50 Contoh Kalimat Fakta dan Opini yang Bisa Menambah Wawasan

Lengkap dengan pengertian dan ciri-ciri

50 Contoh Kalimat Fakta dan Opini yang Bisa Menambah Wawasan

Dalam membaca suatu informasi, kita kerap menemui kalimat fakta dan opini di dalamnya. Sebuah informasi bisa memuat informasi faktual, bahkan pendapat dari seseorang atau beberapa orang. 

Hadirnya kedua kalimat tersebut juga bisa memaksimalkan pengalaman dalam membaca sebuah informasi. Meskipun keduanya merupakan sebuah kalimat, tetapi kalimat fakta dan opini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. 

Supaya kamu bisa membedakannya, simak pengertian, ciri-ciri, dan contoh kalimat fakta dan opini berikut ini.

1. Apa itu kalimat fakta dan kalimat opini?

50 Contoh Kalimat Fakta dan Opini yang Bisa Menambah Wawasan

Melansir Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), fakta merupakan hal atau sesuatu yang merupakan kenyataan dan benar-benar ada atau terjadi. Karena didasari oleh kenyataan, kalimat fakta biasanya akan menjawab pertanyaan mengenai siapa, apa, berapa, kapan, dan di mana.

Kalimat fakta juga dapat dibagi menjadi dua, yakni fakta umum dan khusus. Fakta umum biasanya kalimat yang berisi fakta atau kenyataan yang bertahan lama atau sepanjang zaman. Kalimat yang memuat kebenaran dan hanya berlaku di beberapa waktu tertentu merupakan kalimat fakta khusus. 

Berbeda dengan fakta, opini dapat dipahami sebagai pendirian, pikiran, dan pendapat terhadap sesuatu. Secara umum, kalimat opini banyak menjawab pertanyaan seputar mengapa dan bagaimana. Opini bisa berupa opini individu yang berisi pendapat oleh satu orang tertentu atau umum yang memuat gagasan sekelompok orang.

2. Ciri-ciri kalimat fakta dan opini

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here

























© 2024 Popbela.com by IDN | All Rights Reserved

Follow Us :

© 2024 Popbela.com by IDN | All Rights Reserved