Mengenang prestasi orang-orang hebat di masa lalu, kini kita bisa menyaksikannya melalui film yang inspiratif karena memberikan pelajaran yang sangat berharga. Tak heran beberapa diantara tujuh film keren ini sukses menyabet penghargaan film bergengsi seperti Oscar. Penasaran apa saja? Ini kisah yang perlu kamu simak.

1. Hidden Figures

8 Film Terbaik 'Based From True Story' yang Bisa Menginspirasimu  rapidrivermagazine.com

Hidden Figures menceritakan kisah tentang Katherine Johnson (Taraji P Henson) dan dua rekannya, Dorothy Vaughan (Octavia Spencer) dan Mary Jackson (Janelle Monae), tiga wanita kulit hitam jenius yang bekerja di departemen komputasi NASA pada tahun 1960-an. Pekerjaan mereka secara langsung memberikan kontribusi kepada Amerika Serikat untuk mengirim seorang astronot pria ke luar angkasa. Ketiganya sukses membuktikan prestasinya di saat diskriminasi ras masih menjadi isu utama.

2. Catch Me If You Can

8 Film Terbaik 'Based From True Story' yang Bisa Menginspirasimu  metacritic.com

Berkisah tentang remaja bernama Frank Abagnale (Leonardo DiCaprio) yang memilih meninggalkan rumah karena masalah keluarga. Frank kemudian beralih menjadi seorang penipu ulung yang jago menyamar berbagai profesi. Bahkan ia sukses menjadi seorang pilot dan berhasil mencuri $2,8 juta. Frank kemudian dikejar oleh Carl Hanratty (Tom Hanks), agen FBI yang akhirnya sukses menangkapnya. Ketika berhasil, Carl kemudian mengajaknya bekerjasama karena keahlian uniknya dapat digunakan untuk menumpas kejahatan.

3. Erin Brockovich

8 Film Terbaik 'Based From True Story' yang Bisa Menginspirasimu  thedailybeast.com

Film yang perankan Julia Roberts ini sukses memenangkan ajang bergengsi, Oscar. Di sini Julia berperan sebagai Erin Brockovich seorang ibu tunggal yang mendapat pekerjaan di sebuah firma hukum. Ketika bekerja, Erin menemukan kasus tentang keluarga yang terkena tumor tetapi setelah diselidiki Erin berhasil mengungkap bukti bahwa air tanah yang terkontaminasilah yang telah menyebabkan peningkatan penderita tumor dan kanker di komunitas lokal, Hinkley.

4. The Social Network

8 Film Terbaik 'Based From True Story' yang Bisa Menginspirasimu  letterboxd.com

Para penggemar media sosial Facebook perlu menonton film yang satu ini. The Social Network mengisahkan tentang perjalanan karier kreatornya, Mark Zuckenberg (Jesse Eisenberg) ketika membangun Facebook sampai akhirnya menjadi sesukses sekarang. Ternyata ide brilian itu dimulai saat Mark masih menjadi mahasiswa di Harvard University.

5. Apollo 13

8 Film Terbaik 'Based From True Story' yang Bisa Menginspirasimu  fandango.com

“Houston kita punya masalah,” kata-kata itu yang disampaikan saat misi Apollo 13 pada tahun 1970. Misi yang dilakukan oleh astronot Jim Lovell (Tom Hanks), Jack Swigert (Kevin Bacon), dan Fred Haise (Bill Paxton) yang dimaksudkan sebagai misi pendaratan ke bulan ketiga Amerika. Tragisnya, ledakan terjadi karena tangki oksigen meledak memaksa NASA untuk membatalkan misi dan semuanya saling bahu-membahu agar para astronot bisa kembali dengan selamat ke bumi. 

6. The Miracle Worker

8 Film Terbaik 'Based From True Story' yang Bisa Menginspirasimu  thehandgrenade.wordpress.com

The Miracle Worker menceritakan kisah inspiratif karya Anne Sullivan (Anne Bancroft) ketika mengajar Helen Keller (Patty Duke) yang buta dan tuli untuk berkomunikasi. Bersama Anna atau Ny Sullivan ia mengajarkan Helen untuk menjadi seseorang yang bermanfaat bagi orang lain meskipun ia memiliki keterbatasan.

7. First Man

8 Film Terbaik 'Based From True Story' yang Bisa Menginspirasimu  filmcomment.com

Film ini berkisah tentang Neil Armstrong (Ryan Gosling) yang menjalankan misi untuk menginjakkan kaki ke bulan di masa saat teknologi belum secanggih dan memadai seperti sekarang. Misinya sangat berbahaya meskipun ada pertentangan dalam dirinya tentang keselamatannya dan keluarganya.

8. 12 Years a Slave

8 Film Terbaik 'Based From True Story' yang Bisa Menginspirasimu  independent.co.uk

Film berjudul 12 Years a Slave, pemenang Oscar menceritakan kisah nyata Solomon Northup (Chiwetel Ejiofor), seorang lelaki kulit hitam yang dilahirkan di New York State tetapi diculik di Washington, DC pada tahun 1841 dan dijual sebagai budak. Dia bekerja sebagai budak di Louisiana selama 12 tahun sebelum akhirnya dibebaskan.

Manakah yang menginspirasimu?

Baca Juga: Top 7 Film Ini Akan Ajak Kamu Menjelajahi Dunia Sihir