINK, BTOB, EXO, BTS, iKON, Momoland.

Grup K-Pop Generasi 4

soompi.com

Tahun angkatan: 2018-2023

Pada masa generasi 4, dunia sudah semakin maju dengan perkembangan teknologi. Hal ini membuat grup musik K-pop hadir dengan ciri khas yang terinteregasi kemajuan teknologi, seperti memanfaatkan konsep Artificial Intelligence (AI) yang kian populer.

Eits, para bintang K-pop di masa ini bukan hanya lahir dari agensi, ada juga yang lahir dari ajang survival yang tayang di televisi dengan penilaian voting masyarakat. Beberapa survivor pun sukses meraih popularitas secara independen sebelum jadi idola.

Menariknya, para idola K-pop kian penuh warna; jika sebelumnya lebih banyak mengundang orang Asia, ada juga member yang merupakan blasteran. Lalu keterbukaan dalam menerima perbedaan mulai meruntuhkan aturan-aturan yang terkesang sangat strict.

Idola K-pop Gen 4: Stray Kids, ATEEZ, TXT, Treasure, ITZY, AESPA, New Jeans, Secret Number.

Coming Next: Grup K-Pop Generasi 5

Pinterest.com/wooxie

Tahun angkatan: 2025

Melansir dari IDN Times, para penggemar K-pop mulai membicarakan sebuah generasi baru K-pop yang dianggap telah lahir. Itu berarti, tahun ini adalah masa peralihan untuk memasuki era baru untuk kemunculan grup K-pop generasi 5 yang siap memberi warna berbeda yang kekinian.

Beberapa agensi juga diketahui tengah bersiap menghadirkan grup idola terbaru sebagai tanda awal generasi K-pop 5 ini. Sebut saja, YG Entertainment dengan BABYMONSTER, KOZ Entertainment dengan BOYNEXTDOOR, WAKEONE Entertainment dengan ZEROBASEONE, dan tentunya masih ada beberapa grup baru lainnya yang siap debut dalam naungan ragam agensi.

Kamu pasti penasaran, kan, ingin mengetahui siapa yang akan berhasil menjadi pelopor idola K-pop di generasi 5 ini? 

IDN Media Channels

Latest from Working Life