Berinvestasi rasanya menjadi pilihan sekunder bagi stabilitas tata kelola keuanganmu, jika dilakukan di masa pandemi ini. Ketidak pastian akan masa depan, membuatmu bingung, harus berinvestasi atau menabung saja? Namun, salah satu hal yang pasti adalah membeli emas sebagai tabungan untuk masa depan, ketika harganya sedang bagus, Bela!

Nah, mengutip dari situs Pegadaian, harga emas di tanggal 21 Juni 2020 adalah Rp916 ribu per gramnya. Sedangkan di bulan Juni 2019, harga emas berada di Rp707 ribu per gramnya.

Hal tersebut berarti dalam jangka waktu setahun, harga emas mengalami kenaikan Rp209 ribu per satu gram. Peningkatan yang cukup baik, bukan? Bayangkan jika kamu bisa menyicil membeli emas setahun sebanyak 2 hingga 10 gram saja, kemudian kamu jual 10 atau 15 tahun kemudian. Nilainya bisa fantastis!

Lalu bagaimana cara membelinya? Bisa di toko emas atau harus ke Antam?

Beli dari ANTAM atau Pegadaian sebagai tempat paling aman dan terjamin

Mau Mulai Beli Emas di Antam? Ini Cara Mudahnyaidntimes.com

Berdasarkan penjelasan di situs resmi Antam (logammulia.com), emas batangan AntamLM terjamin keaslian dan kemurniannya dengan sertifikat LBMA (London Bullion Market Association). Kamu bisa miliki emas batangan ANTAM LM mulai dari pecahan 0.5 gram sampai dengan pecahan 1000 gram.

Jika sudah memilih berapa gram logam mulia yang mau kamu beli, jangan lupa hubungi dahulu kantor Antam untuk memastikan apakah barang masih tersedia.

Kalau kamu tertarik membeli emas di Antam secara tunai, kamu bisa langsung mendatangi seluruh outlet Butik Emas Antam dengan persyaratan melampirkan identitas diri. Namun, cara mudah lainnya adalah membeli langsung secara daring di situs resmi. Bisa, lho! 

Beli emas langsung di Antam

Mau Mulai Beli Emas di Antam? Ini Cara Mudahnyaidntimes.com

Melansir dari lifepal.co.id, ketika kamu hendak membeli emas langsung di kantor Antam, berikut ini hal yang perlu kamu persiapkan dan proses apa yang akan kamu lalui:

  • Ketika masuk ke kantor Antam, katakan pada petugas keamanan jika kamu ingin membeli emas batangan. Petugas akan sangat membantu kamu, mulai dari mengambil nomor antrean hingga masuk ke dalam ruang tunggu
  • Siapkan dokumen seperti KTP dan NPWP. Hal ini nantinya untuk mendapatkan faktur yang berisi data diri kamu, serta jumlah emas batangan yang menandakan kamu sudah berhasil membeli emas dan terdaftar di Antam
  • Setelah selesai melakukan transaksi, kamu akan dialihkan ke ruangan loket untuk penyerahan emas. Ruangan yang tertutup, memberikan rasa aman karena ada pembatas kaca antara pembeli dengan pihak Antam.
  • Transaksi selesai, emas batangan sudah bisa kamu bawa pulang, Bela. Mudah sekali, bukan?

Pembelian secara daring di situs resmi

Mau Mulai Beli Emas di Antam? Ini Cara Mudahnyalogammulia.com

Popbela mencoba membuka langsung situs logammulia.com. Di bagian Purchase, kamu bisa memilih lokasi Antam terdekat dari rumahmu, memilih ketersediaan jenis emas batangan, berapa banyak kuantitas yang mau kamu beli, hingga mau menabungnya di BRANKAS atau mau langsung kamu simpan sendiri di rumah.

Perhatikan, Bela. Harganya terjangkau, bukan? Sehingga dengan uang tabungan di bawah Rp2 juta pun, kamu sudah bisa investasi emas. Apalagi dengan mencantumkan NPWP, kamu bisa mendapatkan harga pajak yang lebih rendah, lho, Bela.

Setelah tahu mudahnya cara membeli emas di Antam secara resmi dan terjamin, apakah sudah siap memiliki emas batangan pertamamu?

Baca Juga: Menghadapi Resesi, Menabung atau Investasi? Pertimbangkan 5 Hal Ini

Baca Juga: 7 Jenis Investasi yang Cocok untuk Pemula

Baca Juga: Persiapkan 5 Investasi Ini Sekarang Jika Kamu Mau Sukses di Masa Depan