Sebelum teknologi seperti ini, radio menjadi salah satu media untuk mengakses informasi dan hiburan. Popularitas radio semakin meredup dengan adanya musik digital. Apalagi saat ini sedang populer aplikasi musik streaming. Pada kenyataannya, radio masih punya penggemar dan tidak akan mati. Kemudian timbul pertanyaan, mengapa radio hingga saat ini masih banyak pendengarnya? Simak alasannnya.

1. Radio telah menjadi bagian kegiatan

Ini Alasannya Kenapa Radio Jadi Favorit Meski Aplikasi Musik Streaming Lagi Trenunsplash.com/Eric Nopanen

Mendengarkan radio memang telah menjadi kebiasaan sejak lama. Gaya hidup seperti memaksa untuk hidup mandiri dan serba bisa, radio bisa menjadi hiburan. Saat bosan dengan daftar musik yang itu-itu saja, radio masih seru untuk didengarkan, apalagi saat mengendarai mobil dan jalanan sedang macet. Ritme hidup yang selalu tidak bersama dengan teman, saudara, dan keluarga bisa terhibur dengan cara komunikasi penyiar radio kepada pendengarnya. Banyak juga sesuatu infomatif dan menghibur yang disampaikan untuk pendengarnya.

2. Mudah dijangkau

Ini Alasannya Kenapa Radio Jadi Favorit Meski Aplikasi Musik Streaming Lagi Trenunsplash.com/Juja Han

Akses untuk mendengarkan radio sampai saat ini masih mudah untuk dijangkau dan dioperasikan. Mulai dari fisik hingga streaming. Lewat gawai pun juga bisa. Disaat semua terhubung dengan internet dan berlangganan, kamu masih bisa mendengarkan siaran radio gratis di kota kamu. Saat ini juga masih banyak radio-radio lokal maupun nasional yang memberikan siaran yang bagus dan tidak ketinggalan zaman. Jika memang terpaksa harus memanfaatkan internet agar bisa mendengarkan siaran radio, itu pun juga mudah sekali caranya.

3. Tidak banyak iklan seperti televisi

Ini Alasannya Kenapa Radio Jadi Favorit Meski Aplikasi Musik Streaming Lagi Trenunsplash.com/Liana Mikah
 

Iklan memang dibutuhkan agar pendengar tidak terlalu bosan dengan topik dari penyiar. Namun, kamu tidak perlu risau karena lagu yang tidak kunjung diputar. Iklannya pun dikemas dengan cara yang berbeda, kamu juga bisa tahu ada konser atau film baru apa yang akan dirilis. Atau bisa mengetahui promo apa yang sedang berlangsung hingga paket murah untuk akomodasi kalau kamu ingin staycation. Iklan yang dimunculkan pun dikemas secara singkat, tapi padat informasi. Biasanya, penyiar juga memberikan satu segmen khusus untuk iklan yang segera disiarkan.

Ada yang punya cita-cita sebagai penyiar radio?

BACA JUGA : Suka Nonton Serial? Ini Lho 7 Serial Televisi Terbaik Sepanjang Masa