Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tak Selalu Rusak, Ini 7 Penyebab Kulkas Tidak Dingin

Kulkasmu nggak dingin? Cek sebabnya di sini, ya

Natasha P.

Kulkas merupakan sebuah lemari pendingin yang berfungsi untuk menyimpan stok makanan atau minuman dalam waktu lama. Sayangnya, tak jarang alat pendingin mengalami permasalahan yang menyebabkan suhunya tak stabil dan gagal mendinginkan isi di dalamnya.

Tak hanya itu, kulkas yang tak dingin juga dapat memengaruhi masa simpan dan kualitas makanan dan minuman yang tersimpan di dalamnya. Apabila kulkas di rumahmu tak lagi dingin, ada beberapa kemungkinan yang bisa menjadi penyebabnya. Setidaknya ada tujuh penyebab kulkas tidak dingin yang bisa kamu ketahui di bawah ini.

Cek selengkapnya di bawah ini, yuk!

1. Bunga es yang terlalu menumpuk

The Spruce

Tumpukan bunga es di freezer dapat menghalangi lubang angin yang mengalirkan udara dingin di dalam kulkas. Untuk mengatasinya, kamu perlu mencairkan bunga es dengan kosongkan isi kulkas dan matikan kulkas.

Apabila seluruh bunga es di dalam freezer mencair, kamu baru bisa menyalakan kulkas kembali.

Tambahan: Sebagian kulkas dilengkapi fitur defrost yang berfungsi mencairkan bunga es secara otomatis. Apabila kulkasmu punya fitur ini, kamu hanya perlu mengaktifkannya saja tanpa harus mematikan kulkas.

2. Kehabisan freon

Blibli.com

Freon menjadi senyawa kimia yang berperan penting dalam proses pendinginan kulkas. Berfungsi sebagai 'bahan bakar' yang menjaga kulkas tetap dingin, freon juga bisa habis karena beberapa hal. Di antaranya karena usia pemakaian yang cukup lama, hingga kebocoran di aliran freon.

Permasalahan ini bisa kamu selesaikan dengan mengisi ulang gas freon atau memperbaiki kebocoran freon pada kulkas.

3. Masalah pada stop kontak

Dok. Shopee

Colokan kabel dari kulkas yang tersambung ke stopkontak juga bisa memengaruhi tingkat kedinginan pada kulkas. Kabel yang kurang pas saat dicolok dapat mengurangi daya listrik yang tersambung pada kulkas. Inilah yang menyebabkan kulkas tidak bisa dingin walaupun sudah menyala.

4. Kendurnya karet pada pintu kulkas

Pexels.com/Meruyert Gonolulu

Gasket atau karet pintu kulkas berfungsi untuk menahan udara dingin agar tidak keluar. Selain itu, karet perekat ini juga dapat menahan daun pintu agar tertutup sempurna.

Gasket yang mengalami kerusakan seperti kehilangan elastisitas atau kendor, dapat membuat udara dingin di dalam kulkas mengalir keluar.

Akibatnya, bagian dalam kulkas pun tidak dingin lagi. Solusi untuk kerusakan adalah dengan mengganti karet pintu kulkas yang baru.

5. Aliran listrik yang tidak stabil

Pexels.com

Tegangan listrik yang tidak stabil dapat mempengaruhi kompresor kulkas dalam menghasilkan dingin secara maksimal. Perhatikan apakah ada kerusakan pada colokan, kabel, atau aliran listrik yang terhubung dengan kulkas.

6. Salah mengatur suhu

Youtube.com/Nhumedia Production

Memasang suhu terlalu rendah dapat membuat kulkas tidak bisa dingin secara maksimal. Biasanya masalah ini terjadi saat menyalakan kulkas baru.

Untuk itu, periksa kembali pengaturan suhu pada kulkas tersebut apakah sudah sesuai atau belum. Disarankan untuk memasang suhu kulkas di bawah 4 derajat celcius. Namun, Kamu bisa memutar angka pengaturan suhu sesuai dengan kebutuhan.

7. Evaporator putus

Teknisi Kulkas

Masalah ini berkaitan dengan penyebaran freon di dalam kulkas. Evaporator adalah sebuah komponen penting yang berfungsi sebagai filter untuk menyerap panas pada freezer atau kulkas. Jika alat ini rusak atau putus, mengakibatkan kulkas yang menjadi tidak dingin.

Gantilah evaporator dengan yang baru dan sesuai apabila terjadi kebocoran freon atau menurunnya suhu kulkas secara tiba-tiba.

8. Terlalu menyimpan banyak makanan

Pexels.com/ello

Menyimpan banyak makanan atau minuman di dalam kulkas juga mempengaruhi tingkat kedinginan kulkasmu. Apalagi jika makanan atau minuman yang disimpan bersuhu panas.  Uap panas dari makanan atau minuman  membuat kulkas berusaha keras untuk mengembuskan suhu dingin. Akibatnya, kulkas akan lebih rentan rusak dan tidak dingin lagi. 

Nah, itulah beberapa alasan mengapa kulkas milikmu tak dingin. Setiap kulkas punya penyebab yang berbeda-beda. Akan itu, sebaiknya konsultasikan masalah ini kepada teknisi kulkas atau teknisi elektronika yang berpengalaman, ya!

IDN Media Channels

Latest from Working Life