Queen of Riff and Runs disematkan kepada Ziva Magnolya, karena penguasaan teknik menyanyi yang selalu ia tunjukan sepanjang dirinya mengikuti ajang pencarian bakat. Kemampuan vokalnya yang mencuri perhatian para juri tersebut, membawanya pada juara ketiga Indonesian Idol musim ke-10.

Sebelum tergabung dengan Indonesian Idol, Ziva juga sudah aktif di dunia tarik suara dengan mengikuti banyak ajang perlombaan, menjadi penyanyi gereja, hingga meng-cover lagu yang ia unggah di akun media sosial pribadinya.

Kini, setelah selesai mengikuti ajang pencarian bakat tersebut, Ziva langsung populer. Followers Instagram-nya pun melesat, hingga memiliki 1,2 juta pengikut. Memiliki banyak penggemar pasca mengikuti Indonesian Idol, tentu membuat perubahan dalam dirinya. Khusus kepada Popbela, Ziva mengungkapkan perbedaan tersebut. Apa saja? 

“Aku harus bisa lebih menahan diri setelah masuk Indonesian Idol.”

Ziva Magnolya Sebelum & Sesudah Indonesian Idol, Beda Banget!Popbela.com/Prabowo Prajogio

Wardrobe: Dress H&M Studio SS21, jeans MORAL

Setelah masuk menjadi finalis den keluar sebagai juara ketiga Indonesian Idol Season 10, tentu membawa perubahan besar bagi Ziva. Penggemar Bruno Mars ini mengatakan kalau ia belajar untuk bisa lebih menahan diri karena setiap gerak-geriknya kini menjadi sorotan.

“Sebelum Indonesian Idol, aku punya rasa percaya diri yang tinggi banget. Seperti anak yang nggak ada malunya. Jadi, aku bisa melakukan apa pun sesuka hatiku. Aku nggak takut sama pandangan orang lain terhadap aku. Sedangkan, setelah masuk ke Indonesian Idol dan jadi public figure, ada kebiasaan yang berubah. ada yang harus aku tahan, padahal dalam hati bergejolak banget,” ungkap Ziva kepada Popbela.

“Aku belajar banyak untuk bisa membedakan mana komentar yang membangun dan yang menjatuhkan.”

Ziva Magnolya Sebelum & Sesudah Indonesian Idol, Beda Banget!Popbela.com/Prabowo Prajogio

Wardrobe: Leopard polka dot shirt dan lace gloves DOUCHE, rok fringed dan rantai kacamata H&M Studio SS21, heels metalik MORAL

Saat masih menjadi finalis di Indonesian Idol, Ziva muncul di layar kaca seminggu sekali untuk memberikan performa terbaiknya. Dari sanalah, sosok Ziva mulai dikenal luas dan memiliki banyak penggemar. Akun Instagram-nya pun banjir followers dan komentar. Mendapat banyak komentar di Instagram, Ziva mengaku belajar banyak hal untuk bisa membedakan mana yang membangun dan mana yang berniat menjatuhkannya.

“Aku masuk di ajang pencarian bakat yang disorot banget, kan. Mereka yang nggak ngikutin dari awal pun pasti ikut berkomentar kalau ada sesuatu yang sedang ramai dibahas. Dari situ aku belajar, ada orang yang memang memberikan masukan supaya aku menjadi lebih baik, tapi ada juga yang sekadar komen untuk menjatuhkan. Aku berusaha untuk memilah mana komentar yang baik untuk aku, mana yang nggak.”

“Aku belajar untuk lebih bisa mengontrol emosi.”

Ziva Magnolya Sebelum & Sesudah Indonesian Idol, Beda Banget!Popbela.com/Prabowo Prajogio

Wardrobe: T-shirt dan celana sekuin H&M Studio SS21, lace gloves DOUCHE, topi dan heels metalik MORAL, tas S.RW

Dari sekian banyak komentar yang diterima Ziva, tentu ada komentar yang begitu pedas. Supaya nggak terbawa emosi, Ziva banyak bertanya ke orang-orang terdekatnya.

“Aku banyak bertanya ke orang-orang di sekitarku yang tahu bagaimana aku yang sebenarnya. Seperti ke manajer, teman-teman atau mamaku. Ini aku lakukan supaya aku bisa lebih mengontrol emosi juga,” kata Ziva.

“Aku mengungkapkan perasaanku lewat lagu.”

Ziva Magnolya Sebelum & Sesudah Indonesian Idol, Beda Banget!Popbela.com/Prabowo Prajogio

Wardrobe: T-shirt H&M Studio SS21, topi metalik dan kalung MORAL

Mendapat komentar negatif tentu membuat Ziva merasakan sakit hati. Namun, ia memiliki cara kreatif untuk mengungkapkan perasaan sakit hatinya, yakni melalui lagu yang akan dibawakan saat tampil setiap minggu di Indonesian Idol.

“Saat pertama kali masuk Indonesian Idol, ada satu komentar yang setelah baca aku langsung merasa sakit banget hati ini. Tanggapan aku saat itu, aku bawain lagu yang bisa menyampaikan perasaan aku, judulnya ‘Tanya Hati’,” ungkap Ziva.

Ziva di mata penggemarnya

Ziva Magnolya Sebelum & Sesudah Indonesian Idol, Beda Banget!Popbela.com/Prabowo Prajogio

Wardrobe: Blazer H&M Studio SS21, kalung MORAL

Meskipun terhitung baru di dunia hiburan, dengan talenta dan kerendahan hati yang dimilikinya, Ziva kini telah memiliki banyak penggemar. Bahkan, Ziva ingat dengan beberapa penggemarnya meski mereka baru bertemu secara virtual di Zoom. Bagi penggemarnya, Ziva adalah sosok yang inspiratif dan selalu membuat mereka untuk melakukan hal terbaik di hidupnya.

“Aku suka banget sama Ziva sejak di Idol karena inspiratif banget. Karena Ziva juga, aku jadi semangat banget untuk terus belajar menyanyi sampai saat ini,” ungkap Kirana, melalui virtual meet and greet yang diselenggarakan oleh Popbela, melalui Instagram Live beberapa waktu lalu.

Bukan hanya Kirana, penggemar lainnya, Melani juga merasakan hal serupa. “Bagi aku Ziva penyanyi yang multitalenta. Hal itu yang membuat aku nge-fans banget Ziva. Ziva adalah sosok idola pertamaku yang aku ikuti banget perjalanannya dan bikin aku masuk fan base juga,” kata Melani.

Menanggapi komentar para penggemar tentang dirinya, membuat Ziva tersenyum bahagia dan tak menyangka bisa menginspirasi banyak orang. Ia bahkan tak sabar untuk bisa melakukan tur lagi supaya bisa bertatap muka langsung dengan penggemarnya itu. 

Mengeksplorasi dunia hiburan jadi impian Ziva di masa mendatang

Ziva Magnolya Sebelum & Sesudah Indonesian Idol, Beda Banget!Popbela.com/Prabowo Prajogio

Wardrobe: T-shirt dan celana sekuin H&M Studio SS21, lace gloves DOUCHE, topi dan heels metalik MORAL

Baru saja terjun ke dunia hiburan, tentu masih ada banyak hal yang ingin dicapai oleh Ziva. Salah satunya mengeksplorasi dunia hiburan dan tak hanya di bidang tarik suara.

“Masih banyak yang ingin aku lakukan. Mulai dari nyanyi, membuat lagu, mungkin juga akting. Aku nggak pernah tahu. Tapi, aku mau mencoba semuanya. Aku juga mau berbisnis, entah apa pun itu bisnisnya, kalau bisa dimulai dari sekarang,” tutup Ziva.

Itulah tadi ‘curhatan’ Ziva soal kehidupannya saat ini yang ternyata bisa menginspirasi banyak penggemarnya. Kamu sendiri bagaimana, Bela? Adakah hal yang menginspirasi lainnya dari Ziva? Tulis di kolom komentar, ya!

Ziva Magnolya Sebelum & Sesudah Indonesian Idol, Beda Banget!Popbela.com/Prabowo Prajogio

Wardrobe: Blazer H&M Studio SS21, bralette dan celana tie-dye DOUCHE, kalung MORAL

Credit: 
Photographer: Prabowo Prajogio (@prabowbow) 
Stylist: Michael Richards (@myqrichs) 
Asst. Stylist: Hafidhza Putri Andiza (@putriandiza) 
MUA: Ira Sumardi (@irasumardi) 
Hair stylist: Dita Wiradisastra (@ditawiradisastraa) 
Digital Imaging Artist: Christine K. Siregar (@christineksiregar)

Baca Juga: Pernah Menjual Ikan Kering di Pasar, Ini Perjalanan Hidup Ayana Moon

Baca Juga: Jadi Inspirasi Lagu, Ini Cara Rinni Wulandari Hadapi Insecurity

Baca Juga: Ini Cerita Titi Kamal Soal Perjalanan Karier dan Dunia Kecantikan