Drama Korea Reborn Rich, yang menjadi comeback Song Joong Ki di 2022, tengah menjadi perbincangan hangat di kalangan penggemar. Premis utama dari Reborn Rich berfokus pada aksi balas dendam dan reinkarnasi dari Jin Do Joon, sang karakter utama.

Drama ini dikemas dengan sangat apik oleh tim produksi. Tak ayal, berbagai pujian datang dan rating Reborn Rich terus melesat. Perolehan rating drama ini dimulai dengan sangat baik sebesar 6.068% di penayangan perdana, kemudian melonjak hingga 10% saat episode ke-3 mengudara.

Di tengah pujian dan rating tinggi, Reborn Rich malah diterpa kritikan dari warganet. Ada beberapa kontroversi yang menyelimuti drama ini. Apa yang menjadi penyebab drama Song Joong Ki menjadi sorotan? Yuk, pantau perkembangan isu miring Reborn Rich di sini.

Hubungan asmara kedua karakter utama

Dicap Lakukan Diskriminasi, Reborn Rich Menuai Kritikan TajamHancinema.net

Pemicu pertama dari isu tak sedap Reborn Rich bermula dari hubungan asmara atau love line kedua karakter utama, yakni Jin Do Joon (Song Joong Ki) dan Seo Min Young (Shin Hyun Bin).

Secara khusus, kedua pemeran utama ini muncul cukup banyak di episode ke-3. Episode tersebut menampilkan pertemuan pertama dari Jin Do Joon dan Seo Min Young di jalanan dan berlanjut di kampus.

Berbeda dari respon pada umumnya, love line mereka disambut tidak hangat. Warganet mengkritik keputusan tim produksi untuk memasukkan love line. Alasannya, kisah asli dari webtun Reborn Rich tidak menampilkan love line secara mencolok. 

Alih-alih memperkuat love line, warganet berharap agar kisah Reborn Rich bisa berfokus pada kakek Jin Do Joon, yaitu Jin Yang Chul (Lee Sung Min). Banyak warganet meminta love line kedua pemeran utama dihapus, karena dianggap membosankan. Setuju nggak, nih?

Dicap melakukan diskriminasi ke kota Istanbul

Dicap Lakukan Diskriminasi, Reborn Rich Menuai Kritikan TajamTikTok.com/@wie0wq

Kritikan Reborn Rich tidak selesai sampai di situ, tim produksi masih harus menghadapi isu panas lain. Melansir Kdramastars, drama yang menggandeng sejumlah pemain besar dituduh tidak menghormati kota Istanbul, Turki.

Berdasarkan video yang diunggah oleh seorang pengguna di TikTok, ia membandingkan Istabul dengan penggambaran dari Reborn Rich. Drama tersebut menggambarkan Istanbul sebagai kota berbahaya, ketinggalan zaman, dan pusat kejahatan yang terorganisir.

Sementara kenyataannya, Istanbul adalah kota kaya akan budaya dan menawarkan keindahan struktur bangunan yang indah dan modern. Isu diskriminasi ini diperkuat oleh salah satu adegan saat karakter Song Joong Ki dipukuli oleh sekelompok anak-anak.

Lantaran masalah ini, pengguna TikTok menuntut permintaan maaf dari tim produksi atas penggambaran Istanbul yang negatif. Hingga tulisan ini dimuat, tim produksi belum merilis pernyataan resmi.  

Koreksi kulit Song Joong Ki yang berlebihan

Dicap Lakukan Diskriminasi, Reborn Rich Menuai Kritikan TajamHancinema.net

Kritikan masih terus berlanjut ke aspek lain, khususnya perubahan warna kulit pada Song Joong Ki di drama. Warganet cukup jeli menemukan kesalahan tersebut pada sang aktor, yang berperan sebagai Yoon Hyun Woo dan Jin Do Joon.

Pada episode ke-3, kisah Reborn Rich berpusat pada Jin Do Joon (Song Joong Ki) yang baru menjadi mahasiswa berusia 20 tahun-an dan bertujuan mengambil alih Grup Sunyang dengan menggunakan informasi yang ia miliki di masa depan.

Demi mengatasi perbedaan usia asli sang aktor dengan karakter, tim produksi memilih untuk memanfaatkan skin correction. Namun, editor terlalu banyak mengoreksi kulit Song Joong Ki dan menimbulkan efek yang terlihat aneh di mata penonton.

Alhasil, penonton kecewa dan mereka percaya bahwa apa yang dibutuhkan Song Joong Ki untuk perannya yang lebih muda, bukan koreksi kulit, melainkan fokus pada talenta akting dan mengembangkan karakter tersebut dengan baik.

Warganet benar-benar jeli, ya. Apakah kamu juga menyadari detail tersebut di Reborn Rich, Bela?

Baca Juga: 12 Drama Korea Terburuk 2022, 'Big Mouth' Salah Satunya!

Baca Juga: Ada Song Joong Ki, 5 Film Korea Ini Berpotensi Tayang Akhir 2022

Baca Juga: Pemilik Kondominium Mewah, Ini Sumber Kekayaan Song Joong Ki