Setelah beraktivitas selama 8 jam setiap hari di kantor, kamu merasa penat nggak sih? Kalau iya tandanya kamu butuh refreshing Bela. Salah satu cara mengatasinya selain berlibur, kamu dapat mengusir kejenuhanmu dengan mengasah hobi dan minat. 

Supaya semakin semangat kamu menekuninya caranya dengan mengikuti komunitas yang sesuai dengan hobimu Bela. Karena ada sejumlah manfaat positif yang bisa diperoleh seperti memperluas pergaulan, mengasah kemampuan sampai mendapatkan informasi paling update saat khalayak ramai belum mengetahuinya. Keren kan?

Supaya makin mantap ini enam pilihan komunitas hobi yang bisa kamu geluti Bela.

1. Kuliner

Bergabung di 6 Komunitas Hobi Ini Bikin Hidupmu Lebih Bermaknapexels.com/rawpixel.com

Senang mencicipi makanan-makanan bercitarasa unik atau jajan? Kamu bisa mengikuti komunitas kuliner yang anggotanya memiliki minat yang sama yaitu pencinta makan. Asyiknya kamu dapat mengunjungi tempat kuliner yang belum pernah dicoba sampai mampir ke restoran yang legendaris bersama-sama. Nggak cuma itu aja, kamu bisa mendapatkan ilmu baru tentang bagaimana membuat dan memasak makanan tersebut dari ahlinya. 

2. Olahraga Lari

Bergabung di 6 Komunitas Hobi Ini Bikin Hidupmu Lebih Bermaknapexels.com/Pixabay

Siapa yang suka berlari apakah kamu salah satunya? Olahraga yang satu ini kini semakin banyak lho peminatnya, ditambah fasilitas pendukung kegiatan lari semakin bagus seperti di sekitaran Gelora Bung Karno dan momentum Car Free Day. Supaya semangat larimu tetap membara ikutan komunitas lari akan sangat menguntungkan lho. Kamu bisa memiliki teman seminat dan berlatih bersama-sama untuk mengikuti ajang lari. Positifnya selain menambah teman kamu juga bertambah sehat! 

3. Fotografi

Bergabung di 6 Komunitas Hobi Ini Bikin Hidupmu Lebih Bermaknapexels.com/Andre Furtado

Suka mengabadikan pemandangan indah atau hal-hal menarik lainnya? Kamu bisa masuk ke komunitas fotografi karena ada banyak manfaat kalau bergabung di dalamnya. Misalnya bisa mengasah kemampuan memotret dan teknik-teknik fotografi tanpa perlu kursus. Kamu juga bisa berkenalan dan belajar bareng sesama fotografer, bahkan kamu bisa hunting foto rame-rame ke tempat atau event keren. Kalau kamu terus mengasah kemampuanmu yang satu ini dengan baik berpotensi menjadi penghasilan lho.

4. Blogger

Bergabung di 6 Komunitas Hobi Ini Bikin Hidupmu Lebih Bermaknapexels.com/Loe Moshkovska

Kalau kamu suka menulis daripada disimpan sendiri di blogmu, yuk perluas pembacamu dengan bergabung komunitas yang satu ini. Selain memperluas pergaulanmu dengan para blogger lainnya, kamu bisa mendapatkan kesempatan liputan dan review produk layaknya para jurnalis. 

5. Film

Bergabung di 6 Komunitas Hobi Ini Bikin Hidupmu Lebih Bermaknapexels.com/Pixabay

Buat kamu penyuka film bergabung di komunitas pencinta film akan mendapatkan banyak keuntungan lho. Kamu bisa memiliki teman diskusi yang menyukai film-film terbaru dan bisa ikutan acara nonton bareng di setiap hari pertama film andalan rilis. Keuntungan lainnya kamu juga bisa dapat undangan press screening yang bisa mempertemukanmu dengan artis-artisnya.

6. DIY Craft

Bergabung di 6 Komunitas Hobi Ini Bikin Hidupmu Lebih Bermaknapexels.com/rawpixel.com

Apakah kamu suka memiliki kreativitas dan imajinasi tinggi, hal-hal yang detail dan teliti? Misalnya seperti menjahit, menyulam dan merajut? Kalau menyukainya bergabung di komunitas DIY Craft bisa menjadi pilihan yang sempurna. Karena disini kamu bisa belajar dengan para crafter yang memiliki keterampilan yang berbeda-beda dan kalau udah ahli kamu bisa menciptakan barang-barang handmade yang lucu dan unik bahkan bisa menjadi income tambahan. 

Temukan hobimu dan bergabunglah Bela!

Baca Juga: 5 Hobi Unik Presiden Joko Widodo yang Selalu Berhasil Jadi Sorotan