Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Drama Korea tentang Dunia Kerja, Bisa Jadi Panduan Memulai Profesi

Yuk, belajar tata cara sukses di dunia kerja lewat drakor!

Mariana Politton

Memulai suatu profesi atau pekerjaan dapat terasa menakutkan karena daftar ekspektasi yang tinggi untuk perform sempurna. Dampaknya,kamu berpotensi tergesa-gesa untuk memberikan yang terbaik, terlalu fokus pada teori, dan melupakan kultur lingkungan kerja yang berperan penting.

Apabila ketiga hal tersebut terjadi tanpa sepengetahuanmu, hal-hal yang tidak diinginkan dapat terjadi. Tentu saja, kondisi ini berdampak pada kesehatan mentalmu dalam bekerja. Para bintang Korea Selatan pun membuktikan hal tersebut lewat peran mereka melakoni karakter di drama-drama Korea.

Penasaran, kan, drama Korea apa saja yang mengisahkan perjuangan memulai profesi baru? Siapa tahu, kamu menemukan pelajaran moral berharga yang mampu memotivasimu sekaligus menenangkanmu. Kalau begitu, mari kita simak bersama!

1. King the Land (2023)

IMDb: 8.1/10

Tayang di Netflix | Pemain: Lee Junho, Yoona SNSD 

Drama romansa bernuansa komedi cukup tepat untuk menggambarkan King the Land (2023). Pasalnya, terselip banyak adegan penuh tawa di balik kisah percintaan antara Goo Woo selaku pewaris The King Group dengan seorang pegawai hotel bernama Cheon Sa Rang. 

Dalam waktu bersamaan, kamu pun menyaksikan perjuangan Cheon Sa Rang yang mengawali karier dari proses rekrutmen yang ketat, berhasil menjadi karyawan kontrak di sebuah hotel, hingga naik pangkat. Itu berarti tontonan ini akan mengajarkanmu tips memulai profesi baru di perhotelan.

2. Boss-Dol Mart (2023)

IMDb: 7/10

Tayang di VIKI | Pemain: Lee Shin Young, Xiumin EXO, Hyung Won 

Mendapat kepercayaan untuk mengelola suatu usaha dalam masa krisis bukanlah hal yang mudah. Hal ini terlihat jelas dalam drama Korea berjudul Boss-Dol Mart (2023) yang mengisahkan idola Kpop terkenal yang harus mengelola sebuah supermarket akibat krisis keuangan yang dihadapi.

Bisa dibilang, peralihan profesi baru yang jauh ini akan dihadapkan banyak tantangan sebelum meraih kesuksesan, tetapi usaha keras akan memberi pelajaran dan hasil positif. Kamu pun yang berjuang untuk menghadapi transisi profesi baru dapat merasa relevan dan belajar dari drama ini.

3. Hometown Cha Cha Cha (2021)

IMDb: 8.4/10

Tayang di Netflix | Pemain: Shin Min Ah, Kim Seon Ho, Lee Sang Yi 

Memiliki ragam profesi dalam waktu bersamaan tidaklah mudah, begitu pula dengan kondisi memulai pekerjaan baru di lokasi baru yang terasa asing. Kedua kasus inilah yang akan kamu temukan dalam Hometown Cha Cha Cha (2021), drama Korea yang mengusung genre drama dan romansa dengan sentuhan komedi.

Dalam drama ini, seorang dokter gigi bernama Yoon Hye Jin harus membangun usaha klinik gigi di desa Gongjin setelah mengalami kegagalan hidup di perkotaan. Di situlah, ia bertemu Hong Du Sik dengan ragam profesi. Kamu pun dapat mempelajari perjuangan baru mereka sebagai tips dunia kerja.

4. Itaewon Class (2020)

IMDb: 8.2/10

Tayang di Netflix | Pemain: Park Seo Joon, Kim Da Mi, Kwon Nara

Ragam tantangan hidup berpotensi menyebabkan siapapun menyerah, tetapi tidak bagi Park Seroyi, seorang pemuda yang bersih keras untuk mengejar impiannya membangun sebuah pub. Dalam Itaewon Class (2020), ia dikisahkan berjuang meraih kesuksesan dengan tim yang ia pimpin.

Kamu yang memiliki cita-cita atau sudah menjalani proses perjuangan menjadi entrepreneur di bidang kuliner dapat termotivasi berkat adegan-adegan inspiratif di drama ini. Terlebih lagi, ada ragam profesi pendukung usaha kuliner yang hadir, seperti koki, business strategist, dan lainnya.

5. Start-Up (2020)

IMDb: 9/10

Tayang di Netflix | Pemain: Bae Suzy, Nam Joo Hyuk, Kim Seon Ho

Sesuai namanya, drama Korea Start-Up (2020) mengisahkan perjuangan empat individu muda yang sama-sama mengusahakan pembangunan start-up melalui sebuah kompetisi yang menjanjikan modal usaha. Persaingan yang ketat pun mendorong usaha dan strategi terbaik.

Apabila kamu bekerja di dunia start-up, drama ini jelas akan terlihat sangat relevan berkat gambaran realistis terkait usaha memulai sebuah perusahaan start-up. Siapa tahu, kamu pun dapat mencatat beberapa poin yang dapat dijadikan sebagai nasihat atau setidaknya, kata-kata motivasi.

6. Radiant Office (2017)

IMDb: 6,9/10

Belum tayang di platform daring | Pemain: Go Ah Sung, Ha Seok Jin, Lee Dong Hwi

Perjuangan memulai pekerjaan baru di dunia industri perkantoran menjadi sorotan utama dari cerita yang dihadirkan oleh drama Korea Radiant Office (2017). Mulai dari unsur politik kantor, budaya perusahaan, dan perjuangan para profesional muda dalam mengadaptasikan diri di dunia kerja.

Dengan begitu, kamu yang masih fresh graduate atau berpikir untuk pindah pekerjaan dapat memperoleh gambaran kondisi yang mungkin akan kamu hadapi sebagai karyawan baru lewat drama ini. Beberapa unsur mental health pun akan kamu simak dan banyak adegan yang siap menyentuh hatimu.

7. She Was Pretty (2016)

IMDb: 7,6/10

Tayang di WeTV, Netflix, VIKI | Pemain: Hwang Jung Eum, Park Seo Joon, Choi Siwon Super Junior

Sesuai namanya, She Was Pretty (2016) mengisahkan seorang perempuan bernama Kim Hye Jin yang sebelumnya berparas cantik, tetapi berubah menjadi tidak menarik berdasarkan standar sosial. Meski begitu, ia berhasil diterima bekerja di perusahaan majalah yang menonjolkan penampilan fisik.

Di sini, pelajaran-pelajaran mengenai adaptasi, kepercayaan diri dalam lingkungan kerja, hingga skala prioritas pada kompetensi kerja pun akan dipertontonkan. Kamu yang terkadang merasa low esteem diharapkan dapat terinspirasi untuk meyakini kompetensi kerjamu di dunia kerja.

8. Misaeng: Incomplete Life (2014)

IMDb: 8,5/10

Tayang di Netflix, VIKI, VIU | Pemain: Im Si Wan, Lee Sung Min, Kang So Ra

Berhasil diterima menjadi seorang karyawan magang di sebuha perusahaan adalah kabar baik bagi Jang Geu Rae dalam Misaeng: Incomplete Life (2014). Namun, siapa sangka bahwa ada banyak kesulitan yang dihadapinya, seperti politik kantor, karakter bos yang menyulitkan, dan tekanan kompetitif.

Kamu yang tengah menjalani pekerjaan magang dapat merasa relevan. Tanpa terkecuali, kamu yang sudah meraih status karyawan tetap dapat bernostalgia mengenai masa perjuangan meniti karier di tahap awal. Apakah masalah-masalah berupa hierarki dan diskrimanis juga ditemukan?

Semoga, deretan judul drama Korea di atas dapat memberikan gambaran yang kamu butuhkan mengenai ragam profesi di industri pekerjaan, baik sebagai entrepreneur maupun karyawan. Apakah kamu sudah siap memasuki dunia pekerjaan dan meraih impianmu, Bela? Semoga beruntung, ya!

IDN Media Channels

Latest from Working Life