Film Hollywood yang ceritanya diadaptasi dari novel memang bukanlah ramuan baru, tetapi karena kisahnya yang menarik dan populer di kalangan pembaca kemudian menarik hati para insan perfilman yang ingin menerjemahkan ke dalam versi visual. Seperti 6 film berikut, beberapa di antaranya memang dikenal karena kisahnya misteri dan thriller namun ada pula yang kental dengan nuansa drama. Ingin tahu apa saja? Yuk simak.

1. Sleeping Beauty, Charles Perrault

6 Film Hollywood Ini Ternyata Diadaptasi dari Novel Populerpopsugar.com

Kisah klasiknya telah mendunia dan diadaptasi menjadi beragam versi merupakan karya penulis dongeng asal Prancis, Charles Perrault, kelahiran 12 Januari 1628. Beberapa karya lainnya yang populer adalah The Red Riding Hood, Sleeping Beauty, Puss in Boots dan Cinderella. Kemudian salah satu karakter antagonis yang paling menonjol dari kisah Sleeping Beauty dikembangkan oleh Disney menjadi film berjudul Maleficent (2014) dan Maleficent: Mistress of Evil (2019) yang diperankan oleh Angelina Jolie dan Elle Fanning sebagai Putri Aurora. 

2. Little Women, Louisa May Alcott

6 Film Hollywood Ini Ternyata Diadaptasi dari Novel Populerpopsugar.com

Little Women merupakan karya klasik novelis Louisa May Alcott. Pertama kali dipublikasikan di tahun 1868 dan 1869 yang terbagi dalam dua volume. Sebelumnya novel ini telah diangkat ke layar lebar pada tahun 1994 dan dimainkan oleh Winona Ryder, Claire Danes, Kirsten Dunst, Gabriel Byrne, Trini Alvarado dan Samantha Mathis. Kini versi terbarunya akan segera dirilis di bulan Desember 2019 dan pemainnya tak kalah gemilang yaitu Emma Watson, Saoirse Ronan, Florence Pugh, Meryl Streep, Laura Dern, and Timothée Chalamet.

3. Scary Stories to Tell in the Dark, Alvin Schwartz

6 Film Hollywood Ini Ternyata Diadaptasi dari Novel Populerscholastic.com

Novel bergenre horor yang ditulis oleh Alvin Schwartz ini memilki tiga seri dan target pembacanya adalah anak-anak. Alvin dibantu oleh Stephen Gammel sebagai ilustrator untuk menyempurnakan karyanya yang telah diterbitkan di era tahun 1981 sampai dengan 1991 ini. Scary Stories To Tell in The Dark sendiri berkisah tentang sekelompok remaja di kota kecil yang berkunjung ke sebuah rumah besar yang memiliki koleksi cerita-cerita menakutkan tetapi sayangnya bagi mereka kisah-kisah itu terlalu nyata. Dan filmnya yang dirilis tahun 2019 ini pun tak kalah menegangkan. 

4. IT, Stephen Kings

6 Film Hollywood Ini Ternyata Diadaptasi dari Novel Populerpopsugar.com

Siapa yang tak tahu cerita tentang badut yang menyeramkan ini? ? Kisah berjudul IT ini diangkat dari novel karya Stephen Kings yang diterbitkan pada tahun 1986. Ceritanya sendiri tentang Losers Club tentang geng anak sekolahan yang tak populer namun saling mengisi, tetapi suatu peristiwa naas memaksa mereka untuk tetap bersama hingga dewasa karena pengalaman tak terlupakan bersama Pennywise. IT sebelumnya sudah diangkat ke layar lebar dan kembali  di-remake menjadi dua episode. Pertama, IT (2017) saat mereka kecil dan kedua, IT Chapter Two (2019) saat mereka dewasa yang dibintangi oleh Jessica Chastain, James McAvoy , Bill Hader, Jay Ryan, James Ransone, Isaiah Mustafa, dan Bill Skarsgård.

5. Doctor Sleep, Stephen King

6 Film Hollywood Ini Ternyata Diadaptasi dari Novel Populerpopsugar.com

Novel misteri yang ditulis Stephen King pada tahun 2013 ini merupakan sekuel dari karyanya yang berjudul The Shining (1977). Doctor Sleep yang kini diangkat ke layar lebar dibintangi oleh  Ewan McGregor , Rebecca Ferguson, dan Emily Alyn Lind tetap setia di genre misteri. Ceritanya sendiri tentang perjalanan Danny Torrance setelah peristiwa The Shining, tanpa disangka Danny yang telah dewasa kembali bertemu dengan perempuan yang memiliki kekuatan sama dengannya. Danny berniat untuk menjauhkannya dari sekte The True Knot yang menyesatkan karena menjadikan anak-anak sebagai mangsa. 

6. Pet Sematary, Stephen King

6 Film Hollywood Ini Ternyata Diadaptasi dari Novel Populerpopsugar.com

Pet Sematary menceritakan tentang Louis Creed yang mengajak keluarganya ke pedesaan di tengah hutan yang memiliki rahasia. Novelnya sendiri ditulis oleh Stephen Kings pada tahun 1983 dan sudah diadaptasi dalam bentuk layar lebar. Kini tahun 2019 kembali di-remake ke layar lebar dan dibintangi oleh Jason Clarke, John Lithgow, dan Amy Seimetz. 

Jadi makin penasaran nggak sih?

Baca Juga: 5 Buku Novel Memoar Ini Adaptasi dari Sejarah di Indonesia