Menjadi orang yang mau belajar, mendengarkan, hingga melakukan sesuatu sesuai porsinya memang nggak gampang. Belum lagi harus bertoleransi dan punya pemikiran yang terbuka. Memang sangat sulit kalau kamu nggak bisa menahan ego. Padahal, itu semua penting untuk kamu bertahan hidup di zaman ini.

Kemudian, kamu berpikir ada banyak sekali hal-hal yang perlu disadari sebelum menjadi orang yang mengerti, dewasa, dan punya pikiran yang terbuka. Untuk itu, kamu bisa belajar dari pengalaman hidup lewat 10 poin di bawah ini.

Keinginan tanpa aksi hanyalah khayalan

Pikiran Semakin Dewasa dan Terbuka Setelah Kamu Menyadari Hal iniUnsplash.com/Toa Heftiba

Mempunyai impian yang beragam tanpa mencoba untuk mewujudkannya hanya membuat kamu selalu penasaran. Menunda boleh dan nggak ada kata untuk terlambat. Jika memang pada akhirnya gagal nggak perlu disesali, harus bangga karena telah mencoba. Kalau kamu terlalu takut untuk mencoba, ada baiknya dihapus atau mengganti dengan yang lain.

Nggak ada kata terlambat untuk diri sendiri

Pikiran Semakin Dewasa dan Terbuka Setelah Kamu Menyadari Hal iniUnsplash.com/Sarah Dorweiler

Seringkali kamu merasa terlalu tua untuk melakukan sesuatu. Stigma ini bisa berasal dari diri sendiri maupun komentar orang lain. Yang perlu kamu prioritaskan adalah diri sendiri. Ada pengalaman baru yang tentu saja berbeda, ketika kamu melakukan di usia saat ini. Melakukan pengembangan diri nggak kenal usia, kan. Abaikan saja komentar negatif dari orang lain mengenai keputusan kamu.

Nggak ada sesuatu yang gratis

Pikiran Semakin Dewasa dan Terbuka Setelah Kamu Menyadari Hal iniUnsplash.com/Samuel Zeller

Untuk mencapai sesuatu memang harus kerja keras. Dan, hasil dari kerja keras yang kamu lakukan nggak akan membuat kamu kecewa. Dalam proses kerja keras memang ada yang harus dikorbankan. Misalnya, kamu ingin bisa mengambil gambar dengan baik. Salah satu caranya adalah mengambil kelas fotografi. Memang mengeluarkan dana yang lumayan, tapi ini menjadi salah satu investasi kamu di bidang pendidikan.

Berhenti memikirkan ekspektasi orang lain

Pikiran Semakin Dewasa dan Terbuka Setelah Kamu Menyadari Hal iniUnsplash.com/Mounzer Awad

Lakukan yang terbaik di kehidupan yang sedang kamu jalani saat ini. Mempunyai orang terdekat memang muncul beragam ekspektasi dan tuntutan yang menurut mereka terbaik untuk kamu. Namun, hal ini bisa membuat kamu nggak melangkah maju ke depan. Temukan dirimu sendiri bersama pengalaman seru yang telah kamu lakukan. Karena, segala keputusan dan konsekuensi kamu yang menjalankan.

Sukses butuh proses

Pikiran Semakin Dewasa dan Terbuka Setelah Kamu Menyadari Hal iniUnsplash.com/Mel

Semua orang pasti ingin sukses dan bahagia, namun nggak sepenuhnya sadar kalau ada tahapan yang harus dilewati. Kamu harus kerja keras, konsisten, dan berdedikasi. Terlihat memang berat, tapi nggak ada alasan yang sepele dalam meraih sukses, kan. Di sisi lain, jangan minder jika ada beberapa orang yang sudah sukses. Karena kamu nggak tahu bagaimana usaha dan perjalanan mereka bisa sukses.

Nggak ada kegagalan yang sia-sia

Pikiran Semakin Dewasa dan Terbuka Setelah Kamu Menyadari Hal iniUnsplash.com/Mel

Diantara dari kamu pasti ada yang takut gagal. Ketakutan itu bisa muncul karena tahu kalau usaha yang dilakukan belum maksimal. Kalau menyadari seperti itu, kamu harus membuka kesempatan kedua. Kegagalan nggak membuat kamu jatuh di posisi yang paling bawah. Justru akan membawa kamu ke tahap yang berbeda, karena kamu punya pengalaman tersendiri beserta solusinya.

Meminta maaf

Pikiran Semakin Dewasa dan Terbuka Setelah Kamu Menyadari Hal iniUnsplash.com/Hipster Mum

Berbeda pendapat dan sedikit memaksakan ego adalah hal yang biasa. Dampaknya, bisa membawa kamu ke suasana yang canggung dan hubungan menjadi renggang. Kalau sudah seperti ini harus ada yang mengalah. Nggak ada salahnya kamu memperbaiki hubungan pertemanan. Mengakui kekurangan dan kesalahan lebih baik daripada kamu harus membuat alasan yang panjang.

Pentingnya menabung

Pikiran Semakin Dewasa dan Terbuka Setelah Kamu Menyadari Hal iniUnsplash.com/Estée Janssens

Menjadi tantangan setiap generasi. Sudah bukan rahasia lagi kalau kamu bisa punya sumber pendapatan ganda. Diantara kamu tentu sudah ada yang punya pengalaman kenaikan pendapatan. Namun, kebiasaan menabung cukup susah dilakukan. Alasannya karena kebutuhan. Kalau kamu ingin menabung, sederhanakan gaya hidup dan tahan keinginan untuk belanja karena impulsif. Hindari untuk merasa puas dengan nominal tabungan, kamu perlu menyimpan banyak untuk masa depan.

Waktu adalah sesuatu yang berharga

Pikiran Semakin Dewasa dan Terbuka Setelah Kamu Menyadari Hal iniUnsplash.com/Debby Hudson

Kalau dingat ke belakang, berapa banyak waktu yang kamu buang untuk melakukan kegiatan yang sia-sia. Misalnya, menggerutu, menyalahkan orang lain, dan merugikan diri sendiri. Memang yang sedang kamu jalani dan perjuangkan nggak mudah. Yang perlu diingat kalau waktu nggak bisa berjalan mundur. Nggak ada salahnya untuk mengenang momen manis di masa lalu. Sekarang, sudah saatnya kamu mengumpulkan kegiatan yang bermanfaat, menyenangkan, dan hangat.

Melihat dunia

Pikiran Semakin Dewasa dan Terbuka Setelah Kamu Menyadari Hal iniUnsplash.com/Vanessa Serpas

Bepergian merupakan salah satu cara paling ampuh untuk membuka pikiran dan merasakan hal baru. Oleh sebab itu, jangan takut untuk pergi ke tempat baru. Pasti akan ada banyak pengalaman seru yang terkadang terlihat menakutkan bagi kamu. Kamu perlu melakukan ini agar bisa merasakan zona baru. Kamu harus berani meninggalkan stigma lama dan membuktikannya dengan petualanganmu.

Baca Juga: Semakin Dewasa Kamu Harus Berani Meninggalkan 5 Kebiasaan Ini