Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Mau Cuan? Ikuti 5 Tips Feng Shui di Rumah yang Bisa Tarik Rezeki

Bisa kamu aplikasikan dalam kehidup sehari-hari

Audia Natasha Putri

Setiap orang pasti ingin berlimpahkan rezeki dan keberkahan. Sebagai ajaran yang mengatur seluruh aspek kehidupan, kekayaan menjadi elemen yang tak luput dari tatanan Feng Shui.

Kekayaan tak cuma dalam bentuk finansial saja. Tapi dikelilingi oleh orang baik, keluarga yang harmonis, bebas utang dan masalah keuangan, serta berlimpahkan peluang juga termasuk bentuk kekayaan. Kamu juga bisa memantik kekayaan dengan menerapkan tips Feng shui dalam menata rumah.

Melansir The Spruce, inilah tips Feng Shui yang bisa kamu ikuti. Salah satunya menyimpan semangkuk jeruk!

1. Membuat pojok kekayaan

Housing.com

Setiap rumah punya area yang disebut dengan feng shui Bagua atau peta energi. Area bernama 'xun' yang terletak di pojok kiri rumah merupakan titik yang didedikasikan untuk kekayaan.

Kamu bisa mengetahui pojok kekayaan ini dengan berdiri di depan kamar tidur atau pintu rumah. Letaknya ada di pojok paling kiri belakang dari posisi kamu berdiri.

Kamu bisa mengaktifkan pojok kekayaan dengan menambahkan elemen Feng Shui seperti di bawah ini:

  1. ‌Aksesori, cat, atau furnitur berwarna ungu,
  2. Tanaman hias penarik rezeki (money plant, bambu air)
  3. Air (akuarium berisi ikan Feng Shui)

2. Perhatikan aliran air di rumah

Pinterest

Air yang mengalir disimbolkan sebagai aliran keuangan dalam keyakinan Feng Shui. Semakin lancar sistem aliran air, maka semakin melimpah rezeki datang ke rumah kita. Oleh karena itu, selalu perhatikan pipa ledeng dan sumber air di rumah. Pastikan tidak ada kebocoran atau kerusakan. Segera perbaiki jika menemukan kerusakan pasa sistem air.

Selain itu, sumber air yang bergerak seperti air mancur juga bisa menarik kekayaan. Kamu bisa letakkan air mancur dan arahkan aliran air ke tengah halaman atau area outdoor.

3. Pintu rumah tak boleh luput dari perhatian

magicbricks.com

Dalam Feng Shui, pintu rumah berperan sebagai garda terdepan yang menyambut semua macam  energi dan peluang. Kamu bisa mengaktifkan pintu depan rumah, supaya banjir kelimpahan dengan mengikuti beberapa saran berikut:

  1.  Rutin membersihkan area masuk secara teratur. Sapu bersih dan buang sampah atau dedaunan di area teras rumah.
  2. Perhatikan kusen, gagang pintu, dan daun pintu lainnya. Jangan lupa membersihkan keset agar bebas debu dan tak kusam‌.
  3. Terapkan elemen warna pembawa hoki pada daun pintu. Pilihan warna hitam, merah, putih atau abu-abu, kuning atau cokelat, hijau atau biru bisa kamu terapkan.

4. Perhatikan kompor

Pella Windows

Bukan cuma sebagai alat untuk memasak, kompor juga melambangkan kemakmuran dalam Feng Shui. Hal ini karena kompor mengeluarkan energi api yang dapat menarik kekayaan dan kemakmuran. Memasak menggunakan kompor dengan rutin akan mengaktifkan energi keberlimpahan secara tak langsung.

Saat memasak makanan, kita siap menerima energi dan nutrisi yang baik pada tubuh. Kompor yang bersih akan menularkan energi positif ke dalam makanan. Sepele tapi besar manfaatnya, hal ini bisa memancarkan aura positif dan penuh kebaikan.

Supaya kamu dikelilingi oleh kekayaan, kiranya menjaga kompor dalam kondisi prima bisa menjadi prioritas. Pastikan semua pembakar berfungsi dan alat tetap bersih.

5. Semangkuk jeruk

Healthy Fitness Meals

Selain bunga, warna, dan tanaman, buah juga masuk dalam elemen yang disorot oleh Feng Shui. Kepercayaan orang Tiongkok meyakini bahwa jeruk menjadi representasi kelimpahan dan keberuntungan. Kamu bisa menempatkan semangkuk jeruk segar di ruang tamu atau dapur agar kekayaan dan energi keberuntungan datang ke rumah.

Maka tak heran, jika orang Tiongkok akan membeli pohon jeruk atau meletakkan buah jeruk di meja tamu saat Imlek tiba. Lewat tradisi ini, penghuni rumah berharap agar senantiasa berlimpahkan kekayaan dan hoki setiap harinya.

Itulah 5 tips Feng Shui untuk menarik rezeki ke dalan rumahmu. Mau mulai dari mana, nih?

IDN Media Channels

Latest from Working Life