Penyanyi muda, Lee Ji-Eun yang lebih populer dengan nama IU ini mulai mencuri perhatian khalayak pencinta musik karena lagu-lagu popnya yang memukau. Bahkan nama IU kini termasuk penyanyi solo terlaris di industri K-Pop yang didominasi oleh boyband ataupun girlband. 

Sukses di dunia tarik suara membuat IU seringkali diajak berkolaborasi mengisi soundtrack drama Korea populer. Beberapa diantaranya IU juga berakting sebagai pemeran utamanya, seperti di Dream High, Pretty Man, The Producers, Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo dan Hotel Del Luna. Terakhir pada awal tahun 2020 yang lalu IU kembali diajak untuk mengisi soundtrack drama Korea, Crash Landing On You

Penasaran dengan lagu-lagunya yang catchy dan menyentuh miliknya? Berikut daftar enam lagu untukmu, Bela.

1. "I Give You My Heart", OST Crash Landing On You

https://www.youtube.com/embed/69fhfXQv1rg

Lagu berjudul “I Give You My Heart” ini merupakan lagu orisinal yang menjadi soundtrack Crash Landing On You. Sejak pertama kali rilis pada tanggal 15 Februari 2020, dalam hitungan jam lagu yang dinyanyikan oleh IU itu langsung menempati posisi puncak sejumlah tangga musik, seperti Melon, Genie, Bugs dan Soribada, termasuk berada di Top 5 tangga musik Flo.

2. "Someday", Dream High

https://www.youtube.com/embed/jIU0-TrHGC8

Dream High sebuah drama yang menceritakan tentang petualangan enam murid dari sekolah Kirin High School yang memiliki impian sebagai K-Pop Idols. Salah satu tokoh utamanya Suzy diperankan oleh IU. Tak hanya itu, IU juga dipercaya untuk menyanyikan lagu soundtrack-nya berjudul “Someday.” 

3. "Our Happy Ending", Hotel del Luna

https://www.youtube.com/embed/iK3yCIGI5q0

Di dalam drama berjudul Hotel Del Luna ini, IU kembali bermain sebagai tokoh utama bernama Jang Man-wol dan kembali dilibatkan untuk mengisi soundtrack-nya. Lagu berjudul “Our Happy Ending,” ini bercerita tentang keinginan Jang Man-wol dan kisah cintanya dengan Goo Chan-seong yang menginginkan akhir yang bahagia. Tetapi lagu ini hanya dipasang dalam sebuah adegan di drama tersebut sebagai latarnya dan tidak dirilis secara resmi.

4. "Windflower" , The Great Queen Seondeok

https://www.youtube.com/embed/95MGJPZbxmA

Drama kolosal berjudul The Great Queen Seondeok ini menggambarkan tentang sejarah kehidupan Ratu perempuan pertama di Dinasti Silla. Di drama yang satu ini IU dipercaya untuk  mengisi dua lagu dalam soundtrack-nya. Pertama yang berjudul “Araro,” yang menghadirkan harmoni kuat musik tradisional Korea, suara orkestrasi dan suara lembut IU. Lagu kedua yaitu “Windflower", yang bernuansa balad dan melankolis. Seolah menggambarkan situasi hati dan gejolak cinta Ratu Deokman dengan dua pria yang sangat berarti dalam kehidupannya, Bidam dan Yushin dalam perjalanannya meraih hak kekuasaannya sebagai penguasa Silla. 

5. "Heart" , The Producer

https://www.youtube.com/embed/oKi7xCfA4Zo

Dalam drama The Producer, selain berakting IU kembali menyanyikan lagu soundtrack-nya berjudul “Heart”. Lagu ini istimewa karena IU berkolaborasi dengan Kim Jae Hwi untuk menulis, aransemen dan produksi.

6. "Crayon Pastel", Bel Ami (Pretty Boy)

https://www.youtube.com/embed/XNtUcZbYsew

Lagu berjudul “Crayon Pastel” ini menjadi bagian dari soundtrack Bel Ami (Pretty Boy) yang juga IU perankan bersama aktor Jang Geun-suk. Tetapi meskipun lagu ini tak masuk dalam album soundtrack orisinalnya, single tersebut justru terdapat pada album IU yang bertajuk Modern Times. 

So, mana favoritmu, Bela?

Baca Juga: Setelah Menikah, 6 Artis K-Pop Ini Memilih Pensiun dari Dunia Hiburan

Baca Juga: Dari Second Lead, 7 Aktris Korea Ini Berhasil Dapatkan Peran Utamanya!

Baca Juga: Pesona 10 Artis Korea 90-an yang Tetap Awet Sampai Sekarang