Menjadikan YouTube sebagai sumber penghasilan? Kenapa tidak! Kamu juga bisa, Bela. Tetapi untuk menjadikannya sebagai channel yang bermanfaat, informatif dan berkarakter, hanya kamulah yang memegang kendalinya. Ingin membuat channel YouTube milikmu maksimal, ini 8 hal yang perlu kamu persiapkan. 

1. Rencanakan isi konten

8 Kiat Sukses Memiliki YouTube Channel yang Menarik SubscribersPexels.com / Vlada Karpovich

Langkah pertama, tentukan terlebih dahulu konten video yang ingin kamu unggah. Hal ini sangat penting karena cara terbaik untuk meningkatkan performa dan menjaring subscribers dengan memproduksi konten yang menarik. Semakin inspiratif dan menarik kontenmu, maka akan semakin banyak orang yang tertarik untuk klik dan menontonnya sampai selesai. 

Misalnya, channel yang khusus bertemakan tutorial, kesehatan, fashion, kuliner, sampai dengan hal paling simpel yang menggambarkan kehidupan sehari-harimu. Karena pada dasarnya, warganet menyukai hal-hal yang terwakili dari orang-orang yang mereka tonton. 

2. Mempersiapkan perlengkapan untuk syuting dan membuat konten

8 Kiat Sukses Memiliki YouTube Channel yang Menarik Subscriberscanva.com

Kamu bisa membuat konten menggunakan smartphone, tetapi supaya hasilnya lebih maksimal, coba berinvestasi dengan menggunakan peralatan yang tepat misalnya DSLR atau kamera mirrorless, termasuk aksesoris lainnya untuk kepentingan videografi seperti tripod, lensa dan lampu. Bahkan, kamu juga bisa memanfaatkan kamera drone untuk konten-konten yang spesial. Kualitas gambar yang prima saja ternyata tak cukup jika tidak memiliki audio dan pencahayaan yang baik. 

3. Melihat konten yang inspiratif sebagai contoh

8 Kiat Sukses Memiliki YouTube Channel yang Menarik SubscribersPexels.com / Julia M Cameron

Sebelum membuat konten, kamu bisa mencari inspirasi dari berbagai macam hal atau bahkan dari peristiwa yang kamu lakukan sehari-hari. Tetapi pastikan saat ide itu datang jangan lupa tuliskan agar kamu tidak melupakannya. Selain itu kamu juga bisa mempelajari gaya dari youtuber, influencer dan blogger yang telah sukses menghasilkan konten-konten terbaiknya.

4. Download program mengedit video

8 Kiat Sukses Memiliki YouTube Channel yang Menarik SubscribersPexels.com / ThisIsEngineering

Tak hanya konten atau saat pengambilan gambar saja yang penting untuk kamu lakukan, tetapi bagaimana hasil akhirnya yang siap untuk kamu unggah. Kamu tak harus menggunakan program editing profesional, tetapi cukup menggunakan program sederhana seperti Windows Movie Maker atau Apple iMovie jika kamu belum memilikinya di komputer. 

5. Unggah video terbaikmu meskipun harus take berulang-ulang kali.

8 Kiat Sukses Memiliki YouTube Channel yang Menarik SubscribersPexels.com / Le Minh

Untuk menghasilkan konten yang berkualitas seringkali tidak bisa didapatkan dalam satu kali take saja,  adakalanya kamu harus melakukannya beberapa kali dan menghapus yang belum sesuai supaya menghasilkan video terbaik. Tetapi ingatlah untuk selalu berpikir dan sisi pemirsa dan menciptakan apa yang ingin kamu lihat.

6. Bangun networking dan koneksi dengan para subscriber

8 Kiat Sukses Memiliki YouTube Channel yang Menarik SubscribersPexels.com / Andrea Piacquadio

Meskipun YouTube bukanlah situs jejaring sosial, tetapi ia memiliki fungsi untuk menghubungkan, berbagi dan berkolaborasi dengan pengguna lain. Maka untuk sukses kamu perlu membangun jaringanmu sebaik mungkin, seperti terlibat dalam komunitas YouTube, karena kolaborasi dengan sesama pengguna akan membantu satu sama lain, bahkan membantu menambah jumlah subscribers. 

Tak hanya itu saja, kamu juga perlu menjaga hubungan baik dengan subscribers dan followersmu, karena itu cobalah untuk membaca dan menanggapi komentar dan pesan yang kamu dapatkan di channelmu dengan bahasa yang santun dan ramah. 

7. Abaikan komentar negatif

8 Kiat Sukses Memiliki YouTube Channel yang Menarik SubscribersPexels.com / Andrea Piacquadio

Tidak peduli seberapa besar atau kecilnya channelmu akan selalu ada komentar negatif yang dapat menjatuhkan semangatmu. Jangan mudah terpengaruh, ya. Cobalah untuk lebih tenang dan sebagai pengingat bahwa kamu tidak bisa menyenangkan semua orang. Tetaplah berpikir positif dan anggap mereka merupakan cambuk untuk terus memproduksi konten yang terbaik. 

8. Unggah secara berkala

8 Kiat Sukses Memiliki YouTube Channel yang Menarik SubscribersPexels.com / Andrea Piacquadio

Kiat penting lainnya adalah konsisten dengan kontenmu. Kamu bisa mencontoh dari para Youtuber lainnya yang rutin menerbitkan video minimal sekali atau dua kali dalam satu minggu. Kiatnya supaya channelmu tetap terbaca aktif. Biasakan pula di setiap akhir penutup videomu informasikan waktu penayangan berikutnya. Ini merupakan peluang yang baik, maka hal yang harus kamu lakukan ialah disiplin dan terus meningkatkan diri untuk menghasilkan video yang berkualitas. 

Sudah siap menjadi Youtuber, Bela?

Baca Juga: 10 Youtuber Indonesia Ini Bisa Tetap Cuan di Tengah Pandemi Corona

Baca Juga: #IMS2020 : Merasa Tertantang, Raden Rauf Akhirnya Terjun Jadi YouTuber

Baca Juga: Anti-Drama, 5 Pasangan YouTuber Ini Dikenal Kompak dan Romantis