Bulan Ramadan tahun ini berbeda untuk berbagai generasi, karena untuk pertama kalinya bulan Ramadan berlangsung di tengah keadaan pandemi. Banyak pelajaran yang dapat dipetik selama social distancing ini, antara lain kita jadi lebih menghargai hal-hal kecil, lebih memerhatikan keluarga dan lingkungan sekitar, serta lebih mudah membantu sesama. Saat ini semakin menjadi waktu yang tepat pula untuk berbuat kebaikan. Berikut delapan hal baik yang bisa menjadi inspirasimu, Bela. 

1. Menjadi relawan untuk membantu tim medis COVID-19

8 Kebaikan yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Sesama Saat Pandemi Coronamedium.com

Memiliki panggilan hati sebagai garda terdepan untuk membantu menangani COVID-19 merupakan niat yang sangat mulia. Ada dua opsi yang ditawarkan, yaitu sebagai tenaga medis dan tenaga non-medis. Namun saat hatimu telah memutuskan untuk terlibat artinya kamu bersedia menerima segala rIsikonya dan bersiap mengikuti pelatihan guna menghadapi pandemi COVID-19. Karena sebenarnya banyak sekali yang dibutuhkan mulai dari perawat, tenaga administrasi rumah sakit sampai dengan supir mobil ambulance. Maka agar niat baikmu berjalan selaras, jangan lupa untuk  meminta izin dan restu kepada orangtua, keluarga atau orang-orang terdekat agar segala prosesnya dilancarkan.

2. Berdonasi untuk membantu para tenaga medis

8 Kebaikan yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Sesama Saat Pandemi CoronaPexels.com / Gustavo Frings

Banyaknya penderita COVID-19 yang menyebar hampir di seluruh negeri membuat para petugas medis di berbagai Rumah Sakit Pusat dan Daerah membutuhkan perlindungan khusus sebagai orang yang melakukan kontak langsung dengan penderita. Untuk menjalankan tugas dengan maksimal, para petugas medis ini memerlukan perlengkapan APD atau Alat Pelindung Diri sebagai cara untuk melindungi mereka dari paparan virus corona. Tetapi karena pemakaiannya disposable alias sekali pakai, tentu membutuhkan banyak sekali persediaan untuk para tenaga medis. 

Mari berdonasi guna menfasilitasi APD dan perlengkapan medis lainnya untuk kebutuhan memerangi COVID-19. Kegiatan ini akan membantu memperlancar proses saat tenaga medis menangani pasien yang bisa kamu salurkan melalui badan amal, komunitas atau secara mandiri.

3. Menjadi inisiator yang menggerakkan hati para donatur untuk menyumbangkan hartanya

8 Kebaikan yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Sesama Saat Pandemi CoronaUnsplash.com / Anne Earl

Jika ingin berbuat sesuatu yang besar maka kita harus melakukannya bersama-sama dan kolektif agar bisa bermanfaat dan tercapai tujuannya. Jadilah leader dan inisiator yang menggerakkan hati teman-teman mengumpulkan donasi. Pada akhirnya seluruh donasi yang telah terkumpul dari seluruh donatur nantinya bisa disumbangkan untuk mereka yang membutuhkan. Aktivitas positif ini akan mengajarkan kita untuk amanah menggunakan uang yang telah dipercayakan kepadamu. 

4. Memberi bantuan sembako atau uang kepada orang-orang yang terdampak langsung

8 Kebaikan yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Sesama Saat Pandemi CoronaUnsplash.com / Sonder Quest

Kehadiran COVID-19 memberikan dampak di berbagai bidang tanpa terkecuali. Beberapa yang terdampak langsung seperti pedagang makanan, pemulung, tukang sampah, supir taksi, office boy sampai dengan ojek online. Memenuhi kebutuhan pokok seperti beras, gula, merupakan hal yang terpenting karena itu berbagi sembako tentu akan meringankan dan mereka juga akan bahagia karena kita membantu mencukupi kebutuhan hidupnya. 

5. Membagikan masker kain

8 Kebaikan yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Sesama Saat Pandemi CoronaPexels.com / Gustavo Fring

Pemerintah telah menganjurkan  kepada seluruh masyarakat untuk menggunakan masker setiap keluar rumah dan beraktivitas. Bagi yang sakit dianjurkan untuk menggunakan masker medis, sementara untuk yang sehat tetap disarankan memakai masker kain karena bisa membantu mencegah penyebaran droplet dan melindungi diri. Tetapi seperti yang kita ketahui, beberapa kelas sosial masih belum menggunakannya seperti pedagang kecil, pemulung dan lainnya, karena itu kita bisa membantu mereka dengan mengirimkan donasi kepada mereka dalam bentuk masker kain dan hand sanitizer. Kamu bisa membelinya atau menjahit sendiri kemudian membagikannya. 

6. Berbelanja dagangan teman sendiri atau membeli dari tempat-tempat yang terdampak

8 Kebaikan yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Sesama Saat Pandemi CoronaUnsplash.com / brooke lark

COVID-19 membuat ruang gerak kita semakin terbatas untuk melakukan aktivitas di luar rumah, manfaatkan momentum ini untuk berbelanja dagangan orang-orang terdekat yang menawarkan barang sesuai dengan kebutuhanmu. Kemudian kamu juga bisa berbelanja di toko-toko yang terdampak. Aktivitasmu ini sedikit banyak akan membantu menggerakkan roda perekonomian mereka juga supaya tetap berjalan.

7. Street Feeding memberikan makanan kepada kucing liar

8 Kebaikan yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Sesama Saat Pandemi CoronaPexels.com / freestocks.org

Sedekah yang satu ini bisa kamu lakukan secara individual, dengan memberikan makanan kepada kucing-kucing liar yang kamu temui di jalanan. Caranya mudah, kamu bisa memanfaatkan botol plastik bekas ukuran kecil dan mengisinya dengan makanan kucing kering yang bisa kamu bawa di dalam tas setiap bepergian ke luar rumah. 

8. Bantu membagi berita yang informatif dan positif khususnya seputar COVID-19

8 Kebaikan yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Sesama Saat Pandemi CoronaPexels.com / Edward Jenner

Kamu bisa melakukan kebaikan dari hal yang paling sederhana dan mulai dari kegiatan yang bisa dilakukan sehari-hari, yaitu turut mewartakan berita positif dan informatif khususnya seputar corona melalui media sosial dan chat group pribadi. Hindari membagi berita yang bisa memicu perseteruan, konten berita yang bernada negatif dan hoax, serta perhatikan sumber beritanya agar bisa dipertanggungjawabkan. Hal kecil ini akan sangat membantu, lho.

Ayo, lakukan semampumu, Bela!

Baca Juga: IDN Foundation Mulai Salurkan Donasi untuk Pembelian APD Tenaga Medis 

Baca Juga: Ashanty Kumpulkan Donasi Rp1,5 Miliar untuk APD ke 300 Rumah Sakit

Baca Juga: Kena PHK Karena Pandemi Corona? Ini Tips Melamar Pekerjaan yang Tepat