Bukan rahasia lagi kalau YouTuber kini menjadi pekerjaan yang diimpikan oleh banyak orang. Dikenal banyak orang, menerima barang gratis, hingga bisa jalan-jalan ke manapun yang kita mau, menjadi salah satu alasan mengapa YouTuber adalah pekerjaan impian para millennial.

Memang tidak dapat dipungkiri, menjadi YouTuber, selain terkenal, keuntungan finansial juga bisa kita dapatkan. Iklan yang masuk melalui AdSense di sela-sela video yang diunggah menjadi pundi-pundi uang bagi si konten kreator. Semakin banyak video yang dibuat dan ditonton, semakin banyak pula iklan yang masuk. Itu artinya semakin banyak pula uang yang masuk ke rekening kita.

Dengan banyaknya YouTuber terkenal saat ini kamu pasti penasaran dong, siapa di antara mereka yang memiliki penghasilan paling banyak. Merangkum dari situs Socialblade.com, ini lho YouTuber Indonesia dan internasional dengan penghasilan tertinggi 2019. Siapa saja ya?

YouTuber Indonesia dengan Penghasilan Tertinggi 2019

1. Gen Halilintar

YouTuber Indonesia & Internasional dengan Penghasilan Tertinggi 2019Instagram.com/genhalilintar

Meski subsciber-nya jauh di bawah Atta Halilintar, siapa sangka, pendapatan channel YouTube Gen Halilintar justru lebih tinggi. Dengan subscriber lebih dari 8 juta, pendapatan iklan untuk channel YouTube keluarga asal Minangkabau ini dapat mencapai $695 ribu atau setara dengan Rp9,8 miliar. Wow!

2. Atta Halilintar

YouTuber Indonesia & Internasional dengan Penghasilan Tertinggi 2019Instagram.com/Attahalilintar

Semua pengguna media sosial, pasti tahu kalau anak tertua dari Keluarga Halilintar ini menjadi YouTuber dengan penghasilan tertinggi di Indonesia. Terlebih, Atta baru saja meraih Diamond Button dari YouTube karena sudah berhasil meraup lebih dari 10 juta subscriber. Dengan jumlah subscriber yang terus bertambah hingga mencapai angka lebih dari 14 juta, penghasilan Atta pun ikut meningkat. Diperkirakan, penghasilan yang Atta dapat dari YouTube hingga saat ini mencapai $464,6 ribu atau Rp6,5 miliar per bulan.

3. Ria Ricis

YouTuber Indonesia & Internasional dengan Penghasilan Tertinggi 2019Instagram.com/riaricis1795

Posisi ketiga sebagai YouTuber dengan penghasilan tertinggi adalah Ria Ricis. Lewat channel-nya Ricis Official, Ricis kini memiliki 12,568,264 subscriber. Untuk penghasilannya, Ricis berhasil meraup sekitar $464,3 ribu atau Rp6,5 miliar per bulan. Nggak jauh beda dengan Atta ya!

4. Rans Entertainment

YouTuber Indonesia & Internasional dengan Penghasilan Tertinggi 2019Dok. Internet

Selain sedang mengembangkan bisnisnya, pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina saat ini juga dengan sibuk membangun YouTube channel-nya. Channel yang berisikan kegiatan sehari-hari keluarga Raffi-Nagita ini kini sudah memiliki lebih dari 6 juta subscriber. Penghasilan yang didapat dari channel tersebut saat ini mencapai $420,2 ribu atau sekitar Rp5,9 miliar per bulan.

5. Calon Sarjana

YouTuber Indonesia & Internasional dengan Penghasilan Tertinggi 2019youtube.com/Calon Sarjana

Beda dengan channel YouTube sebelumnya yang menampilkan sosok seseorang, channel yang satu ini merupakan channel informatif. Calon Sarjana berisikan konten video yang unik, informatif, dan menghibur. Dengan jumlah subscriber lebih dari 8 juta, pendapatan yang dihasilkan Calon Sarjana mencapai $357 ribu atau Rp5 miliar per bulan.

YouTuber Internasional dengan Penghasilan Tertinggi 2019

1. PewDiePie

YouTuber Indonesia & Internasional dengan Penghasilan Tertinggi 2019Instagram.com/pewdiepie

YouTuber satu ini memulai channel-nya dengan video berisikan komentar mengenai game online. Namun, ia lebih sering berkomentar soal game bergenre horor dan aksi. Semakin bertambahnya subscriber, kontennya pun kian beragam. PewDiePie menjadi YouTuber dengan subscriber terbanyak di dunia dan memiliki penghasilan sebesar $1,6 juta atau setara dengan Rp22,6 miliar per bulan.

2. 5-Minutes Craft

YouTuber Indonesia & Internasional dengan Penghasilan Tertinggi 2019

Jujur deh, kamu pasti pernah melihat setidaknya satu kali channel yang satu ini. 5-Minutes Craft merupakan channel yang sering memberikan tips dan life-hack sederhana yang bahkan kita sendiri nggak pernah terpikirkan sebelumnya. Karena kontennya yang bermanfaat dan informatif, nggak heran kalau banyak pengguna YouTube yang men-subscribe channel tersebut. Hingga saat ini pendapatan akun tersebut mencapai $1,8 juta atau setara dengan Rp25,5 miliar per bulan.

3. Dude Perfects

YouTuber Indonesia & Internasional dengan Penghasilan Tertinggi 2019Instagram.com/dudeperfect

Komedi sepertinya menjadi genre yang paling banyak disukai para penonton YouTube. Dude Perfects melihat peluang tersebut dan secara rutin membuat dan mengunggah video komedi yang terkadang dibalut dengan aktivitas olahraga ke channel YouTube mereka. Saat ini, Dude Perfects telah berhasil mengantongi pendapatan sebesar $907,7 ribu atau setara dengan Rp12 miliar per bulan.

4. HolaSoyGerman

YouTuber Indonesia & Internasional dengan Penghasilan Tertinggi 2019Instagram.com/germanchelo.oficial

Lagi masih dengan genre komedi, HolaSoyGerman juga salah satu YouTuber yang memfokuskan diri pada konten berbau komedi. Memanfaatkan para subscriber yang sering menonton channel-nya, HolaSoyGerman menunjukkan kemampuannya dalam bermusik dan sering mengunggah lagu ciptaannya di channel YouTube. Saat ini pendapatan HolaSoyGerman mencapai $114,9 ribu atau setara dengan Rp1,6 miliar per bulan.

5. Justin Bieber

YouTuber Indonesia & Internasional dengan Penghasilan Tertinggi 2019Refinery29.com

Terakhir, mungkin Justin Bieber adalah selebritas satu-satunya yang masuk ke dalam lima besar sebagai YouTuber internasional yang memiliki pendapatan tertinggi. Meski tidak terlalu sering mengunggah video, namun subscriber channel YouTube suami dari Hailey Baldwin ini mencapai 44 juta dan dengan pendapatan mencapai $7,3 ribu atau setara dengan Rp103 juta per bulan.

Itulah tadi YouTuber lokal dan internasional yang memiliki pendapatan tertinggi 2019. Namun, yang perlu kamu ingat, Socialblade.com bukan platform resmi penghitung pendapatan YouTuber. Situs tersebut hanya memberikan gambaran mengenai penghasilan yang diperoleh oleh YouTuber dari AdSense. Jumlah tersebut bisa jadi lebih atau bahkan kurang dari yang sebenarnya.

Bagaimana, makin tertarik menjadi YouTuber?