Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Hal yang Wajib Dilakukan Saat Pindah ke Rumah Baru, Aman dan Efektif

Informasi penting bagi kamu yang akan pindah ke rumah baru!

Natasha P.

Punya rumah sendiri menjadi impian banyak orang. Sangatlah membahagiakan jika suatu saat kita bisa membeli rumah dari hasil jerih payah sendiri. Rumah ini tak hanya sebagai tempat berteduh dan istirahat saja. Tapi juga sebagai sasana penuh memori bersama keluarga tersayang.

Salah satunya ialah pindah dari rumah lama ke rumah baru yang sudah kita impikan. Pengalaman ini tentu menyenangkan, namun punya banyak tantangan tersendiri. Lantaran, banyak hal yang harus dipastikan saat hendak tinggal di rumah baru.

Dari Home Digest menganjurkan, setidaknya ada 8 hal yang wajib dilakukan saat pindah ke rumah baru. Simak selengkapnya di bawah ini ya, Bela.

1. Mengganti kunci rumah

Daily Records

Saat pindah ke rumah baru, memastikan bahwa hunian sudah aman dari orang-orang tak bertanggung jawab adalah hal yang paling penting. Salah satunya adalah kemungkinan sang pemilik atau penyewa rumah sebelumnya memiliki kunci rumah ganda

Untuk menghindari hal yang tak diinginkan seperti pencurian atau pembobolan, penting sekali mengganti kunci saat berada rumah baru.

2. Bersihkan rumah

Instagram.com/Tina Miroschenko

Rumah baru mungkin terlihat rapi dan cantik dari depan. Namun, kamu juga harus melakukan pembersihan mendalam dan menyeluruh pada hunian baru. Selain membuat rumah lebih nyaman dan rapi, membersihkan rumah membantumu untuk menemukan masalah atau kerusakan yang ada.

3. Cek pemutus arus listrik atau kotak sekring

Salah satu penyebab kebakaran rumah yang paling besar adalah korsleting akibat instalasi listrik yang buruk.

Memeriksa apakah pemutus arus atau koyak sekring masih berfungsi baik, menjadi salah satu cara untuk meminimalisir risiko kebakaran rumah. Mengingat, pemutus arus adalah alat yang digunakan untuk memutus aliran listrik jika terjadi korsleting atau percikan api akibat terkena air hujan atau banjir. 

4. Ganti filter HVAC

Modernize

Hadirnya AC atau sisten pemanas berperan penting dalam mengatur suhu di dalam rumah. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengganti filter yang tersemat pada sistem pemanas, ventilasi, dan AC (HVAC) saat pinrah ke rumah baru. Komponen penting berfungsi untuk menyaring debu, alergen, dan partikel lain dari udara yang masuk ke rumah.

Pastikan sistem HVAC masih berfungsi baik untuk menjaga udara tetap bersih di rumah baru.

5. Periksa pipa dan listrik

Energi.com

Hal penting yang harus dilakukan setelah pindah ke rumah baru adalah selalu memeriksa pipa dan instalansi listrik. Pastikan semuanya benfungsi baik dan tidak ada kerusakan, supaya tak terjadi kebocoran dan percikan api yang dapat membahayakan hunian. 

6. Beritahu ke orang terdekat

pexels.com/Julia M Cameron

Penting sekali untuk memberi tahu alamat rumah baru kita kepada rekan kerja, keluarga, dan teman. Informasi penting ini dapat membantu teman atau keluarga apabila ingin membutuhkan bantuan, mengirim paket dan dokumen, atau sekadar bersilahturami.

7. Terbebas dari serangga dan hewan pengerat

City of Swan

Tak ada serangga dan pengerat menjadi salah satu ciri-ciri rumah baru yang layak dihuni. Periksa secara seksama di setiap sudut rumah untuk memastikan bahwa hunian bebas dari hama, seperti serangga, tikus hewat pengerat, serta ular.

Perhatikan juga setiap retakan lantai dan dinding, serta lubang wastafel atau toilet, yang kemungkinan besar menjadi sarang bagi para hama tersebut singgah.

8. Temukan katup penutup air utama

Pexels.com

Katup penutup air utama dapat membantumu untuk mematikan aliran air ke seluruh rumah. Ketika pindah ke rumah baru, penting sekali untuk menemukan katup penutup air utama sebagai antisipasi musibah di yang akan terjadi.

Alhasil, kamu tak perlu lagi pusing untuk mencarinya lagi saat ingin menutup semua aliran air saat terjadi keadaan darurat seperti kebocoran pipa atau banjir.

Nah, itu dia sejumlah hal yang perlu dilakukan saat pindah ke rumah baru. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

IDN Media Channels

Latest from Working Life