Menghadirkan halaman rumah dengan ragam tanaman bunga atau yang memiliki dedaunan indah, menjadi kegiatan yang semakin digandrungi semenjak pandemi merundung dunia. Selain ingin memperindah tampilan hunian, tidak sedikit orang yang menyadari perlunya tanaman-tanaman yang mampu memenuhi kebutuhan keselamatan dan kesehatan diri. 

Contohnya, sayuran untuk dikonsumsi hingga tanaman obat.Jika masih memiliki sisa lahan yang belum terpakai, kini saatnya menyempurnakan dengan menanam ragam tanaman herbal. Ingin hadirkan apotek hidup di rumahmu, ini 10 rekomendasi tanamannya, Bela. 

1. Daun kemangi

10 Tanaman Obat Ini Kaya Manfaat dan Cocok Ditanam di Halaman Rumahfacebook.com

Daun yang memiliki wewangian khas ini tak sekadar nikmat sebagai bahan utama untuk lalapan saja, karena memiliki manfaat juga untuk kesehatan. Beberapa di antaranya seperti mengatasi perut kembung, meningkatkan nafsu makan sampai menyembuhkan luka pada kulit.

2. Jahe

10 Tanaman Obat Ini Kaya Manfaat dan Cocok Ditanam di Halaman RumahPixabay.com / Veronicatxoxo

Jahe merupakan jenis rimpang-rimpangan yang paling populer sebagai tanaman obat. Jahe memiliki beragam khasiat, mulai dari mengatasi gangguan kesehatan seperti sakit perut, meredakan nyeri sendi, vertigo, sakit kepala sampai dengan meringankan nyeri haid. 

3. Lidah buaya

10 Tanaman Obat Ini Kaya Manfaat dan Cocok Ditanam di Halaman RumahPexels.com / Jean van der Meulen

Lidah buaya yang memiliki daun yang bertekstur tajam dan lancip ini mempunyai keistimewaan untuk mengatasi masalah kesehatan dan kecantikan. Antara lain, baik untuk kesehatan kulit, mampu memberikan efek kesejukan setelah terpapar sinar matahari dan mengobati jerawat. Sementara pada sisi konsumsi, lidah buaya dapat menjaga kesehatan pencernaan dan mulut.

4. Daun sirih

10 Tanaman Obat Ini Kaya Manfaat dan Cocok Ditanam di Halaman Rumahbabyologist.com

Daun sirih dikenal sebagai tanaman yang membantu pengobatan berbagai macam penyakit. Dikenal dengan wewangi yang khas, sirih memiliki fungsi kesehatan seperti mempercepat pembekuan darah jika terluka, menurunkan kadar kolesterol, menjaga kesehatan mulut, berfungsi sebagai anti kanker, bakteri, malaria, diabetes dan asma.

5. Kunyit

10 Tanaman Obat Ini Kaya Manfaat dan Cocok Ditanam di Halaman Rumahlyfebotanicals.com

Kunyit yang umumnya menjadi bahan masakan dan jamu karena kandungan curcuma dengan ciri berwarna kuning terang. Rimpang yang satu ini memiliki kegunaan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, mencegah kanker, menurunkan gula darah serta kolesterol dan mengurangi resiko penyakit jantung.

6. Kencur

10 Tanaman Obat Ini Kaya Manfaat dan Cocok Ditanam di Halaman Rumahfacebook.com

Kencur yang berfungsi sebagai jamu dan bahan penyedap makanan ini mempunyai fungsi  menambah nafsu makan, menyembuhkan gangguan kesehatan seperti flu, diare, batuk pusing, radang lambung sampai dengan memperlancar haid.

7. Lengkuas

10 Tanaman Obat Ini Kaya Manfaat dan Cocok Ditanam di Halaman Rumahpinterest.co.uk

Lengkuas atau dikenal sebagai laos yang memiliki warna cantik merah muda ini memiliki keunggulan sebagai antioksidan, meningkatkan kesuburan, mengurangi nyeri dan peradangan serta anti kanker.

8. Daun kumis kucing

10 Tanaman Obat Ini Kaya Manfaat dan Cocok Ditanam di Halaman Rumahsteemit.com

Daun yang cantik karena bentuknya yang unik menyerupai kumis kucing ini, ternyata mampu mengobati beberapa penyakit seperti masalah pada ginjal, diabetes dan asam urat. Selain itu juga ampuh mengatasi berbagai masalah seputar kandung kemih.

9. Kapulaga

10 Tanaman Obat Ini Kaya Manfaat dan Cocok Ditanam di Halaman Rumahidntimes.com

Kapulaga yang banyak dipergunakan sebagai bumbu masakan dan rempah yang memiliki aroma kuat, ternyata kaya akan manfaat kesehatan. Mengonsumsi kapulaga dapat mencegah penyakit jantung, gangguan ginjal, anti-kanker, masalah pencernaan, infeksi, peradangan dan menjaga kesehatan tulang.

10. Mengkudu

10 Tanaman Obat Ini Kaya Manfaat dan Cocok Ditanam di Halaman Rumahbaomoi.com

Buah mengkudu meskipun tampak luar kurang menarik, buah yang satu ini memiliki khasiat yang banyak, seperti meningkatkan stamina, mengurangi tekanan darah tinggi dan meredakan nyeri osteoarthritis.

Mana jenis tanaman yang ingin kamu tanam, Bela?

Baca Juga: Inspirasi Dekorasi Rumah dengan Hiasan Tanaman yang Bikin Adem

Baca Juga: 9 Tanaman untuk Rumah yang Ampuh Mengusir Nyamuk

Baca Juga: Bercocok Tanam di Rumah, Ini 5 Sayuran yang Cepat Panen