Semenjak pandemi COVID-19 melanda dunia, kegiatan semua orang berubah dan terpusat di rumah. Terbatasnya ruang gerak di luar rumah, membuat kita harus memaksimalkan fungsi rumah agar semua kegiatan berjalan optimal.

Maka dari itu, tak sedikit dari kita yang mulai mengatur ulang rumah menjadi lebih nyaman dengan fungsional yang lebih maksimal agar betah di rumah. 

Berikut ada beberapa tips desain rumah yang muncul karena pandemi dengan desain yang lebih sehat dan hijau. Apa saja modelnya? Simak berikut ini.

1. Area terbuka pada hunian menjadi bagian yang penting

5 Tips Desain Rumah yang Muncul Karena Pandemi, Lebih Hijau dan SehatUnsplash.com/Spacejoy

Semenjak pandemi, kesehatan dan kebersihan rumah menjadi nomor satu. Kita sebisa mungkin mengusahakan udara yang bersih dapat masuk ke dalam rumah agar perputaran udara kotor selalu lancar. Oleh karena itu, rumah dibuat terbuka agar sirkulasi udara menjadi lancar dan sinar matahari dapat masuk secara optimal.

Agar rumah bisa lebih terasa sejuk dan segar, tanaman-tanaman dalam pot juga diletakan di sudut-sudut rumah. Bukan hanya sebagai penghias ruangan, tanaman tersebut juga berfungsi membersihkan udara dan menyaring virus, debu, serta racun.

2. Sanitasi menjadi perhatian khusus

5 Tips Desain Rumah yang Muncul Karena Pandemi, Lebih Hijau dan SehatUnsplash.com/Sidekix Media

Kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan meningkat cukup drastis di masa pandemi ini. Kita jadi terbiasa untuk lebih sering cuci tangan dan mencuci pakaian yang kotor setelah beraktivitas di luar. Karena itu, ruang sanitasi menjadi perhatian khusus semenjak pandemi.

Untuk mendukung kegiatan sanitasimu dan memastikan semua barang dan tubuh bersih dari virus, pilih perabotan yang mudah dibersihkan. Misalnya, mengganti keran dengan yang berbahan stainless steel agar mudah dicuci.

3. Kualitas udara di rumah tak bisa dianggap remeh

5 Tips Desain Rumah yang Muncul Karena Pandemi, Lebih Hijau dan SehatUnsplash.com/Raychan

Seperti kita tahu, virus COVID-19 dapat menular dengan cepat melalui udara. Maka dari itu, pastikan udara di dalam ruangan selalu berganti untuk meminimalkan berkembang biaknya virus. 

Kualitas udara menjadi hal yang tak bisa dianggap remeh. Sebab, hanya dari udara, beragam penyakit dapat menyebar dengan mudah. Air conditioner, hingga air purifier menjadi primadona di masa pandemi ini. Dengan gawai tersebut, kita akan dengan mudah membersihkan udara dalam ruangan tanpa effort berlebih.

4. Dapur menjadi ruang favorit saat pandemi

5 Tips Desain Rumah yang Muncul Karena Pandemi, Lebih Hijau dan SehatUnsplash.com/Becca Tapert

Dapur menjadi area penting dalam rumah ketika pandemi. Semua kegiatan, bisa jadi berpusat di dapur. Mulai dari memasak, makan bersama keluarga, hingga menjadi area WFH yang cukup nyaman.

Oleh karena itu, pemilihan perabotan untuk dapur bukan lagi berfokus pada estetika saja. Tapi, juga perhatikan fungsinya, mengingat banyak kegiatan yang bisa kita lakukan di ruangan tersebut.

5. Ruang kerja khusus

5 Tips Desain Rumah yang Muncul Karena Pandemi, Lebih Hijau dan SehatUnsplash.com/Spacejoy

Work from home atau bekerja dari rumah menjadi cara baru bekerja selama pandemi. Banyaknya Zoom meeting yang wajib kita hadiri menuntut kita untuk memiliki ruang kerja khusus agar kegiatan tersebut tidak terganggu. 

Semenjak pandemi, desain ruang kerja di rumah juga menjadi perhatian khusus. Tak perlu luas, asalkan bisa meletakan meja dan kursi untuk bekerja secara nyaman, ruang kerja tersebut bisa mengakomodir kebutuhan profesional kita.

Itulah tadi tips desain yang muncul karena pandemi. Apakah kamu sudah menerapkan salah satunya?

Baca Juga:  7 Ide Desain Ruang Kerja di Rumah, dari Ahli Feng Shui

Baca Juga: Inilah 9 Cara Mendekorasi Kamar Tidur yang Sempit Agar Terasa Luas

Baca Juga: Memberikan Kesan Luas, Ini 5 Desain Rumah Open Plan yang Kekinian