Di era pandemi, semakin banyak orang yang memutuskan untuk beralih profesi sebagai pebisnis dan mulai merintis bisnis rumahan, untuk menambah penghasilan. Bisnis yang ditawarkan pun beragam. Mulai dari perlengkapan kesehatan selama pandemi, seperti masker, face shield, produk-produk pembersih sampai dengan ragam kuliner yang banyak diminati oleh para pebisnis pemula. Peluang ini masih tetap besar karena meskipun berbagai layanan mulai kembali beroperasi, namun belum sepenuhnya berjalan normal. Dengan kondisi saat ini, masih banyak masyarakat yang memilih untuk tetap nyaman berada di rumah saja, sehingga bisnis rumahan memiliki potensi yang besar untuk maju. Bagaimana kiat untuk memperlancar promosi bisnis supaya meroket meskipun baru awal merintis? ini enam caranya, Bela.

1. Promosi secara langsung

Ingin Sukses Jalani Bisnis Rumahan, Ini 6 Strategi Promosi EfektifPexels.com / Alexy Almond

Promosi secara langsung atau rekomendasi dari mulut ke mulut merupakan cara paling efektif. Langkah awal yang bisa dilakukan ialah menawarkan kepada orang-orang terdekat seperti  rekan kerja di lingkungan kantor, tetangga dan sahabat. Misalnya kamu ingin menjalani bisnis kuliner, maka kamu bisa menawarkan mereka secara langsung atau memberi tester saat acara berkumpul, arisan atau lainnya. 

Kamu juga bisa mengirimkan kepada mereka secara gratis, karena bertujuan khusus ingin memperkenalkan barang daganganmu. Tetapi jangan lupa untuk memberikan nomor kontak dan sosial mediamu, karena akan sangat bermanfaat jika mereka tertarik melakukan pemesanan. Tak hanya itu saja, jika produk yang ditawarkan berkualitas dan mendapatkan ulasan yang baik, maka dengan sendirinya akan mudah mendapatkan calon pembeli yang baru. 

2. Memanfaatkan media sosial

Ingin Sukses Jalani Bisnis Rumahan, Ini 6 Strategi Promosi EfektifPexels.com / Retha Ferguson

Kini berjualan semakin mudah dengan hadirnya media sosial terkini seperti WhatsApp, Facebook dan Instagram. Kamu bisa memanfaatkan media sosial tersebut secara maksimal dengan membuat konten-konten yang bisa menarik calon konsumen. Misalnya menggunakan akun Instagram khusus untuk berjualan. Supaya bisnismu semakin melejit, jangan lupa untuk meminta bantuan teman-teman terdekat ataupun yang mempunyai banyak followers untuk mengunggah ulasan mereka terhadap produkmu di akun mereka.

3. Menggunakan jasa endorsement

Ingin Sukses Jalani Bisnis Rumahan, Ini 6 Strategi Promosi Efektifdailyhive.com

Jika bisnismu sudah menuju stabil, mulailah menyediakan budget tambahan endorsement untuk bekerjasama dengan influencer, blogger ataupun artis untuk memperkenalkan produkmu. Pilih yang jumlah pengikutnya besar dan relevan dengan produkmu, supaya informasinya tersebar semakin luas. 

4. Mengikuti bazar

Ingin Sukses Jalani Bisnis Rumahan, Ini 6 Strategi Promosi EfektifPexels.com / Wendi Wei

Promosi juga bisa dilakukan dengan mengikuti bazar sebagai cara yang efektif untuk mempromosikan produkmu kepada masyarakat luas. Pilihlah acara-acara bazar atau yang mendampingi acara kekinian karena memiliki pasar potensial untuk memperkenalkan produkmu ke khalayak yang lebih luas. 

5. Memanfaatkan marketplace online

Ingin Sukses Jalani Bisnis Rumahan, Ini 6 Strategi Promosi EfektifPexels.com / Vlada Karpovich

Kini jumlah marketplace semakin banyak. Telaah yang paling sesuai dengan kebutuhan karena masing-masing memiliki keunggulan yang berbeda. Saat melakukan promosi di marketplace jangan lupa untuk memperhatikan foto merek, menjaga kualitas produk, ketersediaannya termasuk metode pengirimannya supaya produk tersebut bisa sampai ke konsumen tepat pada waktunya.

6. Menitipkan produk

Ingin Sukses Jalani Bisnis Rumahan, Ini 6 Strategi Promosi EfektifPexels.com / @freestocks.org

Cara untuk memperluas penjualanmu bisa dengan cara menitipkan produkmu kepada teman atau tempat-tempat yang populer seperti restoran atau kafe yang selaras dengan karakter brandmu. Kuncinya perhatikan kualitas dan ketersediaan barang saat diperlukan agar mereka mengizinkanmu untuk terus menitipkan jualanmu. 

Tertarik mencoba, Bela?

Baca Juga: Pelajari 5 Skill Super Mudah Ini, Dijamin Jualan Online Kamu Bisa Tambah Laris

Baca Juga: Resep Es Kopi Susu Lotus Biscoff, Bisa Jadi Ide Jualan, lho!

Baca Juga: Tak Cuma Selebritas, Mantan Menteri Perdagangan Ini Juga Buka Bisnis Kue