Jangan Asal Pilih, 5 Tips Memilih Rumah dalam Islam

Kenyamanan keluarga menjadi yang utama

Jangan Asal Pilih, 5 Tips Memilih Rumah dalam Islam

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Memiliki rumah sendiri menjadi keputusan besar yang harus kita ambil dalam hidup. Sebab, ini menjadi langkah awal kita untuk bisa hidup lebih mandiri dan disiplin.

Dalam Islam, saat memilih rumah ada beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan. Rumah dipilih bukan hanya berdasarkan lokasi, desain dan ukuran. Tapi, juga pilih lingkungan yang baik, sebab ada adab bertetangga yang harus selalu kita lakukan.

Berikut ini beberapa tips memilih rumah berdasarkan hukum Islam. Simak dan perhatikan bersama, yuk!

1. Lihat sekeliling, dengan siapa kita bertetangga

Pada hakikatnya, rumah adalah tempat kita beristirahat setelah melalui hari panjang yang melelahkan. Kita membutuhkan suasana tenang di rumah agar dapat beristirahat dengan nyaman. Namun, jika lingkungan tempat tinggal kita malah berisik, tentu kita tidak dapat beristirahat dengan tenang, bukan?

Dalam Alquran, rumah digambarkan dalam dua kata, yakni bait yang memiliki makna tempat tinggal, serta yang kedua adalah sakan, yang berarti tempat ketenangan. Tentunya, kita ingin dua penggambaran ini dapat kita rasakan di rumah.

Maka dari itu, supaya kita bisa merasakan ketenangan di rumah, pilihlah lokasi rumah sebelum membeli atau menyewanya. Perhatikan ke sekeliling dengan siapa kita bertetangga nantinya. Jika lingkungan rumah yang akan kita beli tersebut terlalu bising, ada baiknya untuk mempertimbangkan lokasi lain yang lebih tenang.

2. Ukuran bukan jadi masalah, asalkan kebutuhan ruangan terpenuhi

Dalam Islam, ukuran rumah bukan masalah yang besar saat memilih rumah. Ukuran berapa pun tidak menjadi masalah asalkan kebutuhan ruangan para anggota keluarganya tercukupi dengan baik.

Misalnya, rumah harus memiliki ruang tamu atau lobi. Sehingga, jika ada seseorang datang berkunjung, mereka tidak akan melihat aktivitas pribadi anggota keluarga di rumah.

Selain itu, kebutuhan ruangan yang harus ada dalam memilih rumah adalah ruangan untuk beribadah, ruangan untuk membersihkan diri, serta ruangan untuk beristirahat.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here