Nama Tara Basro kembali mencuat, saat ia mengunggah foto dirinya dengan caption yang mengajak orang untuk mensyukuri dan mencintai fisik diri sendiri. Jika banyak yang menganggapnya kontroversial, namun tidak sedikit pula yang memuji unggahan itu. Bahkan, banyak yang mengirim instastory ke akun aktris bernama asli Andi Mutiara Pertiwi Basro tersebut, untuk berterima kasih sudah mengajak menyayangi bentuk tubuh sendiri dan menghargainya.

Di dunia akting, Tara Basro juga tidak kalah menonjol. Perannya sebagai Putri di film Catatan (Harian) Si Boy yang sebenarnya tidak mendapat banyak screen time, malah ia justru menjadi scene stealer yang membuat Tara dilirik sutradara lain—termasuk Joko Anwar.

Kamu sendiri sudah pernah nonton film-film yang dibintangi oleh Tara, belum? Kalau ada yang belum, coba simak 5 film yang dibintangi Tara Basro secara maksimal dan hampir sempurna, hasil kurasi editor Popbela. Because there are more than meets the eye.

1. Catatan (Harian) Si Boy (2011)

https://www.youtube.com/embed/OyGpRdUxgkA

Nama Putrama Tuta sebagai sutradara, mendadak melejit setelah ia berhasil mengeksekusi film serial regenerasi ikonik dari era 80an, Catatan Si Boy. Tidak hanya itu, ikut terseret juga di radar industri film, nama Ario Bayu, kembalinya Abimana Aryasatya, hingga Tara Basro. Terus terang, Abimana dan Tara justru menjadi scene stealer di film ini, meskipun mereka hanya mendapat porsi peran pembantu. Kamu sih, wajib nonton, ya!

2. Pendekar Tongkat Emas (2014)

https://www.youtube.com/embed/f81HJASsf7E

Nama-nama beken seperti Nicholas Saputra, Eva Celia, Reza Rahadian, hingga Christine Hakim, tidak membenamkan aksi Tara Basro sebagai Gerhana. Ia tahu bagaimana memosisikan karakternya sebagai pendekar badass yang mencuri perhatian penonton. Mungkin memang mengikuti arahan Ifa Isfansyah selaku sutradara, atau hal itu sudah dasarnya talenta Tara saja.

3. A Copy of My Mind (2015)

https://www.youtube.com/embed/wBUB0h5a3Iw

Joko Anwar sepertinya paling tahu bagaimana mengeksplorasi kemampuan berakting Tara Basro. Hal ini ia buktikan lewat film drama A Copy of My Mind. Latar belakang karakter yang unik dari Sari (Tara Basro) sebagai pegawai salon, dan Alek (Chicco Jerikho) sebagai penulis subtitle untuk DVD bajakan, sudah menjadi daya tarik. Apalagi, adu akting mereka berdua yang mampu menggiring emosi penonton. Buktikan saja sendiri!

4. Ini Kisah Tiga Dara (2016)

https://www.youtube.com/embed/BXUDHVTMm1Q

Film musikal besutan Nia Dinata dan Lucky Kuswandi ini, memberikan tantangan yang berbeda lagi bagi Tara basro, untuk melatih kemerduan vokalnya. Tentu saja film ini terinspirasi dari film ‘senior’nya, Tiga Dara (1957) karya Usmar Ismail. Kalau kamu butuh tontonan yang ringan dan memikat, bisa coba saksikan film ini di akhir pekan.

5. Pengabdi Setan (2017)

https://www.youtube.com/embed/0hSptYxWB3E

Lagi-lagi Joko Anwar menggandeng Tara Basro, sebagai pemeran utama di film horornya yang menjadi buah bibir di tahun 2017. Tentu saja, lakon Tara sebagai Rini benar-benar membius penonton untuk tidak beranjak dari kursi dan menatap layar. Apalagi, adegan saat Rini menunaikan shalat di malam hari. No, Thanks!

Sebenarnya masih ada film lain—bahkan indie—yang Tara Basro perankan lho, Bela. Tapi dari kelima pilihan kami, mana yang belum kamu tonton?

Baca Juga: #IAMREAL: Tara Basro dan Perjuangan Panjang Mencintai Diri Sendiri