Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Fakta Unik Kim Jong-Un, Punya Girlband dan Pernah Operasi Plastik

Bahkan diktator Korea Utara ini punya sisi humanis

Natasha P.

Semakin tertutup suatu negara, maka semakin besar pula rasa penasaran publik bagaimana potret kehidupan di sana. Termasuk Korea Utara yang memilih menjauhi perkembangan budaya dan berdiri sendiri.

Aspek-aspek kehidupan Korea Utara rasanya tak pernah surut dari perhatian masyarakat dunia. Aturan yang super ketat, hukuman mati yang menjadi hal yang biasa, fesyen, gaya hidup, hingga pendidikan menjadi sorotan. Tak terkecuali kehidupan sang pemimpin, Kim Jong-un yang masih menyimpan misteri hingga sekarang.

Di balik sosoknya yang bengis dan terobsesi dalam membuat senjata pemusnah massal, diktator satu ini juga memiliki sisi humanis.

Berikut adalah fakta menarik tentang Kim Jong-un yang perlu kamu ketahui.

1. Penggemar berat kartun

Dok. Internet/Pexels

Walaupun pemerintah Korea Utara membatasi kegiatan di ranah industri kreatif, negara ini juga pernah merilis serial kartun tentang kepahlawanan Korea. Serial ini tercipta berkat mandat sang pemimpin, Kim Jong-un yang juga merupakan penggemar kartun dan film animasi. Kesukaannya terhadap film kartun terlahir berkat sang ayah, Kim Jong-il yang juga penggemar berat film. Bahkan Kim Jong-il mengoleksi sekitar 20 ribu film dengan ragam genre dan tema di rumahnya.

2. Hobi merokok

NBC News

Beberapa media pernah memotret Kim Jong-un tengah asyik merokok. Meski merokok adalah hal normal, tetapi apa yang dilakukan Kim Jong-un menjadi sebuah ironi di tengah kampanye UU anti-rokok di negaranya.

Termasuk pada Februari 2019, ia tertangkap basah sedang merokok ketika dalam perjalanan kereta api ke Vietnam untuk pertemuan puncak keduanya dengan Presiden AS, Donald Trump. 

3. Pernah membuat girlband

Youtube.com/Rumaohepta7

Tak hanya Korea Selatan, Korea Utara juga pernah mempunya girlband bernama Moranbong Band. Grup idol perempuan pertama di Korea Utara ini diformasikan pada 7 Juli 2012. Menariknya, kelima anggota grup band ini dipilih langsung oleh Kim Jong-Un.

Bahkan, Kim Jong-un pun pernah terlibat dalam pembuatan beberapa lagu bagi girlband ini, seperti "O My Motherland Full of Hope", "Our Father" dan "We Think of the Marshall Day" dan "Night".

4. Pernah operasi plastik

NBC News

Kim Jong-un juga pernah melakukan operasi plastik demi merombak wajahnya agar terlihat mirip dengan sang kakek, Kim Il-sung. Operasi itu ia lakukan saat umur 27 tahun. Tak hanya operasi plastik, Kim Jong-un juga memendekkan alisnya agar terlihat persis dengan ayahnya, Kim Jong-Il.

5. Penggemar berat olahraga basket

ABCNews

Selain menyukai kartun, Kim Jong-un juga merupakan penggemar berat olahraga basket. Walau bermusuhan dengan Amerika Serikat, Kim Jong-un juga menjadi penggemar garis keras mantan pemain basket profesional asal Amerika Serikat, Michael Jordan.

Seperti dilaporkan oleh NBC News, Kim Jong-un juga memajang poster Michael Jordan di dinding kamar asramanya ketika menempuh studi di Swiss. Hal ini dibenarkan oleh mantan teman sekelas Kim Jong-un, Nikola Kovacevic.

"Dia (Kim Jong-un) adalah pemain yang kompetitif dan sangat benci kekalahan. Baginya, kemenangan itu sangat penting," kata Nikola Kovacevic kepada The Mirror.

6. Menikah teman masa kecilnya

Indiatimes.com

Walau Kim Jong-un dikenal sosok yang keji, ia adalah seorang pria romantis yang melabuhkan cintanya kepada teman masa kecilnya, Ri Sol-ju. Bukan perempuan biasa, Ri Sol-ju merupakan seorang penyanyi dan pemandu sorak Korea Utara yang lahir dari keluarga elit.

Namun, tak ada yang tahu persis kapan mereka menikah. Menurut intelijen Korea Selatan, pasangan ini diyakini mengikat janji sehidup semati pada 2009 silam.

Pasutri ini menyambut kelahiran anak pertama mereka pada 2010. Kemudian, Ri Sol-ju dilaporkan melahirkan seorang anak perempuan pada 2013, dan diyakini memiliki anak ketiga pada 2017.

7. Tak ada yang tahu tanggal lahirnya

KCNA

Sampai saat ini, tanggal lahir sang diktator masih menjadi misteri dan masih simpang-siur. Ada yang mengatakan bahwa Kim Jong-un lahir pada 8 Januari atau 6 Juli 1982. Tapi, intelijen Korea Selatan justru menyebutkan bahwa cucu dari Kim Sung-il ini lahir pada tahun 1984.

Saking misteriusnya, situs Wikipedia pun tak pernah mencantumkan perjalanan hidup Kim Jong-un. Ini karena Kim Jong-un tak pernah mempublikasikan foto atau kisah masa kecilnya.

8. Melakukan penyamaran selama sekolah

Daily Express

Sama seperti anak dari petinggi negara lainnya, Kim Jong-un juga memperoleh pendidikan terbaik di luar negeri. Pada tahun 1998, Kim Jong-un melanjutkan sekolahnya di Liebefeld-Steinhölzli Schule, Swiss.

Demi menutup identitasnya, Kim Jong-un pun mengubah identitasnya dengan nama samaran Pak Un sebagai putra dari seorang diplomat di Korea Utara. Sayangnya, Kim Jong-un tak pernah menyelesaikan pendidikannya dan kembali ke Korea Utara pada tahun 2000.

9. Gaya rambut

Reuters

Kim Jong-un memiliki gaya rambut bergaya militer yang khas. Walau dinilai aneh lantaran potongan rambut pemimpin Korut ini tak cocok dengan bentuk wajahnya. Tetapi, gaya rambut inilah yang menjadi ciri khas Kim Jong-un yang membuatnya mudah dikenali banyak orang.

Saking uniknya, Brad Pitt pun pernah meniru potongan rambut sang diktaktor saat dirinya berperan dalam film Fury pada tahun 2015.

10. Masa kecil yang misterius

NBC News

Kehidupan Kim Jong-un memang selalu menetaskan rasa penasaran banyak orang. Saking misteriusnya, tak ada yang tahu bagaimana perjalanan hidup dan masa kecil dari pemimpin Korea Utara ini.

Begitu juga dengan Pemerintah Korea Utara yang menutupi segala hal tentang perjalanan hidup dan foto-foto masa kecil pemimpinnya sendiri. Namun pada 2014 silam, Pemerintah Korea Utara bermurah hati menunjukkan beberapa foto masa kecil Kim Jong-un tanpa menceritakan kisah masa kecilnya.

Itulah fakta menarik tentang Kim Jong-un yang menjawab rasa penasaran banyak orang tentang sosok diktaktor nomor satu Korea Utara ini. Walau tertutup dari dunia luar, pemimpin Korea Utara tersebut masih bermurah hati untuk menerima turis mancanegara. Hanya saja, para turis harus mematuhi aturan yang diterapkan pemerintahan negara ini.

Tertarik berlibur di Korea Utara, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life