Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Cara Melawan Rasa Malas Ketika Belajar, Ikuti 7 Tips Ini!

Jangan ditunda terus aktivitas belajarnya

Cynthia Claudia

Aktivitas belajar merupakan sebuah rutinitas yang dilakukan semua orang, termasuk yang sedang berada di bangku sekolah, kuliah, maupun yang sudah bekerja. Ini karena setiap dari kita perlu belajar hal baru seiring beranjak ke fase kehidupan yang berikutnya. 

Ilmu pengetahun juga selalu berkembang setiap saat, sehingga terus memperdalam ilmu menjadi semakin penting. Namun, tidak jarang rasa malas datang ketika kita sudah berkomitmen untuk rajin belaajar. 

Bagaimana ya caranya agar kita bisa melawan rasa malas? Berikut ini adalah deretan tips agar kamu bisa melawan rasa malas ketika belajar. 

1. Pahami tujuan belajar dan buatlah jadwal belajar

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Tips pertama untuk melawan rasa malas ketika belajar adalah memahami tujuan belajar dan membuat jadwal belajar sesuai dengan tujuannya. Tentukanlah apa yang harus dipelajari dalam hari-hari tertentu.

Sebaiknya kamu menyiapkan jadwal seminggu ke depan di akhir pekan, agar kamu bisa memahami apa yang perlu dipelajari seminggu ke depan. 

2. Cari tempat baru untuk belajar

Dok. Arena Group

Rasa malas bisa timbul ketika belajar di sebuah tempat yang berulang-ulang. Tempat belajar pada dasarnya sangat berpengaruh pada semangat belajar, Bela. 

Maka, kamu sesekali harus coba ganti suasana belajar agar lebih semangat. Contohnya, kamu bisa pergi ke café terdekat dari rumah untuk belajar di sana dan jangan lupa pesan secangkir kopi favoritmu yang bisa mengembalikan semangatmu.

3. Miliki lingkafran pertemanan yang rajin belajar

Memiliki lingkaran pertemanan yang rajin belajar juga penting agar kamu bisa termotivasi lebih rajin belajar, Bela. Carilah teman-teman untuk diajak belajar bersama, karena jika belajar sendiri kamu cenderung bosan dan malas. 

Diskusikan materi-materi pembelajaran dengan teman-teman agar kamu juga bisa lebih memahami materinya.

4. Jauhkan distraksi ketika belajar

Pexels.com/Anton

Apa saja yang menjadi distraksi atau hambatan ketika kamu sedang belajar, Bela? Alat-alat elektronik seperti ponsel dan TV di dalam kamar mungkin bisa jadi hambatan untuk belajar. 

Jadi, sebaiknya kamu menjauh dari alat-alat elektronik yang menjadi distraksi dan membuat kamu malas atau menunda belajar. Distraksi ini pada dasarnya akan membuatmu kesulitan untuk fokus belajar. 

5. Hindari belajar dengan sistem kebut semalam

pexels.com/lil artsy

Tips yan g selanjutnya untuk melawan rasa malas adalah menghindari proses belajar dengan sistem kebut semalam (SKS). Cara ini seringkali digunakan ketika seseorang tidak belajar secara maksimal di hari-hari sebelumnya. 

SKS sebenarnya tidak efektif karena terlalu memaksakan diri sendiri untuk memelajari banyak materi sekaligus dalam hari yang sama. Jadi, sebaiknya sistem ini dihindari ketika kamu sedang mempersiapkan ulangan atau ujian, Bela.

6. Carilah sumber motivasi lain untuk belajar

pexels.com/Andrea Piacquadio

Selain berganti tempat belajar dan mengajak teman-teman belajar bersama, carilah sumber motivasi lain agar kamu bisa belajar lebih rajin. Kamu bisa mencari inspirasi untuk menghilangkan rasa malas, contohnya menonton video YouTube atau mendengarkan podcast yang menginspriasi dan meningkatkan keinginan untuk belajar.

7. Ingat untuk istirahat

Freepik.com/artursafronovvvv

Tips yang terakhir adalah untuk beristirahat jika kamu sudah merasa capek belajar, Bela. Sebenarnya kamu memerlukan banyak energi untuk belajar. Agar pikiranmu lebih jernih, kamu bisa refreshing sebentar, mengunjungi tempat-untuk healing seperti alam atau tempat-tempat favoritmu.

Itulah deretan tips agar kamu tidak malas belajar, Bela. Motivasi belajar memang wajar jika naik turun, Bela. Namun, kamu selalu bisa mencari cara untuk mempertahankan motivasi belajar.

Ingat untuk istirahat, ya, kalau sudah capek!

IDN Media Channels

Latest from Working Life