Cara Mengirim Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal

Bisa kamu lakukan setiap selepas salat

Cara Mengirim Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Ketika seseorang meninggal dunia, maka selesai sudah urusan mereka di dunia. Mereka hanya bisa menunggu di alam kubur sampai hari kiamat tiba. 

Namun, meski raga sudah tidak dapat lagi dijumpai, kita tetap bisa mendoakan mereka dari jauh. Doa yang dikirimkan oleh orang terdekat ini dapat memberikan ketenangan bagi mereka yang sudah meninggal dunia.

Lalu, bagaimana caranya mengirimkan doa untuk mereka yang sudah meninggal? Berikut penjelasannya.

Sebut nama orang yang akan didoakan

Cara untuk mendoakan orang yang sudah meninggal dunia adalah dengan menyebut namanya. Hal ini pernah disebutkan oleh Imam Nawawi dalam Al-Majmu’ yang artinya adalah sebagai berikut:

“Pendapat pilihan kami adalah sampainya pahala bacaannya, jika seseorang meminta kepada Allah untuk menyampaikan pahalanya.”

Pendapat tersebut kemudian diperkuat oleh Ibnu Sholah yang artinya sebagai berikut:

“Dan hendaknya ia memperjelas dengan doanya itu, kalau ia untuk si Fulan.”

Akan lebih baik apabila bukan hanya menyebut nama orang yang akan didoakan. Tapi, sebutkan pula nama ayah dari orang yang akan kita kirimkan doa tersebut. Misalnya, Fulan bin Fulan (untuk laki-laki) dan Fulanah binti Fulan (untuk perempuan).

1. Mengirimkan doa untuk ayah

Ketika seseorang meninggal dunia, maka putuslah segala urusannya di dunia kecuali tiga perkara, yakni ilmu yang bermanfaat, amal jariyah dan doa anak soleh untuknya. Maka dari itu, ketika ayah kita meninggal dunia, hendaklah kita rutin mengirimkan doa selepas doa. Cara mengirimkan doa untuk ayah adalah dengan membaca bacaan berikut ini:

"Khushuushon ilaa ruuhi abii ... (sebut nama ayah kita) bin ... (sebut nama ayahnya). Allahumaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu, lahul faatihah."

Artinya: "Terkhusus untuk ruhnya ayahku ... (sebut nama ayah kita) putranya ... (sebut nama ayahnya). Ya Allah ampunilah dia, kasihilah dia, selamatkanlah dia, dan maafkanlah dia, untuknya Al-Fatihah." 

Dilanjutkan dengan membaca Surat Al-Fatihah.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here