Sudah tahu kan kalau BTS memang lagi tur konser ‘Love Yourself’ di Inggris? Ya, selain disambut banyak fansnya, BTS juga diwawancarai berbagai media lokal di sana, Bela. Tetapi ada yang tak biasa, sebab para fans BTS sangat marah terhadap penulisan satu media lokal di Inggris. Sebabnya kenapa?

Kemarahan fans BTS disebabkan oleh berita yang juga telah diterbitkan majalah hingga koran seperti The Times yang membahas konser BTS ‘Love Yourself’. Pada artikel tersebut, fans BTS menyimpulkan kalau tulisan wartawan cukup tendensius dan menyudutkan salah satu anggota BTS, RM alias Rap Monster yang tak terlalu lancar berbahasa Inggris.

Idolanya Dikritik Jurnalis Inggris, Fans BTS Marah! independent.co.uk

“RM learned English from the show 'Friends', and commented, "[RM] does indeed speak with impregnable confidence and faultless intonation, although (despite the claim of my fan guide that he has an IQ of 148) his occasionally baffling syntax gives the impression that he is channelling Joey rather than Chandler," tulis wartawan asal Inggris yang menuai protes para fans BTS.

Idolanya Dikritik Jurnalis Inggris, Fans BTS Marah! standard.co.uk

Tetapi dari sekian banyak yang tak terima dengan tulisan tersebut, ada satu fans yang memberi pernyataan dan perspektif lebih positif. Justru menurut pemilik akun JohannaKi, sang wartawan sama sekali tidak menghina RM. “Poin artikel ini sama sekali nggak negatif, dan menurutku tulisannya tidak mengarah ke penghinaan. Tapi, ada bagian positifnya, karena isi tulisannya sesuai hasil penelitian mereka. Lagipula nggak semua artikel harus ditulis dari sudut pandang para fans saja," tulis JohannaKi.