Mengakhiri bulan Februari, banyak sekali musisi yang menelurkan single-single terbaru, yang memiliki vibe semangat, optimisme, atau rasa syukur terhadap sesuatu. Jika tahun lalu kamu merasa lagu-lagu yang digelontorkan bersifat introspeksi, mengingat kondisi pandemi yang baru melanda, maka tahun 2021 menjadi garis start untuk mencoba dan berusaha lagi.

Namun, setiap kali kamu memerlukan semangat, tentu ada waktunya rehat. Kala istirahat tersebut, maka Popbela rekomendasikan menyelipkan tiga lagu baru ini, untuk kamu nikmati di sela hujan, sore yang cerah atau saat bersantai di rumah. 

Rendy Pandugo, Faye Risakotta dan Basboi, siap menemanimu, Bela.

Rendy Pandugo - "Far"

Popbela's Weekend Playlist: Santai Bersama Rendy, Faye dan BasboiWonderland Records & Universal Music Indonesia

Ditulis dan diproduksi oleh Rendy Pandugo dan Teddy Adhitya, “Far” rilis pada 25 Februari lalu. Berbeda dengan pop ballad biasanya yang membuat Rendy mendapat julukan 'John Mayer Indonesia', kali ini lelaki 35 tahun tersebut bereksplorasi dengan memasukkan unsur instrumen musik yang sebelumnya belum pernah ia pakai. 

Tetap berada di jalur pop, namun "Far" terasa lebih menantang namun sekaligus lembut dengan sentuhan blues dan folk yang tersisip tipis. 

“Far” menceritakan tentang cinta terlarang yang seharusnya tidak pernah ada sedari awal. Namun setiap pasangan ini bertemu, kecocokan yang memacu adrenalin tetap membuat mereka melanjutkan hubungan tersebut, walaupun mereka tahu hubungan ini tidak akan kemana - mana. Siap untuk menyimaknya?

https://www.youtube.com/embed/gdlwHSi6Ymw

Faye Risakotta - "Like it was Yesterday"

Popbela's Weekend Playlist: Santai Bersama Rendy, Faye dan Basboidominionrecs.com

Mungkin usianya masih belia, 18 tahun, tapi kamu akan terkejut dengan suara Faye yang sangat matang dan cukup berat. Berbeda ketika ia berbicara biasa. Ia mendengarkan Adele, Amy Winehouse, hingga Coldplay sebagai inspirasinya dalam menulis lagu.

Tahun 2021 pun menjadi tahun perilisan single keenamnya, sejak single pertamanya pada tahun 2016 berjudul "If You See Me Cry" bersama dengan EP Natal. Single sebelumnya, "Spinnin" yang rilis pada 2020 lalu, menandai EP yang dijadwalkan akan rilis pada tahun 2021.

Faye menulis lagu ini sebagai penanda kenangan yang dia miliki, tentang seorang teman baik yang tidak lagi berhubungan dengannya. Hal itu mengingatkannya pada berapa banyak waktu telah berlalu.

Kamu ingin bernostalgia? Dengarkan bersama, yuk!

https://www.youtube.com/embed/B8kW-hbQMCk

Basboi - "Come Over (I'm In Tresno)"

Bingung dengan judulnya? Jangan khawatir, Popbela juga sempat bingung dengan judul, lirik sampai klipnya! "Smoother dari pudding Gyukaku, if u jadi anime, aku jadi otaku"  adalah penggalan dari lirik "Come Over" yang baru rilis pada 8 Februari lalu. Dengan gaya video musik a la visual karaoke tahun 90-an, rasanya memang nggak nyambung dengan lagunya. Namun, kalau kamu menyimak liriknya, then you'll get it. This is for fun!

Tapi ternyata memang itulah ciri khas Basboi. Lewat penulisan lirik bilingual—dengan  tambahan ungkapan Jawa "Tresno Karo Kowe", Basboi kembali memperkuat identitasnya sebagai rapper berbeda, meski tetap bermusik dengan aransemen hip-hop barat. 

Identik dengan lirik dan warna musik yang catchy dan fun untuk genre hip-hop dan R&B, lelaki yang memulai kariernya di Bandung tersebut, bahkan kembali terpilih sebagai satu-satunya perwakilan Indonesia di Converse X Global Moment kedua di Los Angeles, Amerika Serikat, pada November 2019 lalu. Di sana, Basboi tampil bersama musisi dari kolektif Odd Future, seperti Dominic Fike dan Jasper. 

Kalau lagi butuh asupan lagu riang dan lucu, langsung simak di bawah ini, Bela.

https://www.youtube.com/embed/lAueZF6UA8s

Bagaimana menurut kamu hasil kurasi untuk Popbela's Weekend Playlist minggu ini?

Baca Juga: Rendy Pandugo Mengaku Sebal Dibilang Mirip John Mayer!

Baca Juga: Berkenalan Dengan Faye Risakotta, Penyanyi Old Soul yang Muda Belia

Baca Juga: Popbela's Weekend Playlist: Dari Pop Hingga Afrobeat!