Dalam dunia kerja ada dua dikotomi yang biasa disebut dengan having job dan having career. Sekilas tampak sama, tapi dua hal ini sangat berbeda. Keduanya memiliki tujuan yang sama, namun yang membuat berbeda adalah penggunaan minat dalam bekerja. Dalam kasus ini, kamu harus memperhatikan beberapa hal sebelum kamu memasuki lebih jauh dunia kerja.

1. Apakah kamu menginginkan pekerjaan atau karier?

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Memiliki Karier, Bukan Pekerjaanusanetwork.com

Having job secara sederhana didefinisikan sebagai kegiatan untuk mendapatkan atau mengumpulkan uang. Sedangkan having career adalah usahamu mengumpulkan pengalaman sebanyak mungkin. Jadi, mempunyai pekerjaan itu merupakan investasi jangka pendek sedangkan mempunyai karier bersifat jangka panjang.

2. Karier memberikan kesempatan untuk berkembang baik sebagai profesional maupun sebagai seorang manusia

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Memiliki Karier, Bukan Pekerjaanusanetwork.com

Berdasarkan apa yang telah kamu pelajari di bangku sekolah atau kuliah, mempunyai pekerjaan kadang kala membuat diri kita kurang berkembang. Penyebabnya adalah perusahaan menuntut kita untuk mencapai suatu target. Sedangkan kalau mempunyai karier, kamu bisa lebih leluasa mengembangkan kemampuan sesuai dengan minat, bidang atau potensi yang selama ini kamu miliki.

3. Meskipun sulit, pastikan kamu memperoleh jenjang karier sebagai pekerjaan pertama kamu

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Memiliki Karier, Bukan Pekerjaanstorypick.com

Mencari pekerjaan pertama adalah hal yang lumrah, namun sejak awal kamu juga harus jeli pekerjaan apa yang bisa memberikanmu karier atau hanya sebatas memberi kerjaan. Dalam hal mencari pekerjaan, terkadang kita terburu-buru dengan semangat: "yang penting dapat penghasilan dulu. Meskipun hal ini tak sepenuhnya salah, efeknya nanti adalah pekerjaan pertama kamu sering kali tidak sesuai dengan apa yang telah kamu pelajari. Begitu juga sebaliknya, mendapatkan karier yang tepat sebagai pekerjaan pertama membuat kamu mampu memanfaatkan bidang yang kamu pelajari.

4. Pekerjaan membuat kamu terbebani, sementara karier membuatmu produktif

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Memiliki Karier, Bukan Pekerjaanyoutube.com

Tanpa adanya minat tulus dalam bekerja, kamu meninggalkan kantor dengan banyak sekali keluhan, kamu membenci hari Senin sehingga efeknya kamu tidak produktif di kantor. Dan sebaliknya, mempunyai karier bikin kamu menyelesaikan semua tugasmu di kantor dengan mood yang baik. Sehingga bekerja bukanlah merupakan beban buat kamu dan kamu menghadapi hari seninmu dengan energi yang penuh dan semakin produktif.

5. Pekerjaan membuat kamu cepat bosan, sedangkan karier membuat kamu makin cinta dengan apa yang kamu lakukan

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Memiliki Karier, Bukan Pekerjaanstorypick.com

Mempunyai pekerjaan (having job), ketika sudah membosankan, membuat kamu mencari-cari peluang untuk pekerjaan baru yang menurutmu menarik dan kamu harus memulai lagi dari nol. Pencarian tersebut pasti membuahkan hasil, yakni pekerjaan membosankan lain yang akan kamu jalani tiap hari. Sedangkan mempunyai karier (having career), terdapat suatu usaha dari dalam dirimu untuk meraih posisi yang lebih baik. Tidak ada kata bosan dalam kamus seseorang yang memiliki karier.

6. Karier memberikan rasa nyaman yang nggak bisa kamu peroleh dalam pekerjaan

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Memiliki Karier, Bukan Pekerjaanusanetwork.com

Mempunyai pekerjaan bisa saja membuat kamu merasa tidak nyaman dalam menyelesaikan segala tugas kerja. Namun, dengan mempunyai karier kamu bisa menjadikan pekerjaanmu sebagai sebuah petualangan yang membuatmu semakin penasaran apabila tidak diselesaikan.

7. Karier membawa kamu keluar dari zona nyaman

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Memiliki Karier, Bukan Pekerjaanstorypick.com

Apabila kamu hanya mempunyai pekerjaan ekspektasi yang dihasilnya akan biasa-biasa aja. Dikarenakan kamu sedang berada di zona aman. Tapi, ketika kamu memilih untuk mempunyai karier maka kamu dipaksa untuk keluar dari zona aman untuk menghadapi beberapa resiko. Dan kamu akan berkespektasi tinggi.

No pain, no gain.