Radio merupakan salah satu media hiburan yang nggak pernah lekang oleh waktu. Sebelum musik daring menguasai, tentu kamu suka mendengarkan siaran radio. Nggak hanya itu, menunggu lagu favorit diputar, hapal dengan nomor telepon saluran radio kesayangan, punya penyiar favorit, mencatat lirik lagu yang sedang populer, bahkan kamu hapal dengan beberapa jingle radio.

Ada kebiasaan unik yaitu meminta lagu favorit diputar dan titip salam. Ini adalah salah satu kenangan pendengar lama radio. Melekatnya radio di kehidupan sehari-hari membuat beberapa musisi membuat lagu yang berkaitan dengan radio. Penasaran lagu siapa saja? Cek daftar di bawah ini.

Gomboh : Ku Gadaikan Cintaku

https://www.youtube.com/embed/4rLrAYGNeIU

Lagu paling legendaris yang sampai saat ini masih seru untuk didengarkan. Menceritakan tentang seseorang yang ingat dan rindu dengan kekasihnya saat lagu favoritnya tanpa sengaja terputar di radio. Menggambarkan romasa zaman dulu yang mana bertukar kabar, menyatakan rindu, dan punya hari khusus untuk berkencan. Namun sayangnya, ketika ingin mengunjungi si pacar, ternyata posisinya telah tergantikan orang lain. Patah hati tentu saja, sampai-sampai ketika lagu favorit pacar terputar di radio, ia menjadi sangat membenci lagu itu. Ada yang pernah seperti ini?

Sheila on 7 : Radio

https://www.youtube.com/embed/quP0JaTMVNs

Radio seringkali menjadi tempat mencurahkan keresahan dan harapan. Sama seperti lagu dengan judul Radio yang menceritakan tentang dua orang yang berjarak. Saling nggak mengetahui kabar, tapi berharap baik-baik saja. Salah satu dari mereka terus menyampaikan kerinduannya lewat radio. Berharap dia bisa mendengarkannya. Segala usaha dan doa dilakukan agar bisa menemukan hatinya. Menjadi hal yang nggak terbayangkan apabila yang mencari nggak bisa menemukan. Lagu dari Sheila on 7 ini bisa mewakili.

Lee So Ra ft Suga BTS : Song Request

https://www.youtube.com/embed/ij0SQZcqnPU

Merupakan lagu kolaborasi antara Lee So Ra, Suga BTS, dan Tablo Epik High. Bukan lagi rahasia kalau Suga pandai dalam menciptakan lirik lagu, sedangkan aransemen lagu ini dilakukan oleh Tablo. Lagu ini digambarkan ketika sedang sendirian, nggak bisa tidur, di luar hujan, lalu menyalakan radio. Tanpa sengaja kamu mendengar kisah yang hampir sama dengan kamu. Kamu pun merenung dan banyak sekali hal yang masuk dalam kepala. kemudian, kamu ingin penyiar radio memutar lagu yang menyenangkan, sehingga kamu dapat melupakan hal-hal buruk.

Beyonce : Radio

https://www.youtube.com/embed/gLK5qTGyktQ

Cerita tentang radio nggak selalu sendu. Bahkan kamu bisa menikmati waktu dengan lagu-lagu yang ada di radio sepanjang hari. Seperti lagu dari Beyonce ini, ketika dalam suasana hati yang baik, penyiar radio seolah tahu lagu-lagu favorit kita. Tanpa harus request pun mereka memutarkannya. Dan juga, nggak ada orang yang mengganggu. Yang terdekat pun paham kalau kita lagi menikmati suasana hati. Selain itu, mereka kalau satu hari itu menjadi hari yang baik.

Indeep : Last Night a DJ Saved Me

https://www.youtube.com/embed/GtfZbj4J71A

Lagu ini tergolong lama, namun liriknya mengandung arti yang sangat dalam. Menceritakan seseorang yang mempunyai kekuatan penuh setelah mendengarkan lagu dan program inspirasi dari radio. Ia bilang penyiar itu menyelamatkan hidupnya. Seperti yang kamu tahu kalau sebuah perjalanan nggak selalu mulus dan lurus. Terkadang ada hal-hal yang membuat ingin berhenti dan menyerah begitu saja. Tapi, kamu kembali semangat dan optimis setelah mendengar sesuatu yang positif tanpa sengaja di radio.

Regina Spektor : On My Radio

https://www.youtube.com/embed/tHAhnJbGy9M

Ada potongan yang menarik dan beberapa kali terjadi ketika mendengarkan lagu di radio. Satu lagu terputar dua kali. Pasti ada alasan kenapa hal itu terjadi, sebagai pendengar tentu bertanya-tanya. Namun, alasan sebenarnya hanyalah produser dan penyiar yang mengetahui. Lagu ini isinya positif. Ketika kamu mendengar sesuatu yang sama lebih dari sekali nikmati saja. Selain itu, dari lagu ini kamu akan menyadari kalau hal buruk akan pergi dan yang baik akan datang.

Lana Del Ray : Radio

https://www.youtube.com/embed/CFjqZpZZ5jI

Lagu ini bercerita tentang orang yang telah bangkit dari hal-hal buruk. Ia telah menemukan orang yang bisa membuatnya kembali bersemangat. Kemudian, ia mengutarakan perasaannya dengan memutar lagu di radio. Harapannya, seseorang yang membuat harinya baik itu mendengarkan dan tahu perasaannya yang sesungguhnya. Ini adalah potongan kenangan di radio yang nggak bisa terlupakan sebelum semua tergantikan oleh musik daring.

Tentu saja kamu punya lagu yang bagimu punya cerita personal. Ketika menyalakan radio dan tanpa sengaja lagu itu terputar memori dan kenangan seolah hadir kembali.

Baca Juga: 7 Judul Lagu Ini Terinspirasi dari Kota Jakarta