Selama ini Bela merasa nggak sih, standar kecantikan yang selama ini beredar di masyarakat itu bisa bikin kamu jadi insecure. Padahal daripada insecure mending bersyukur dengan fisik yang kamu punya saat ini. Don’t worry, setiap manusia memang punya fisik yang berbeda-beda.

Mulai saat ini, Bela bisa kok lupakan beauty standard yang ada dan lakukan hal yang sebaliknya. Ingat Bela, nggak semua cewek harus mengikuti standar kecantikan seperti bahasan berikut ini ya!

1. Lupakan rambut hitam dan panjang

Cintai Diri Sendiri, Berani Dobrak 5 Beauty Standard Ini  YouTube/Luna Maya

Masih banyak orang yang menganggap punya rambut hitam dan panjang itu dibilang perfect dan cantik. Tapi, hal itu nggak ada artinya kalau di dalam dirimu masih sering merasa insecure dan nggak happy. Nah, Bela harus mulai bisa nih mengutamakan kebahagiaan diri sendiri dan selalu lakukan hal-hal yang bikin kamu nyaman.

Seperti yang dilakukan Ayu Gani, pemenang Asia’s Next Top Model Cycle 3. Gani sering merasa insecure dengan rambut panjangnya yang sering rontok. Lalu, ia memberanikan diri untuk memotong rambutnya. Dalam video interview di channel YouTube Pantene, Gani mengatakan “Aku jauh lebih bahagia, aku jauh lebih mencintai diri aku sendiri,” ungkapnya.

Baca Juga: Rambut Pendek Jadi Tren, Biasanya Identik dengan 5 Karakter Ini 

https://www.youtube.com/embed/KX9lx0cytt4

Selain itu dalam interview bersama dengan Luna Maya, Gani juga mengungkapkan bahwa perempuan punya kesempatan yang sama, apapun itu pilihan rambutnya, mau panjang atau pendek. Kamu nggak perlu lagi mengorbankan rasa nyaman untuk mengikuti beauty standard yang ada. Nah, tak hanya Ayu Gani saja yang bakal support kamu, Pantene juga memberikan semangat lebih banyak perempuan untuk melampaui batasan #RambutTanpaBatas.

2. Lupakan warna kulit yang putih atau kuning langsat

Cintai Diri Sendiri, Berani Dobrak 5 Beauty Standard Ini  Shutterstock/puhhha

Punya skin tone sawo matang itu bukan hal yang patut kamu khawatirkan lho, Bela. Wajar kok, apalagi mengingat kita hidup di Indonesia yang memiliki iklim tropis. Tapi entah berawal dari mana, ada yang mengatakan bahwa standar kecantikan terutama di benua Asia adalah punya kulit putih atau kuning langsat. 

Tenang Bela, kamu nggak perlu worry soal itu! Hal yang perlu kamu lakukan sekarang, menerima apa adanya skin tone yang kamu punya, rawat dengan baik, and be more confident! Lagipula, kulit sawo matang itu eksotis kok dan banyak orang yang mengakui itu.

3. Lupakan badan langsing dan ideal

Cintai Diri Sendiri, Berani Dobrak 5 Beauty Standard Ini  Shutterstock/Ranta Images

Cewek dengan bentuk tubuh langsing punya berat badan ideal, termasuk standar kecantikan juga nih, Bela. Tak ternyata ini nggak hanya berlaku di Asia, tapi hampir di seluruh belahan dunia. Kenapa bisa begitu ya? Jangan percaya dengan mitos beauty standard yang satu ini ya!

Padahal punya tubuh gemuk, curvy, kurus dengan bentuk tubuh apel, pir, kotak, jam pasir semua itu nggak jadi masalah lho. Hal yang terpenting kamu bisa menjaga kesehatan tubuh dan love yourself!

4. Lupakan tinggi badan minimal 160 cm

Cintai Diri Sendiri, Berani Dobrak 5 Beauty Standard Ini  Shutterstock/kei907

Kali ini, beauty standard dengan tinggi badan minimal 160 cm pasti sering banget bikin kamu insecure. Bahkan untuk beberapa profesi, tinggi badan juga dijadikan kriteria. Benar begitu ‘kan?

Jujur ini bikin khawatir ya. Tapi Bela nggak perlu takut kok, selagi kamu punya berbagai skill dan attitude yang baik. Percaya diri adalah kunci, dan ingat Bela, kecantikan itu nggak melulu soal fisik ya!

5. Lupakan wajah good looking

Cintai Diri Sendiri, Berani Dobrak 5 Beauty Standard Ini  Shutterstock/Mix and Match Studio

Setiap orang pasti punya pendapat yang berbeda-beda soal kecantikan. Ada yang menganggap wajah cantik itu punya mata yang besar, alis tebal, hidung mancung dan sebagainya. Padahal nggak semua orang beranggapan seperti itu. Wajah yang kita punya itu merupakan aset yang berharga dan wajib dirawat Bela. Selalu bersyukur dengan apa yang kita punya sekarang ya!

Cintai Diri Sendiri, Berani Dobrak 5 Beauty Standard Ini  YouTube/Luna Maya

Kalau Bela sudah bisa melupakan kelima beauty standard di atas itu artinya kamu sudah bisa mencintai diri sendiri dengan apa adanya. Sehingga kalian tidak perlu mengorbankan rasa nyaman untuk mengikuti beauty standard. Congrats! (WEB)

Baca Juga: 4 Definisi Tampil Maksimal di Mata Cewek