Menuntut ilmu sangatlah penting karena bisa menjadi bekal di masa depan nanti. Manakah yang menjadi kampus impianmu, di dalam atau luar negeri? Seringkali kita mengabaikan keinginan kita yang kedua karena alasan biaya, tetapi sebenarnya ada berbagai cara yang bisa kamu tempuh, misalnya mencari beasiswa.

Faktanya banyak universitas di luar negeri yang menyediakan beragam pilihan bidang studi yang spesifik dan tidak bisa ditemukan di Indonesia. Selain itu kamu akan memperoleh banyak manfaat positif yang dapat membantu meningkatkan kehidupanmu selain bertambahnya ilmu! 

Inilah tujuh keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan.

1. Mempelajari Budaya Baru

7 Alasan Kenapa Kamu Perlu Kuliah di Luar Negeriunsplash.com

Tidak ada cara yang lebih baik untuk mempelajari budaya lain selain benar-benar hidup di dalamnya. Menuntut ilmu di luar negeri merupakan kesempatan yang sempurna mengenal budaya lain, memperluas cakrawala dan mendapatkan pengetahuan baru. 

2. Mengenal Kuliner dari Negara Lain

7 Alasan Kenapa Kamu Perlu Kuliah di Luar Negeripexels.com

Jika kamu penggemar masakan Indonesia, tentu akan lebih sulit mendapatkan bahan-bahan seperti di tanah air. Jika ingin survive salah satu kuncinya adalah beradaptasi dan mencoba untuk mencicipi kuliner setempat karena selain memperkaya rasa, kamu akan mengenal makanan khas negeri yang kamu kunjungi.

3. Teman Baru

7 Alasan Kenapa Kamu Perlu Kuliah di Luar Negeripexels.com

Masa-masa kuliah di peguruan tinggi merupakan salah satu waktu terbaik untuk menjalin persahabatan seumur hidupmu. Kuliah di luar negeri akan memberikan kesempatan interaksi dan kenangan yang mengesankan di negara berbeda.  Cobalah untuk berinteraksi dengan mereka, mulai dari mengikuti organisasi kampus, mengerjakan tugas kelompok, tinggal di asrama sampai aktif di dalam kegiatan komunitas ikatan pelajar setempat.

4. Rasakan Liburan Akhir Pekan yang Berbeda

7 Alasan Kenapa Kamu Perlu Kuliah di Luar Negeripexels.com

Setelah menghabiskan waktumu beraktivitas selama seminggu penuh di kelas, belajar dan bersosialisasi di lingkungan kampus, hal menarik yang bisa di eksplorasi selanjutnya ialah menghabiskan perjalanan akhir pekan yang menakjubkan. Misalnya ketika kamu kuliah di Perancis hanya dengan menggunakan kereta api bisa bepergian ke negara-negara tetangga  seperti Belanda, Brussel dan Jerman yang hanya berjaraki beberapa jam saja atau menikmati indahnya berpiknik di saat musim panas tiba.

5. Mandiri

7 Alasan Kenapa Kamu Perlu Kuliah di Luar Negeripexels.com

Menghabiskan waktu untuk kuliah di luar negeri merupakan kesempatanmu untuk berkembang, mandiri dan mampu mengatasi segala permasalahanmu sendiri. Karena disini juga merupakan kesempatanmu untuk belajar, beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda dengan budayamu yang membuatmu menjadi individu yang lebih kuat dibandingkan sebelumnya. 

6. Keluar dari Zona Nyaman

7 Alasan Kenapa Kamu Perlu Kuliah di Luar Negeripexels.com

Sedari kecil hingga tumbuh dewasa kita pasti memiliki zona nyaman karena berada di dalam lingkungan yang dekat dengan keluarga, tetangga dan kerabat. Ketika memutuskan untuk belajar ke keluar negeri merupakan langkah besar kita untuk keluar dari comfort zone.

7. Mempelajari Bahasa Baru

7 Alasan Kenapa Kamu Perlu Kuliah di Luar Negeripexels.com

Jika di negeri sendiri kamu sudah terbiasa berbicara dengan bahasa Indonesia ataupun daerah, ketika memutuskan untuk belajar dan kuliah di luar negeri minimal harus mempersiapkan diri menguasai bahasa Inggris untuk kuliah dan berkomunikasi sehari-hari. Karena cara terbaik adalah mempraktekkannya secara langsung. Jika kamu sudah menguasainya, kamu bisa menambah khazanah untuk mempelajari bahasa asing lainnya seperti Jerman, Perancis, China, Jepang, Korea dan Perancis. 

Sudah siap belajar ke luar negeri?

Baca Juga: Butuh Banyak Biaya, Ini 7 Tips Menabung Jika Mau Kuliah di Luar Negeri