Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Ide Dekor & Tata Letak Dapur yang Menyatu dengan Ruang Cuci

Agar ruang sempit tetap terlihat rapi dan estetik

Aisyah Banowati

Pernah dengar orang mengatakan jika dapur adalah jantung sebuah rumah, sedangkan ruang cuci adalah ginjalnya? Oleh sebab itu, penting untuk memerhatikan kebersihan dan penataan kedua ruangan ini.

Keterbatasan ruang di rumah tak jarang memaksa penghuninya untuk menyatukan bagian dapur dan ruang cuci. Diperlukan penataan yang apik dengan perencanaan mendetail agar ruangan yang sempit tetap terlihat rapi.

Nah, buat kamu yang masih bingung mau mulai dari mana, Popbela ingin membagi ide dekor dan tata ruang agar dapur yang menyatu dengan ruang cuci di rumah tetap terlihat estetik.

1. Simpan mesin cuci di ruang tersembunyi di bawah meja

justinplace.com.au

Saat mendesain dapur, sisakan ruang yang cukup di bawah meja kabinet untuk menyimpan mesin cuci. Bagian atas meja dapat dimanfaatkan untuk melipat pakaian juga menyimpan persediaan deterjen. 

Usahakan untuk menaruh mesin cuci di bagian yang jauh dari kompor agar tak rentan kotor. Ide ini cocok diterapkan untuk kamu yang memiliki mesin cuci dengan tombol pengoperasian di bagian depan.  

Untuk dekorasinya, warnai tembok dengan cat putih agar menonjolkan kesan minimalis. Sebagai hiasan, kamu dapat menyimpan tanaman bumbu dapur yang ditanam di dalam pot. 

2. Beri sekat antara dapur dan ruang cuci

bhg.com

Ingin memiliki ruang cuci khusus di area yang sempit? Jika iya, kamu dapat membuat sekat menggunakan tirai antara dapur dan ruang cuci. Adanya sekat ini juga dapat menghalau pandangan dari ruang cuci yang berantakan akibat tumpukan baju kotor. 

Sebagai dekorasi di area dapur kamu bisa menambahkan rak gantung untuk menyimpan bumbu. Sementara itu, di ruang cuci kamu dapat memanfaatkan botol bening berisi deterjen dan pelembut pakaian sebagai hiasan dinding.

3. Simpan mesin cuci di pojok ruang

homedit.com

Jika ruangan untuk dapur dan ruang mencuci memiliki layout memanjang, agar tidak sempit kamu dapat meletakkan mesin cuci di pojok ruang. Usahakan untuk tidak meletakkan mesin cuci dan kulkas bersisian, untuk menghindari kerusakan estetika. 

Nah, agar ruangan terasa luas sebaiknya gunakan lemari gantung untuk menyimpan bumbu, piring dan gelas, serta alat memasak. Beri gantungan di antara ruang kosong antara lemari gantung dan meja kompor untuk menggantung alat memasak.

4. Letakkan mesin cuci berhadapan dengan kompor

id.pinterest.com/em_henderson

Ciptakan ruang kosong di tengah ruangan dengan menempatkan mesin cuci dan kompor saling berhadapan. Tambahkan meja berlaci atau lemari kabinet yang berbeda untuk menyimpan bumbu dapur dan deterjen. 

Jika ruangan terlalu kecil dan masih banyak barang yang harus disimpan, kamu dapat menambahkan lemari atau rak gantung. Gunakan warna-warna monokrom untuk menonjolkan kesan elegan di dalam dapur dan ruang cuci.

5. Tempatkan kompor dan mesin cuci pada satu garis sejajar

cadcrowd.com

Anggaplah area yang akan digunakan sebagai dapur dan ruang cuci adalah sebuah kertas. Tarik garis lurus untuk membelah kertas tersebut menjadi dua sisi. Gunakan sisi yang pertama untuk menempatkan lemari kabinet, kompor, dan mesin cuci. 

Gunakan lemari kabinet atau meja sebagai sekat antara kompor dan mesin cuci agar tidak berdiri berdampingan. Di sisi kedua kamu dapat mengosongkan area tersebut supaya dapur dan ruang cuci yang menyatu ini tetap terasa luas serta nyaman. 

Jika ingin memberi sentuhan yang segar di dalam ruangan, kamu dapat menambahkan tanaman hias yang dapat tumbuh di media air. Penampilannya akan semakin menarik jika disimpan dalam vas bunga yang transparan.

Itulah beberapa ide dekor serta tata ruang untuk dapur dan ruang cuci yang menyatu. Jika memang ruangan yang tersisa hanya sedikit, sebaiknya tak perlu menambahkan banyak dekorasi. Sebagai gantinya kamu bisa memberi sentuhan artistik di dalam ruangan lewat warna cat pada tembok.

IDN Media Channels

Latest from Working Life