Bagi kamu yang senang menulis, karya tulis artikel berbeda dengan karya tulis fiksi, puisi, makalah, ilmiah, hingga artikel. Nah, spesifik mengenai artikel, tulisan ini merupakan jenis karya tulis yang berisi pendapat, gagasan, kritik dan saran terhadap suatu topik, peristiwa, atau persoalan yang sedang dibahas yang bahkan memerlukan cek fakta. Artikel bersifat faktual dan informatif, artinya, artikel yang ditulis harus berdasarkan fakta dan memberikan pengetahuan kepada pembaca. 

Artikel yang baik memiliki tiga struktur, yang pertama tesis atau gagasan utama dari tulisan yang kamu buat. Kedua, argumentasi atau pendapat yang kamu sampaikan pada tulisan kamu, lalu yang terakhir adalah penegasan ulang, yang dibuat dengan tujuan memperkuat argumentasi yang sebelumnya telah ditulis. 

Artikel bisa dibuat secara singkat dan padat ataupun artikel panjang yang mendalam. Panjang artikel biasanya berbeda-beda, tergantung seberapa banyak informasi yang ingin kamu sampaikan dan diperlukan.

Untuk artikel singkat biasanya hanya terdiri dari 300 sampai 500 kata. Agar kamu tidak bingung, inilah jenis artikel singkat yang baik dan benar beserta contohnya.

1. Artikel deskripsi

Inilah 8 Jenis Artikel Singkat yang Baik dan Benar Berikut Contohnya www.internships.com

Artikel deskripsi, menjelaskan mengenai suatu kejadian, peristiwa, atau suatu persoalan yang dapat diamati secara langsung. Artikel deskripsi bertujuan memberikan gambaran secara nyata berdasarkan fakta terkait topik yang kamu bahas. 

Kamu dapat mulai menulis artikel deskripsi dari sesuatu yang umum ke khusus. Pada paragraf awal, kamu dapat menulis pengenalan mengenai topik yang akan dibahas, kemudian semakin mengerucut ke topik pembahasan. Mengutip dari baraaksara.my.id, inilah contoh artikel deskripsi.

Danau Tolire 
Danau tolire adalah sebuah danau yang berada sekitar 15 km dari pusat kota Ternate. Danau ini memiliki rupa yang unik, bentuknya mirip balanga raksasa yang menganga. 

Danau indah ini berada di sela kaki gunung Gamalama. Jangan sampai keliru, terdapat dua buah danau, yang pertama Tolire besar, kedua Tolire kecil. Keduanya sama-sama indah dengan kekhasannya masing-masing.

Untuk danau Tolire besar saat Anda melemparkan batu ke arah danau, maka Anda tak akan mampu melihat percikan air yang dihasilkan dari benturan air dan batu itu. Sebuah hal yang barangkali dapat membuat professor pusing dengan fenomena semacam ini.

Danau Tolire ini juga diselimuti mistik dan mitos. jadi, untuk Anda yang senang dengan suasana lain saat liburan berkunjunglah ke danau Tolire ini. Makanan khas yang nikmat, pemandangan pantai dan pulau eksotis menanti Anda.

2. Artikel narasi

Inilah 8 Jenis Artikel Singkat yang Baik dan Benar Berikut Contohnya www.johnsonhana.com

Jenis artikel selanjutnya, adalah artikel narasi, yang biasanya ditulis untuk menyampaikan suatu rangkaian peristiwa yang terjadi dalam satu kesatuan waktu. Artikel narasi dibuat untuk memberikan informasi secara mendalam kepada pembaca, faktual, informatif serta mudah dipahami. Artikel narasi memiliki empat bentuk, yaitu narasi informatif, narasi ekspositorik, narasi artistik dan narasi sugestif. Mengutip dari kompas.com, inilah contoh paragraf pembuka untuk artikel narasi.

Pendidikan merupakan hal yang esensial dalam kehidupan manusia. Pendidikan membuat seseorang memiliki bekal untuk menjalani kehidupan dan mewujudkan impiannya. Pendidikan tidak hanya tentang materi ilmiah saja tetapi termasuk tata krama, etika kerja, hingga cara bersosialisasi dalam kehidupan bermasyarakat. 

Selain menjadi bekal bagi kehidupan pribadi, pendidikan juga menjadi bekal bagi generasi penerus banga. Pendidikan yang baik akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang baik juga, sehingga negara bisa lebih maju karenanya. Oleh karena itu sangat penting bagi seluruh generasi muda mendapatkan pendidikan yang layak demi masa depannya sendiri juga masa depan negara.

3. Artikel eksposisi

Inilah 8 Jenis Artikel Singkat yang Baik dan Benar Berikut Contohnya jmr23.com

Jenis dan contoh artikel yang selanjutnya dibahas adalah artikel eksposisi. Artikel ini menjelaskan mengenai suatu peristiwa atau topik disertai bukti pendukung. Bukti diperkuat dengan analisis yang menghubungkan berbagai benang merah, sehingga menjadi tulisan yang runut.

Tujuan dari artikel eksposisi adalah untuk mengklarifikasi, menjelaskan, serta mengevaluasi persoalan yang sedang dibahas. Melansir dari baraaksara.my.id, inilah contoh artikel eksposisi singkat.

Jumlah sampah Jakarta ke TPST Bantargebang naik terus tiap tahun. Ini detailnya,
Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Syaripudin, dalam keterangan tertulis di Jakarta, menjelaskan, sampah di Ibu Kota didominasi sisa makanan (53 persen), kemudian plastik (sembilan persen), residu (delapan persen), kertas (tujuh persen) dan lain-lainnya.

"Menuntaskan permasalahan sampah ini tidak dapat dilakukan hanya dari unsur pemerintah saja. Tentu, dibutuhkan upaya bersama masyarakat, dimulai dari pemilahan dan pengurangan sampah rumah tangga. Karena sejatinya sampah rumah tangga juga bisa didaur ulang, seperti menjadi kompos, untuk nantinya mampu mengurangi volume sampah yang dihasilkan secara keseluruhan di Jakarta," kata Syaripudin, Sabtu 20 Maret 2021.

Syaripudin memaparkan, ITF Wilayah Layanan Barat direncanakan akan mengolah sampah sebesar 2.000 ton per hari dengan efisiensi 80 persen. Untuk pembangunan ITF Wilayah Layanan Barat, PT Jakpro bekerja sama dengan konsorsium PT Wijaya Karya (WIKA) PT Indoplas Karya Energi (Indoplas). Selain itu dapat menghasilkan energi terbarukan dengan memiliki kemanfaatan umum atau nilai tambah lebih dari seperti di Bantargebang.

4. Artikel persuasi

Inilah 8 Jenis Artikel Singkat yang Baik dan Benar Berikut Contohnya Joblike

Kata persuasi berarti ajakan atau bujukan, maka artikel persuasi adalah karangan yang bertujuan mengajak atau membujuk pembaca untuk melakukan sesuatu. Agar mencapai tujuan tersebut, di dalam artikel persuasi dituliskan alasan-alasan logis yang mendorong kamu agar mengikutinya. Mengutip dari kompas.com, inilah contoh teks persuasi.

Persaingan di dunia kerja semakin ketat. Sistem ketenagakerjaan menuntut sumber daya dengan lulusan dan prestasi terbaik. Sebagai pelajar, kita harus mempersiapkan diri sejak dini. Ayo kita berlomba-lomba meningkatkan prestasi. Prestasi akademik tentu baik. Namun prestasi tidak dibatasi hanya dari nilai dalam raport saja. Kita bisa berprestasi di bidang olahraga, kesenian, sastra, dan teknologi. Tidak perlu kecil hati karena setiap pelajar memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. Kita hanya perlu menggali dan mengembangkan kelebihan kita. Maka dari itu, ayo kembangkan prestasimu. Ikuti lomba-lomba di bidang yang kamu minati. Bergabung dalam pelatihan dan kegiatan yang dapat menunjang prestasimu. Mari meraih masa depan dengan persaingan yang sehat.

5. Artikel argumentasi

Inilah 8 Jenis Artikel Singkat yang Baik dan Benar Berikut Contohnya henryharvin.com

Artikel argumentasi, adalah artikel yang berisi gagasan atau teori mengenai sebab akibat suatu peristiwa. Artikel argumentasi, bertujuan meyakinkan pembaca mengenai suatu topik atau fenomena, dengan menyampaikan fakta yang logis dan objektif. Dalam artikel argumentasi, biasanya penulis mengambil satu sikap, antara mendukung atau tidak, untuk menanggapi suatu topik atau fenomena. Inilah contoh artikel argumentasi yang dikutip dari baraaksara.my.id.

Semburan lumpur panas yang terjadi di Porong, kecamatan Sidoarjo, merupakan bencana alam akibat kelalaian yang begitu menyeramkan bagi masyarakat sekitar. Semburan lumpur ini terjadi pada 27 mei, 2006. 

Hasil penelitian menunjukkan dampak sosial dari luapan lumpur lapindo antara lain: 

  • Menurunnya tingkat kesejahteraan petani tambak bandeng.
  • Berkurangnya lapangan pekerjaan.
  • Terjadinya mobilitas penduduk.
  • Menimbulkan konflik pada hubungan petani dan keluarganya.
  • Menurunnya pendapatan petani tambak bandeng.

Kerugian materiil yang diderita masyarakat pun tak main-main berupa: 

  • Tambak yang hilang dan rusak
  • Penurunan harga jual tanah, tambak dan rumah.
  • Menenggelamkan ribuan rumah penduduk dan kawasan persawahan. 

Sembilan tahun sudah semburan lumpur menebar keresahan. Namun, masyarakat korban lumpur lapindo belum mendapatkan ganti rugi yang sesuai. Ratusan kepala keluarga hidup segan, mati tak mau.

6. Artikel ilmiah populer

Inilah 8 Jenis Artikel Singkat yang Baik dan Benar Berikut Contohnya tradukka.com

Jenis dan contoh artikel berikutnya, adalah artikel ilmiah populer yang biasanya ditulis dengan bahasa media atau jurnalistik, karena akan dimuat di media massa, majalah, tabloid, serta media digital lainnya. Panjang artikel ilmiah populer berkisar 600 - 700 kata, dengan karakter tulisan yang lugas, logis, efektif, efisien dan objektif. Agar kamu tidak bingung, inilah penggalan untuk artikel ilmiah populer yang dikutip dari dosenpintar.com.

BAB II

Pembahasan

Bahaya internet untuk remaja

Di tengah kehidupan sebagian para kalangan remaja yang mana saat ini internet nampaknya sudah melekat menjadi salah satu jenis kebutuhan pokok.

Namun tentunya tidak semua para remaja yang bisa mengakses atau menggunakan internet dengan baik dan benar tanpa terpengaruh dampak negatifnya. Sebab di luaran sana banyak juga sebagian para remaja yang salah memanfaatkan jejaring internet sehingga menghasilkan dampak yang buruk bagi dirinya dan juga bagi lingkungan di sekitar remaja.

Dengan berdasarkan riset yang dikaji secara mendalam ada beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan apabila tidak bijak dalam menggunakan jejaring internet terutama di kalangan para kalangan remaja, yaitu seperti berikut:

  • Bisa memicu adanya perilaku bullying yang terjadi di sosial media.
  • Sangat mudah untuk mengakses konten yang tidak baik seperti pornografi, kekerasan dan lain sebagainya.
  • Terjadi kasus pelecehan, penculikan dan kriminal yang terjadi mulai dari sosial media.

7. Artikel opini

Inilah 8 Jenis Artikel Singkat yang Baik dan Benar Berikut Contohnya Getty Images

Artikel opini, adalah jenis artikel yang bersifat subjektif karena tiap individu memiliki pandangannya masing-masing terhadap suatu topik, persoalan, atau peristiwa yang sedang dibahas. Hal yang perlu kamu perhatikan saat menulis artikel opini adalah, kebenaran data dan fakta yang kamu sajikan. Mengutip dari bikinartikel.com, inilah contoh penggalan artikel opini.

Revisi sistem pendidikan formal bisa jadi solusi

Jika sistem pendidikan formal di Indonesia segera direvisi dengan mementingkan proses tidak hanya hasil ini akan mencetak orang-orang terdidik. Bagi orang yang terbiasa dididik dengan melihat hasil saja memang tidak akan memperdulikan bagaimana cara atau proses mendapatkannya. Tidak peduli cara benar atau tidak yang ditempuh yang penting hasilnya sesuai dengan yang diinginkan.

Di situlah letak kesalahan sistem di negeri ini, yang membiarkan anak didiknya menggunakan segala cara untuk memperoleh hasil yang ditargetkan. Padahal cara yang ditempuh seharusnya juga masuk ke dalam penilaian apakah caranya benar atau caranya salah. Dengan demikian artinya memperhatikan proses untuk memperoleh hasil yang diinginkan.

Impact dari sistem pendidikan yang mementingkan proses adalah lahir orang-orang pintar yang terdidik bukan orang pintar yang sok pintar. Jika Indonesia mampu mengubah sistem pendidikannya menjadi seperti ini, maka bukan tidak mungkin jika Indonesia akan bersih dari korupsi.

Saatnya semua pihak berjuang dan mewujudkan Indonesia bersih dari korupsi melalui bidang pendidikan. Pendidikan bisa dimulai dari usia dini di rumah, orang tua di rumah harusnya juga berusaha menciptakan calon orang terdidik bukan hanya orang pintar.

8. Artikel Ulasan

Inilah 8 Jenis Artikel Singkat yang Baik dan Benar Berikut Contohnya unsplash.com/KobuAgency

Artikel ulasan atau review biasanya bersifat subjektif dari kacamata si penulis, karena merupakan ringkasan penilaian atau evaluasi yang sudah dibaca, tonton atau dengar si penulis. Artikel ulasan umumnya berkisar 300 hingga 500 kata saja, namun sudah menampung segala informasi yang dibutuhkan. Contoh artikel ulasan singkat seperti yang pernah Popbela terbitkan beberapa waktu lalu.

Terbiasa melihat dan mendengar Audrey bersama G.A.C. (Gamaliél, Audrey, Cantika), akhirnya Audrey Tapiheru merilis EP solo perdananya, Bela. Mengandalkan "Dime" sebagai single pembuka, Audrey yang telah vakum selama dua tahun pasca rilisan "Daisy" di tahun 2019, kembali menyapa penggemarnya lewat EP Love Lock yang akan segera dirilis.

Mengandung multi-genre; pop elektronik, dengan turut mencelupkan hip hop dan R&B di antaranya, lagu "Dime" dengan lirik bahasa Inggris ini membuat suara renyah Audrey terasa serasi dan cocok masuk dalam mode on-repeat. Kelihaian sang kakak, Gamaliél Tapiheru dan Aldi Nada Permana yangemembantu emrampungkan EP ini, menjadi salah satu sumber "Dime" terasa mulus. Tentunya didukung oleh Popsickle yang mengisi bagian rap untuk lagu “Dime.” 

Itulah jenis artikel singkat yang baik dan benar berikut dengan contohnya. Kini, kamu dapat lebih mudah menentukan jenis artikel mana yang akan kamu buat. 

Baca Juga: Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Ambil Konten Medsos Menjadi Artikel

Baca Juga: Tips Jadi Penulis Supaya Tulisanmu Dilirik Penerbit

Baca Juga: Manfaat Menulis Catatan Jurnal untuk Kariermu