Dalam waktu dekat, penikmat drama Korea akan disuguhkan dengan aksi menegangkan dari geng kriminal Money Heist: Korea - Joint Economic Area. Serial yang ditayangkan di Netflix ini dibintangi oleh deretan aktor dan aktris berkualitas Korea Selatan. 

Namun, ada satu aktor yang akan menjadi tokoh sentral dari serial Money Heist: Korea - Joint Economic Area. Ia berperan sebagai dalang perampokan besar uang kertas di Semenanjung Korea, yaitu Profesor. Sebuah nama julukan yang digunakan oleh para karakter Money Heist. 

Versi Koreanya, karakter Profesor diperankan oleh Yoo Ji Tae. Sosok aktor senior yang namanya belum familiar di telinga penikmat drama. Ia jarang tampil di layar kaca, tetapi sudah menggeluti dunia seni peran selama lebih dari dua dekade. 

Nggak hanya itu, Yoo Ji Tae juga memiliki pesona dan karisma yang tak kalah tampan dari aktor sekelas Gong Yoo, So Ji Sub, Lee Dong Wook, atau Jo Jung Suk. Sebelum serialnya tayang, kepo-in dulu fakta Yoo Ji Tae di bawah ini. 

1. Pemilik dua gelar master dan satu gelar doktor

Jadi Profesor di 'Money Heist: Korea', Ini 8 Fakta Yoo Ji TaeHellokpop.com

Yoo Ji Tae lahir pada 13 April 1976. Ia menempuh pendidikan di Universitas Dankok jurusan Teater dan Film. Selepas wisuda, sang aktor mengejar gelar master di program pasca sarjana Universitas Chung Ang jurusan Multimedia dan Film. 

Tak cukup satu gelar master, Yoo Ji Tae mengambil gelar master lain di program pasca sarjana Universitas Katolik Korea jurusan Layanan Sosial. Lulus dari pendidikan magister, ia terus mengasah otaknya dengan melanjutkan studi di program Doktor Universitas Chung Ang jurusan Teknik dan Perencanaan Videografi pada November 2020 lalu. 

2. Menapaki awal karier sebagai seorang model

Jadi Profesor di 'Money Heist: Korea', Ini 8 Fakta Yoo Ji TaePinterest.com

Kariernya di dunia hiburan Korea Selatan dimulai dari runway, Yoo Ji Tae debut sebagai model di Asosiasi Artis Mode Seoul tahun 1995. Tiga tahun berselang, ia mulai melirik dunia seni peran dan tahun 1998, Yoo Ji Tae mengawali debut akting di film Bye June sebagai Do Gi.  

Selama lebih dari 20 tahun berkarier sebagai aktor, Yoo Ji Tae lebih banyak tampil di layar lebar. Ada sekitar 32 film layar lebar telah dibintangi olehnya dan sukses di pasaran seperti Ditto (2000), Oldboy (2003), hingga The Swindlers (2017). 

Berkat kemampuan aktingnya di film Ditto, Yoo Ji Tae dianugerahi beberapa penghargaan di Busan Film Critics ke-1, Chunsa Film Art ke-8, dan Blue Dragon Film ke-21. Tetapi, popularitas Yoo Ji Tae baru terlihat saat ia muncul di film Oldboy (2003). 

4. Jarang tampil di layar kaca

Jadi Profesor di 'Money Heist: Korea', Ini 8 Fakta Yoo Ji TaeHancinema.net

Bintang Money Heist Korea ini tampil di layar kaca pertama kali pada tahun 1999 lewat drama SBS berjudul 8 Love Stories. Namun, ia jarang tampil di layar kaca. Terbukti dari perjalanan kariernya, Yoo Ji Tae hanya memiliki 7 drama Korea dalam portofolionya.

Drama yang paling diingat penggemar adalah saat ia tampil di Healer (2014-2015) bersama Park Min Young dan Ji Chang Wook, Mad Dog (2017) dan When My Love Blossoms (2020) bersama Lee Bo Young, Jeon So Nee, dan Jinyoung 'GOT7'.

3. Dibesarkan oleh single mom

Jadi Profesor di 'Money Heist: Korea', Ini 8 Fakta Yoo Ji TaePinterest.com

Sama seperti Ji Chang Wook, Yoo Ji Tae juga dibesarkan oleh single mom. Sang ibu diketahui berprofesi sebagai seorang perawat. Dalam suatu kesempatan, sang aktor mengatakan bahwa

"Ibuku bekerja sebagai perawat dalam waktu lama. Ia ingin menjalankan rumah sakit untuk lansia suatu hari nanti. Secara finansial, aku ingin membantu mewujudkan impiannya dan mendirikan panti asuhan."

Semasa kuliah, Yoo Ji Tae berteman baik dengan komedian Kim Jun Ho. Mereka pernah tinggal bersama sebagai teman sekamar dan berakting bersama di atas panggung. 

4. Menekuni profesi sutradara dan penulis skenario

Jadi Profesor di 'Money Heist: Korea', Ini 8 Fakta Yoo Ji TaeKoreaherald.com

Tak hanya cerdas dan sukses menggeluti dunia seni peran, Yoo Ji Tae juga merambah ke dunia belakang layar. Ia mengembangkan diri sebagai sutradara dan penulis skenario. Tahun 2003, ia mencoba peruntungan dengan menggarap sebuah film pendek berdurasi 41 menit berjudul The Bike Boy.

Film pendek tersebut berkisah tentang seorang remaja pria yang naksir dengan seorang perempuan. Uniknya, The Bike Boy merupakan film tanpa naskah, para pemeran sengaja tidak diberi naskah dan mereka dibebaskan berbicara apa saja. 

Alhasil, film pendek garapan Yoo Ji Tae diganjar penghargaan di Festival Film Pendek Asia Busan. Tahun 2013, aktor BH Entertainment semakin meningkatkan kapasitasnya sebagai sutradara film layar lebar. Ia berhasil mendebutkan film berjudul Mai Ratima dan sukses membawa pulang penghargaan di Festival Film Asia Deauville.

6. Pernah menjadi juri di berbagai festival film

Jadi Profesor di 'Money Heist: Korea', Ini 8 Fakta Yoo Ji TaeZimbio.com

Berbagai profesi telah Yoo Ji Tae geluti, termasuk sebagai juri di berbagai festival film bergensi. Paras tampannya pernah tampil di Festival Film Internasional Tokyo ke-22 pada 25 Oktober 2016. 

Lalu, ia juga ditunjuk sebagai juri di Festival Film Internasional Busan ke-14 pada 8 Oktober 2009, Festival Film dan Musik Internasion Jecheo ke-4 pada 14 Agustus 2008, Festival Film Pendek Asia ke-9 pada 2018, dan terakhir, Yoo Ji Tae menjadi juri di Festival Film Pendek Internasional Clermont-Ferrand. 

7. Telah menikah dan dikarunia dua orang putra

Jadi Profesor di 'Money Heist: Korea', Ini 8 Fakta Yoo Ji TaeThetalkingcupboard.com

Selama berkecimpung di dunia hiburan Korea Selatan, Yoo Ji Tae termasuk aktor senior yang jauh dari skandal dan rumor asmara. Ia melabuhkan hatinya pada sosok perempuan anggun nan cantik bernama aktris Kim Hyo Jin. 

Keduanya bertemu saat menjadi model pemotretan sebuah produk pada 2003 silam. Pertemuan itu membuat mereka akrab dan saling jatuh cinta. Merasa cocok satu satu sama lain, keduanya kompak mengumumkan berkencan. Lima tahun berpacaran, Yoo Ji Tae dan Kim Hyo Jin resmi mengikat janji suci pada 2 Desember 2011 di Shilla Hotel.

Dalam sebuah wawancara, sang aktor mengaku jika dirinya dibuat jatuh cinta setiap hari oleh sang istri, meski telah 13 tahun bersama. Sang istri, Kim Hyo Jin juga memuji sang suami, karena setiap hari selalu dibuat kagum dengan sikap dan tindakannya. 

Pernikahan mereka semakin lengkap saat dikarunia anak pertama bernama Yoo Soo In, yang lahir pada 5 Juli 2014 dan bertambah sempurna ketika anak kedua lahir pada 15 April 2019 dan diberi nama Yoo Roo In.

8. Sosok aktor dermawan yang jarang tersorot

Jadi Profesor di 'Money Heist: Korea', Ini 8 Fakta Yoo Ji TaeAsiae.co.kr

Kesuksesan tidak membuat Yoo Ji Tae lupa diri. Sejak kuliah, ia sudah aktif berkegiatan sosial. Yoo Ji Tae pernah bergabung dengan sesi pemotretan untuk amal, membantu mendirikan Taman Kanak-Kanak di Nepal, memberikan donasi untuk para korban gempa di Haiti, membangun sekolah di Myanmar, hingga sukarelawan dalam kampanye memberi makan siang gratis kepada orang-orang kurang mampu. 

Bersama sang istri, Yoo Ji Tae aktif menyuarakan isu sosial dan memberikan donasi dalam berbagai kegiatan amal yang tak disorot media. Bahkan, kedua pernah menerima penghargaan sebagai Beautiful Artist Award pada 2018 atas kepedulian mereka terhadap masalah sosial. Keduanya juga didapuk menjadi Duta Besar Organisasi Sosial 'World Vision', lho. Pasangan insipiratif banget, ya, Bela!

Itulah deretan fakta menarik dan inspiratif dari Yoo Ji Tae, sang profesor dari serial Money Heist: Korea - Joint Economic Area. Siapa yang udah nggak sabar menunggu akting dari aktor Ahjussi satu ini? 

Baca Juga: Siap Mengudara, 6 Fakta 'Money Heist Korea: Joint Economic Area'

Baca Juga: Money Heist & 9 Drama Korea Terbaru yang Dirilis Netflix Tahun 2022

Baca Juga: Dinanti Penggemar, 9 Pemain Utama 'Money Heist' Versi Korea Terungkap