Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Kualitas yang Dilirik HRD Ketika Melakukan Wawancara Kerja

Tunjukan pengalaman dan kelebihanmu

Cynthia Claudia

Salah satu tahapan melamar pekerjaan adalah wawancara yang dilakukan oleh Human Resource Development (HRD). Wawancara ini dilakukan pihak HRD untuk menyeleksi calon pelamar yang melamar di suatu perusahaan.

Seorang HRD menyeleksi calon pelamar berdasarkan kualifikasi dari posisi yang dilamar. Maka dari itu, sebaiknya kita pelajari dulu apa kualitas yang harus dimiliki sehingga bisa diperhatikan oleh HRD ketika melakukan wawancara kerja.

Berikut ini telah Popbela rangkum deretan kualitas yang dimiliki perempuan, yang akan dilirik dan dipertimbangkan HRD ketika melakukan wawancara kerja. Yuk, simak di bawah ini!

1. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

Freepik.com/Drobotdean

Kualitas pertama yang harus dimiliki perempuan ketika melakukan wawancara kerja adalah memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. HRD bisa menilai lewat pertanyaan mengenai apa yang kamu ketahui tentang perusahaan yang dilamar.

Sebaiknya kamu mempersiapkan dahulu sebelum mulai wawancara, dan memberikan jawaban yang berbobot ketika diberi pertanyaan ini. Contohnya, kamu bisa menjawab mengenai sejarah, budaya perusahaan, dan latar belakang perusahaan. 

2. Ambisius

pexels.com/George Milton

Perempuan yang memiliki ambisius tentunya akan diperhitungkan oleh HRD. Hal ini bisa dilihat dari pengalamanmu dan seberapa luas kamu memahami posisi yang kamu lamar.

Untuk menjelaskan pengalamanmu, kamu bisa mendemostrasikan pencapaian yang pernah kamu raih di pekerjaan sebelumnya, atau saat kamu berada di bangku kuliah dan terlibat di organisasi, atau ketika terlibat sebagai relawan.

Perusahaan akan mempertimbangkanmu ketika kamu menghadiri wawancara kerja dengan persiapan yang matang.

3. Memiliki sikap profesional

pexels.com/Andrea Piacquadio

HRD juga menghargai seorang perempuan yang memiliki sikap profesional, yang sangat diperlukan ketika bekerja.

Ini artinya kamu siap bertanggung jawab jika melakukan sebuah kesalahan baik kecil maupun besar. Nah, biasanya pewawancara akan menanyakan pencapaian apa yang sudah kamu raih dan apakah kamu pernah melakukan kesalahan di pekerjaan sebelumnya. 

Mereka juga ingin memahami apa solusi yang kamu lakukan jika kamu melakukan sebuah kesalahan. 

4. Cepat belajar hal baru

freepik.com/freepik

Kualitas selanjutnya yang harus dimiliki seorang perempuan ketika melamar kerja adalah memiliki semangat belajar dan cepat belajar hal baru. Kamu diharapkan untuk cepat menangkap peran dan job desk yang akan dijalani ketika diterima di perusahaan tersebut. 

5. Rendah hati

Pexels/ Christina Morillo

Memiliki sikap rendah hati sangat diperlukan ketika bekerja dalam sebuah tim. Sebuah pertanyaan yang akan ditanyakan HRD kemungkinan besar adalah hal apa yang akan kamu lakukan ketika anggota timmu melakukan sebuah kesalahan.

Mereka akan menilai apakah kamu merupakan tipe orang yang menyalahkan orang lain karena kesalahannya. Ketika ditanyakan pertanyaan yang berhubungan dengan hal ini, sebaiknya kamu menyiapkan jawaban bahwa kamu bukan sosok yang menyalahkan orang lain namun ingin berusaha membantu orang lain sebagai satu anggota tim.

6. Mudah diajak bekerja sama

Pexels/ Fauxels

HRD biasanya akan menilai apakah kamu merupakan sosok yang mudah diajak bekerja sama, apalagi jika posisi yang kamu lamar berhubungan dengan teamwork. 

Kamu bisa mengambil beberapa langkah untuk menunjukkan kalau kamu merupakan seseorang mudah diajak bekerja sama. Tunjukkan jika kamu adalah pendengar yang baik, lakukan kontak mata, ajukan pertanyaan, dan berikan jawaban yang relevan dengan pertanyaannya.

Selain itu, tunjukkan juga jika kamu menghargai umpan balik yang membangun dan senang mempelajari hal baru.

7. Menjadi diri sendiri

Pexels.com/Christina Morillo

Kualitas terakhir yang harus dimiliki perempuan yang melamar pekerjaan adalah menjadi diri sendiri. Biasanya, para HRD ingin mengenal siapa dirimu yang sesungguhnya, melalui kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki.

Kamu bisa jawab pertanyaan ini secara jujur. Pertanyaan ini juga merupakan sebuah peluang di mana kamu bisa "memasarkan" kualitas dan keterampilan yang kamu miliki, yang berhubungan dengan posisi yang kamu lamar.

Jadilah diri sendiri, dan berbagilah pengalaman yang relevan dan sesuai dengan posisi yang kamu lamar.

Itulah 7 kualitas yang harus dimiliki perempuan, yang akan dilirik dan dipertimbangkan HRD ketika melakukan wawancara kerja. Gimana, nih, kamu sudah siap melakukan wawancara kerja?

IDN Media Channels

Latest from Working Life