Perkembangan teknologi selalu berinovasi dan semakin maju, hal itulah yang paling terasa di tahun 2020 ini saat segalanya terasa lebih mudah. Mulai dari hadirnya ponsel yang memfasilitasi untuk berkomunikasi dari mana saja, sampai dengan kehadiran USB yang mampu menggantikan fungsi disket dengan kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar. Berbeda dengan era 90-an yang serba terbatas, namun semua itu tetap terlihat sangat keren di masanya. Rindu dengan kesederhanaannya, sembilan hal ini akan membawamu bernostalgia kembali ke masa yang penuh cinta.

1. Disket

9 Hal Ini Bikin Terkenang Era 90-anibm.com

Disket menjadi alat penting untuk menyimpan data dokumen di komputer yang memiliki kapasitas tertentu. Ukurannya bervariasi, mulai dari besar dan lebar tetapi tipis sampai dengan kecil namun lebih tebal.  Kini disket telah ditinggalkan, tergantikan oleh USB yang memudahkan kita untuk menyimpan data dokumen, foto sampai dengan film dengan jumlah kapasitas daya simpan yang jauh lebih besar.

2. CD Burner

9 Hal Ini Bikin Terkenang Era 90-anmyclads.com

Pada masa itu mulai dikenal teknologi burning yaitu melakukan pengopian data-data di dalam CD tersebut. Compact Disc atau CD tak sekadar berfungsi untuk mendengarkan lagu saja, tetapi dapat dipergunakan untuk menyimpan data seperti dokumen, foto, lagu dan video. Durasi dan proses burning tersebut biasanya tergantung besarnya materi dan data yang perlu disimpan.

3. Penyewaan Laser Disc dan VCD

9 Hal Ini Bikin Terkenang Era 90-an

Menonton film-film blockbuster selain di bioskop bisa dinikmati melalui Laser Disc atau VCD. Hanya saja saat itu VCD original memiliki harga yang relatif mahal, sehingga jasa penyewaan film dengan medium laser disc menjadi salah satu alternatif hiburan untuk menonton film. Konsepnya seperti meminjam buku di perpustakaan, bedanya terdapat tarif peminjaman, waktu pengembalian dan denda apabila terlambat mengembalikannya. 

4. Dowloading File

9 Hal Ini Bikin Terkenang Era 90-andailymotion.com

Program komputer saat itu masih tergolong sederhana, sehingga kemampuan untuk melakukan proses download data cenderung membutuhkan durasi waktu yang lebih lama hingga hasilnya selesai. 

5. Tamagotchi

9 Hal Ini Bikin Terkenang Era 90-anhappymag.tv

Salah satu permainan yang sangat populer di era-90an adalah tamagotchi asal Jepang. Game yang memiliki bentuk menyerupai telur ini akan mengajak kita menikmati keseruan memiliki hewan peliharaan secara virtual, mulai dari memberi makan dan minum, memandikannya hingga memberikan waktunya untuk tidur. 

6. iMac G3 berwarna

9 Hal Ini Bikin Terkenang Era 90-anpinterest.com

Bagi generasi 90-an, memiliki komputer Macintosh jenis ini adalah sebuah prestise dan peningkatan level gaul di lingkungan pertemanan. Keunggulannya? Tentu teknologi dan desain atraktif dengan 13 pilihan warna, yang bikin kamu betah berlama-lama di depan layar komputer.

7. Telepon kabel transparan

9 Hal Ini Bikin Terkenang Era 90-anjellyshare.com

Ada masanya ketika benda-benda aksesori dan gadget serba transparan di tahun 90an, seperti tas backpack, pager, jas hujan, payung, sampai sepatu merek GUESS dan telepon kabel. Entah kenapa tren ini tidak kembali setelah hampir 20 tahun berlalu, padahal keren, ya, Bela.

8. Game Sim City di Windows

9 Hal Ini Bikin Terkenang Era 90-angame4v.com

Sim City merupakan program game di Windows yang populer saat itu. Permainan sederhana ini mengajak kita berimajinasi dan belajar untuk membangun sebuah kota dengan berbagai fasilitasnya. 

9. Kamera poket

9 Hal Ini Bikin Terkenang Era 90-anfstopcameras.com

Kamera di tahun 90-an berbeda dengan zaman sekarang, karena harus diisi terlebih dahulu dengan film yang memiliki jumlah kapasitas terbatas. Selain itu, untuk mengetahui hasilnya kamu harus mencetaknya terlebih dahulu di jasa percetakan foto. Berbeda dengan masa sekarang, kita bisa memotret dengan ponsel yang memiliki kapasitas memori yang tidak terbatas.

Mana yang paling kamu inginkan untuk kembali tren, Bela?

Baca Juga: Trend Fashion 90an yang Bikin Kamu Nostalgia

Baca Juga: Simak Serunya 9 Film Drama Era 90-an yang Bikin Bernostalgia  

Baca Juga: Bikin Nostalgia, Inilah Deretan Jajanan SD yang Murah Meriah