Bela, kalian tahu kan kalau hari ini kita memperingati Hari Gizi dan Makanan Nasional? Yap, jangan sepelekan hari yang bernilai ini ya. Karena gizi memang sangatlah penting dalam kehidupan kita, Bela. Beruntunglah kita di hari ini bisa menikmati hidangan nikmat nan bergizi Bela. Karena jika diingat, kita jauh lebih beruntung dibanding negara yang terjangkit malnutrisi tertinggi di dunia berikut ini Bela.

1. Ethiopia

Mengeluh Karena Makananmu Tak Enak? Berkacalah Kepada Negara yang Terjangkit Malnutrisi IniPhoto credit: UNICEF/ Bindra

Seperti yang telah dilansir Mediaindonesia.com pada awal tahun 2016, di Ethiopia, jumlah orang kelaparan dan butuh makanan diprediksi meningkat dari 10 juta menjadi 18 juta. UNICEF pun ikut turun tangan untuk membantu anak-anak yang terjangkit maltrunisi akibat fenomena cuaca El Nino.

2.  Burundi     

Mengeluh Karena Makananmu Tak Enak? Berkacalah Kepada Negara yang Terjangkit Malnutrisi Iniwww.rescue.org

Negara tanpa laut di daerah Danau Besar di tengah benua Afrika ini salah satu negara yang terjangki malnutrisi tertinggi karena kurangnya pasokan makanan yang disebabkan cuaca buruk yang mengurangi kualitas panen, sehingga warga Burundi mengalami kekurangan gizi kronis. 

3. Rwanda

Mengeluh Karena Makananmu Tak Enak? Berkacalah Kepada Negara yang Terjangkit Malnutrisi Iniwww.nationalgeographic.com

50 % dari anak-anak Rwanda sempat mengalami kekurangan gizi kronis karena kemiskinan. Faktor lainnya disebabkan oleh erosi tanah yang tinggi dan penggundulan tanah yang mengurangi hasil pendapatan penduduk. Namun UNICEF mengonfirmasi keadaan Rwanda mulai membaik, pemerintahnya pun sudah berhasil mengurangi angka kematian bayi.

Bela, ingatlah mereka ketika kita sering mengeluh dengan makanan yang tersaji di depan kita. Mereka yang harus mencari makan seorang diri jauh lebih bersyukur dibanding kita yang sering menyia-nyiakan makanan.

 

BACA JUGA: Kenali 7 Tanda Tubuh Kamu Kekurangan Gizi