Menginjak usia 20-an, banyak hal yang ingin kamu lakukan. Salah satunya adalah menjelajah ke lokasi-lokasi baru, alias traveling. Sebelum menikah dan disibukkan dengan rutinitas lainnya, traveling menjadi salah satu impian yang ingin dilakukan oleh wanita.

Berikut ini, ada 10 jenis traveling yang harus kamu lakukan sebelum menginjak usia 40 tahun, apa saja ya?

1. Berkemah

12 Liburan yang Musti Perempuan Lakukan Sebelum Usia 40 Tahunzaarvel.com

Setidaknya seumur hidup cobalah untuk kamu melakukan traveling dengan cara berkemah. Berkemah di alam bebas dengan tidur di dalam kantong tidur tentunya sangat mengasyikan. Dan di usia 40 tahun nanti mungkin akan sulit melakukannya karena kamu akan kesulitan mengatur waktu, serta kondisi tubuh yang sedikit rawan. Tidak perlu jauh-jauh, kamu bisa mulai melakukan kemah di lokasi yang dekat dengan rumah, seperti daerah Puncak atau Bandung.

2. Roadtrip

12 Liburan yang Musti Perempuan Lakukan Sebelum Usia 40 Tahunwallpaperup.com

Siapkan mobil dan berjalan-jalanlah. Kamu bisa pergi dulu ke lokasi yang masih mudah dijangkau dalam waktu satu hingga dua jam. Tidak perlu diforsir, kamu bisa menargetkan perjalanan selama satu jam, kemudian beristirahat selama tiga puluh menit untuk meregangkan tubuh dan mendinginkan mesin mobil.

3. Keluar negeri sendirian

12 Liburan yang Musti Perempuan Lakukan Sebelum Usia 40 Tahuntravelfashiongirl.com

Selain membuat dirimu lebih berani, menjelajah negeri yang asing dapat meningkatkan kemampuan berbahasamu. Tidak perlu yang jauh, kamu bisa memilih negara tujuan tanpa visa, sehingga nggak menguras dompetmu.

4. Girls day out

12 Liburan yang Musti Perempuan Lakukan Sebelum Usia 40 Tahunpinterest.com

Kemanapun itu sekali seumur hidup sebelum usia 40 tahun lakukan perjalanan bersama teman-teman wanitamu. Tidak perlu pergi keluar negeri atau keluar kota, siapkan weekend-mu untuk staycation di hotel terdekat juga sudah cukup kok, Bela. Kamu bisa menghabiskan malam bersama dengan bergosip, maraton film, atau bermain truth or dare.

5. Liburan dengan urangtua

12 Liburan yang Musti Perempuan Lakukan Sebelum Usia 40 Tahunwww.huffingtonpost.com

Jika semasa kecil kita sudah berjalan-jalan bersama keluarga mengapa tidak lakukan itu saat dewasa? Ajak orangtuamu mengunjungi tempat favoritnya dan foto bersama di sana. Anggap saja apa yang kamu lakukan ini sebagai penebus 'dosa' karena kamu sudah terlalu sibuk dengan pekerjaanmu yang padat.

6. Liburan romantis

12 Liburan yang Musti Perempuan Lakukan Sebelum Usia 40 Tahuntravelinsurance4all.com

Sesekali perlu untuk jalani liburan romantis berdua pasanganmu. Selain sebagai quality time bersamanya, kamu dan dia juga menjadi lebih saling mengenal satu sama lain kan?

7. Backpacking

12 Liburan yang Musti Perempuan Lakukan Sebelum Usia 40 Tahunstackliving.com

Nggak ada yang akan melarangmu melakukan ini dan itu ketika sendirian. Nikmatilah saat-saat kamu bisa memanjakan dirimu sendiri tanpa gangguan orang lain. Kamu bisa berjalan kemana pun yang kamu mau tanpa mengandalkan peta. Biarkan kamu tersesat dan mengikuti kakimu melangkah tanpa takut bertemu dengan orang baru.

8. Liburan mewah

12 Liburan yang Musti Perempuan Lakukan Sebelum Usia 40 Tahunpinterest.com

Ambil tabunganmu dan sesekali rasakan nikmatnya liburan jauh dengan kapal pesiar mungkin dan rasakan nikmatnya hidup ini sekali seumur hidup. Anggap saja hal ini adalah penghargaan untuk dirimu sendiri karena telah bekerja keras.

9. Perjalanan dengan kaki telanjang

12 Liburan yang Musti Perempuan Lakukan Sebelum Usia 40 Tahunwww.hivino.travel

Pergi backpacking tinggal di hostel. Makan di warung pinggir jalan. Dan pergi beberapa hari tanpa mandi tentunya sesuatu yang menantang dan menarik untuk dilakukan. Sesekali kamu dapat membuka alas kaki dan merasakan kasarnya pasir pantai serta ombak. Tentu hal yang satu ini pasti dapat melepas stresmu, Bela.

10. Liburan ke tempat bersejarah tua

12 Liburan yang Musti Perempuan Lakukan Sebelum Usia 40 Tahunroamingrobinsons.com

Mungkin sebuah trip untuk merasakan hal-hal indah yang terjadi dahulu lewat sejarahnya seperti piramida, stonehenge bisa jadi satu pilihan juga untuk kamu lakukan di masa mudamu. Tapi, untuk kamu yang nggak punya jatah cuti yang banyak, kamu bisa mengunjungi Pantai Air Manis di Sumatera Barat untuk melihat sejarah Malin Kundang atau Gunung Tangkuban Parahu untuk menyaksikan peninggalan Sangkuriang.

11. Liburan ekstrem

12 Liburan yang Musti Perempuan Lakukan Sebelum Usia 40 Tahuncoastalskydive.com.au

Seperti bungee jumping, sky diving atau pergi ke negara dimana tidak ada yang bisa berbahasa Inggris. Lakukan  hal-hal ekstrem tersebut untuk membuktikan kepada diri sendiri bahwa kamu bisa menaklukannya.

12. Pulang ke kampung halaman

12 Liburan yang Musti Perempuan Lakukan Sebelum Usia 40 Tahunbkpk.me

Perjalanan ke tempat asal nenek moyangmu tentunya akan membuatmu merasa dekat dan ada ikatan emosional tersendiri. Ajak keluargamu berdiskusi untuk memberitahukanmu sedikit banyak tentang informasi tentang leluhurmu dan kunjungi bersama keluarga besar.

Bagaimana Bela, siap berlibur dengan cara yang nggak biasa?

 

BACA JUGA: Destinasi Liburan Akhir Tahun yang Populer di Kalangan Selebritas​