Selebriti biasanya identik dengan kemewahan dan hidup yang serba glamor, tetapi tidak dengan mereka. Para selebriti ini berbeda, karena memilih untuk menyumbangkan sebagian besar uang yang dihasilkan untuk kepentingan sosial. Tanpa mereka sadari segala aktivitas tersebut turut menginspirasi dan menggerakkan hati masyarakat untuk membantu dunia menjadi tempat yang lebih baik lagi. Yuk kenalan dengan ketujuh selebriti ini.

1. Angelina Jolie

7 Selebriti Hollywood Ini Berjiwa Sosial, Bisa Jadi Idola Nih!cheatsheets.com

Sejak Angelina Jolie melihat kondisi masyarakat Kamboja saat ia syuting film Tomb Raider, hati kecilnya tersentuh. Sepulangnya dari produksi film tersebut, ia kemudian menghubungi UNHCR (Komisaris tinggi PBB untuk pengungsi) dan mengutarakan ingin bergabung di dalamnya. Terhitung sejak 2001 Angelina telah melakukan perjalanan sosial dan membantu pengungsi lebih dari 20 negara. Pada tahun 2003 ia menciptakan Maddox Jolie Pitt Foundation yang misi awalnya adalah mendukung desa setempat, satwa liar dan hutan yang terancam punah.

Kemudian di tahun 2006, memperluas jangkauannya di bidang pertanian, pendidikan, kesetaraan gender, kesehatan di Kamboja. Berkat kepeduliannya itu pada tahun 2012 Angelina dipromosikan menjadi Utusan Khusus serta mewakili Komisaris Tinggi Antonio Guterres dan UNHCR di tingkat diplomatik.

2. Christy Turlington

7 Selebriti Hollywood Ini Berjiwa Sosial, Bisa Jadi Idola Nih!elle.com

Christy mengawali proyek sosialnya yang ia sebut Every Mother Counts (EMC) pada tahun 2010. Kini EMC sedang mensosialisasikan dan mengajak masyarakat untuk menjalani proses persalinan yang lebih aman. Proyek sosial ini bermula karena pengalaman pribadinya. Ketika Christy dikaruniai anak pertamanya di tahun 2003, ia mengalami beberapa komplikasi plasenta yang menyebabkan pendarahan, tetapi Christy berhasil selamat dan peristiwa itu mengubah hidupnya. 

3. Keanu Reeves

7 Selebriti Hollywood Ini Berjiwa Sosial, Bisa Jadi Idola Nih!parade.com

Pemeran utama dalam film The Matrix ini dikenal sangat dermawan, bahkan dari penghasilan sekuelnya ini ia berikan kepada seluruh tim kostum dan special effect untuk membantu pekerjaan pribadi mereka. Keanu menjadi donatur untuk Spinal Cord Opportunities for Rehabilitation Endowment yaitu pusat rehabilitasi yang membantu orang hidup dengan cedera tulang belakang. Selain itu ia menjalankan yayasan swasta untuk penelitian kanker dan menfasilitasi berdirinya rumah sakit anak-anak. Hal ini karena Keanu memiliki pengalaman pribadi, saudara perempuannya didiagnosa menderita leukimia pada tahun 1991. 

4. Emma Watson

7 Selebriti Hollywood Ini Berjiwa Sosial, Bisa Jadi Idola Nih!cheatsheet.com

Emma kini sering terlibat dalam kegiatan kemanusiaan dan feminis. Emma bekerja dengan organisasi seperti UNICEF, CAMFED, PBB, HeForShe dan Our Shared Shelf. Emma telah menyumbangkan 1 juta dollar untuk UK Justice and Equality Fund dan merupakan salah satu donatur utamanya.  Bahkan Emma menjadi salah satu dari 200 selebritas Inggris dan Irlandia yang menandatangani surat terbuka yang menyerukan diakhirinya pelecehan seksual di tempat kerja. 

5. Leonardo DiCaprio

7 Selebriti Hollywood Ini Berjiwa Sosial, Bisa Jadi Idola Nih!etonline.com

Leo telah menciptakan Leonardo DiCaprio Foundation pada tahun 1998 dan telah memberikan sekitar $ 80 juta dolar penghasilannya untuk lebih dari 20 proyek-proyek lingkungan. Biasanya Leo bermitra dengan organisasi internasional seperti Oceana, Wild Foundation, World Wildfire Fund. Bahkan selain aktif sebagai aktor, produser dan aktivis, Leo telah berbicara secara terbuka tentang perubahan iklim dan merupakan investor dari beberapa perusahaan vegan.

6. Amal dan George Clooney

7 Selebriti Hollywood Ini Berjiwa Sosial, Bisa Jadi Idola Nih!people.com

Pasangan ini menciptakan Clooney Foundation For Justice yang program utamanya mengekspos tentang korupsi dan pelanggaran HAM. Yayasan ini memberikan bantuan untuk para pengungsi dan komunitas marginal. Mereka juga membantu mempertemukan kembali keluarga yaitu anak dan orang tua yang dipisahkan di perbatasan Amerika Serikat dan Mexico. 

Inspiring banget ya!

Baca Juga: Awkarin, Si Influencer dengan Jiwa Sosial Tinggi