Menjalankan aktivitas pagi memang bukan masalah kalau kamu masih sekolah. Masa sekolah memang latihan untuk disiplin. Ketika kamu sudah nggak di bangku sekolah, kebiasaan ini cenderung kendor. Bahkan susah sekali untuk dilakukan. Padahal setiap orang ingin punya aktivitas pagi yang berkualitas. Seperti yang kamu tahu, kalau pagi hari merupakan awal dari efektif menjalankan kegiatan.

Selain itu, ada pengaruhnya juga dengan suasana hati. Baik pekerja kantoran maupun mandiri, aktivitas pagi punya efek yang penting. Jika kamu masih merasa bingung apa saja aktivitas yang bisa dilakukan sebelum berangkat kerja, simak yang satu ini.

1. Bangun ketika alarm berbunyi

Jangan Malas Melakukan Kegiatan Ini Sebelum Berangkat ke Kantorunsplash.com/Icons8 team

Kalau sedang ingin membiasakan diri bangun pagi, nggak ada salahnya untuk pasang alarm di malam harinya. Kalau kamu biasa bangun jam 6 pagi, bisa kamu majukan menjadi jam 5. Keesokan pagi saat alarm berbunyi, ada baiknya kamu bangun. Menundanya beberapa menit bisa jadi kamu bangun sesuai dengan kebiasaan. Bangun dan sesuaikan diri dahulu, kemudian lakukan aktivitas pagi.

2. Olahraga

Jangan Malas Melakukan Kegiatan Ini Sebelum Berangkat ke Kantorunsplash.com/Alexander Mils

Pagi hari saat udara masih belum terlalu banyak polusi, bisa kamu manfaatkan dengan olahraga. Bersamaan dengan matahari terbit membuat kamu merasa lebih segar dan positif. Kalau memang nggak ingin terlalu lelah karena energi yang digunakan pada saat kerja besar, kamu bisa pilih olahraga ringan saja. Hindari olahraga mendekati jam kamu akan berangkat kerja atau sekolah.

3. Cari berita pagi

Jangan Malas Melakukan Kegiatan Ini Sebelum Berangkat ke Kantorunsplash.com/rawpixel

Masih tinggal bersama orangtua dan masih berlangganan koran memang menguntungkan. Walaupun kamu nggak terlau suka dengan topik yang berat, perkembangan negara hingga hiburan wajib kamu tahu. Agar pengetahuan juga berkembang. Kalau kamu nggak berlangganan koran, bisa intip notifikasi berita langgananmu di gawai, pilih berita yang menarik, kemudian baca. Jangan buka media sosial dulu, ya.

4. Isi pikiran

Jangan Malas Melakukan Kegiatan Ini Sebelum Berangkat ke Kantorunsplash.com/Melanie Pongratz

Kegiatan ini bisa kamu lakukan setelah olahraga atau setelah bersihkan diri. Mendengarkan lagu memang paling sering dilakukan. Tapi, nggak ada salahnya untuk sesekali mendengarkan audiobook atau podcast. Kamu bisa pilih topik sesuai dengan keinginanmu. Saat ini nggak sulit untuk mengakses itu semua, kalau kamu punya aplikasi pemutar musik daring, bisa kamu cari di sana.

5. Menulis jurnal

Jangan Malas Melakukan Kegiatan Ini Sebelum Berangkat ke Kantorunsplash.com/Thought Catalog

Saat pagi hari memang pikiran masih segar. Setelah cuci muka, olahraga, dan minum air putih, kegiatan ini bisa kamu lakukan. Menuliskan rasa syukur dan membuat daftar keinginan juga bisa. Atau sekedar bercerita tentang topik menarik dari kamu membaca koran atau mendengarkan podcast merupakan ide yang bagus. Hindari terlalu keasyikan, karena kamu harus beralih ke kegiatan yang selanjutnya.

6. Berbincang kecil dengan orang sekitar

Jangan Malas Melakukan Kegiatan Ini Sebelum Berangkat ke Kantorunsplash.com/rawpixel

Tinggal di rumah, banyak sekali aktivitas pagi yang bisa dilakukan. Misalnya, membantu menyiapkan sarapan pagi. Percakapan kecil dan ringan di pagi hari bisa menambah semangat dan rasa syukur. Atau, ketika ke luar rumah ada tetangga yang sedang menyapu luar bisa kamu sapa. Hal-hal yang seperti ini memang telah pudar karena kesibukan masing-masing. Dan bisa kamu mulai lagi.

7. Menulis daftar kegiatan

Jangan Malas Melakukan Kegiatan Ini Sebelum Berangkat ke Kantorunsplash.com/rawpixel

Susun daftar kegiatan saat kamu belum melakukan aktivitas inti. Tujuannya agar kamu benar-benar memprioritaskan kegiatan. Atur jadwal bertemu klien hingga harus membeli keperluan rumah. Atau kegiatan-kegiatan kecil juga bisa kamu catat di dalam jurnal kegiatan. Jangan lupa untuk melihat kembali proyek yang sedang kamu kerjakan.

8. Detox media sosial

Jangan Malas Melakukan Kegiatan Ini Sebelum Berangkat ke Kantorunsplash.com/ ROBIN WORRALL

Pagi hari memang saat yang tepat untuk nggak membuka media sosial dan mengalihkannya dengan kegiatan positif lainnya. Kalau bangun tidur kamu langsung cek media sosial, kamu akan melewatkan hal-hal yang menarik. Bisa jadi kamu melihat kabar yang langsung mengubah suasana hati. Belum lagi tanpa terasa kamu melewatkan beberapa menit untuk hal ini. Bangun pagi memang sudah, tapi isinya hanya untuk cek media sosial kan sayang waktunya.

9. Pergi keluar

Jangan Malas Melakukan Kegiatan Ini Sebelum Berangkat ke Kantorunsplash.com/Guilherme Stecanella

Kalau kamu sadari banyak sekali aktivitas pagi hari yang dadakan. Misalnya akan menyiapkan sarapan, tapi telur habis. Kalau memang masih ada waktu dan toko kelontong sekitar tempat tinggal sudah buka, nggak ada salahnya untuk kesana. Mengamati lingkungan sekitar saat aktivitas pagi juga menyenangkan. Setiap rumah dan orang tentu saja berbeda-beda. Belum lagi kalau kamu mendengar percakapan kecil.

Baca Juga: Belajar Mandiri dengan Melakukan Kegiatan Menyenangkan Ini