Sudah lebih dari dua tahun pandemi terjadi, bahkan seolah tidak ada tanda-tanda akan berakhir. Justru, dunia kini tengah mengalami gelombang ketiga yang membuat kasus positif semakin naik. 

Bagi masyarakat, satu-satunya cara untuk menjaga diri adalah dengan tetap berada di rumah dan menjauhi keramaian jika tidak keperluan mendesak. Hal ini, mungkin dirasa aman bagi kesehatan fisik, tapi tidak bagi kesehatan mental

Berada di rumah sepanjang hari bisa menimbulkan kebosanan. Terlebih, jika kita tidak melakukan banyak kegiatan atau hanya melakukan kegiatan yang monoton. Berada di situasi ini membuat kita merasakan keluhan psikosomatis.

Pandemi Masih Berlanjut, Simak 5 Tips Menjaga Kesehatan MentalDok. Tokopedia

Menurut Psikolog, Indah Sundari, M.Psi, keluhan psikosomatis adalah contoh tantangan mental yang meningkat secara signifikan selama pandemi.

"Artinya, seseorang bisa merasa sakit secara fisik, tetapi tidak terdapat gejala fisik. Hal ini biasanya disebabkan oleh stres, panik, ataupun cemas. Burn out juga menjadi tantangan mental lainnya," jelas Indah dalam virtual media gathering Tokopedia, Selasa, 8 Februari 2022.

Keadaan ini kemudian mendorong masyarakat mencari berbagai kegiatan untuk mengisi waktu luang di rumah. Contohnya berolahraga atau melakukan hobi.

"Tren tersebut menyebabkan kategori Olahraga dan Hobi menjadi salah satu kategori paling populer di Tokopedia sepanjang 2021. Sebab, orang-orang mencari kegiatan yang bisa membuat mereka happy," kata External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

Di kesempatan yang sama, Indah memberikan tips bagaimana menjaga kesehatan mental selama pandemi masih berlangsung seperti saat ini. Apa saja tips tersebut?

1. Belajar melukis atau membuat kerajinan tangan

Pandemi Masih Berlanjut, Simak 5 Tips Menjaga Kesehatan MentalDok. Tokopedia

Tips pertama untuk menjaga kesehatan mental adalah dengan belajar melukis atau membuat kerajinan tangan. Menurut Indah, hal ini mampu membantu mengembalikan energi positif. Sehingga, produktivitas kita saat bekerja pun dapat ikut meningkat.

2. Meditasi dengan mulai menulis jurnal atau membaca

Pandemi Masih Berlanjut, Simak 5 Tips Menjaga Kesehatan MentalUnsplash.com/Laura Chouette

Menulis jurnal harian dapat secara tidak langsung mampu membantu seseorang untuk mengurai emosi-emosi negatif agar lebih mudah dipahami. Melalui menulis, kita seolah membuang beban pikiran, sehingga kita bisa menjadi 'lega' dan mengurangi stres.

"Selain menulis, perbanyak kegiatan membaca buku, contohnya terkait pengembangan diri juga sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan mental," saran Indah.

3. Menjaga hubungan baik dengan keluarga dan jangan ragu untuk berbagi cerita

Pandemi Masih Berlanjut, Simak 5 Tips Menjaga Kesehatan MentalUnsplash.com/Priscilla Du Preez

Di masa pandemi seperti saat ini, tentu membuat jarak antara kita dengan orang tersayang. Kita tidak bisa terlalu sering bertemu seperti saat sebelum adanya pandemi. Namun, bukan berarti kita putus komunikasi begitu saja dengan mereka. Kita masih bisa berkomunikasi menggunakan smartphone, sehingga kita tetap bisa berbagi cerita atau sekadar menanyakan kabar.

"Dengan menjaga hubungan dengan orang-orang terdekat, kita bisa merasa lebih tenang dan tidak merasa sendirian. Bahkan dukungan teman atau keluarga bisa membantu menemukan solusi untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi," tutur Indah.

4. Kenali batas diri sendiri

Pandemi Masih Berlanjut, Simak 5 Tips Menjaga Kesehatan MentalUnsplash.com/Nathan Dumlao

Ada beberapa tanda peringatan awal yang menunjukkan seseorang harus mulai memperhatikan kondisi kesehatan mental. Misalnya, kualitas tidur dan nafsu makan
terganggu, hingga produktivitas menurun karena tidak fokus dan lain-lain. 

"Artinya kita perlu sediakan waktu untuk ‘istirahat’ dari rutinitas, termasuk bekerja, untuk
melakukan kegiatan menyenangkan sehingga pikiran kita bisa recharged kembali," ujar Indah.

Maka dari itu, kita harus mengenali diri sendiri dan memperhatikan tanda-tanda ini supaya kita bisa segera melakukan tindakan yang tepat agar kesehatan mental selalu terjaga.

5. Melakukan olahraga fisik

Pandemi Masih Berlanjut, Simak 5 Tips Menjaga Kesehatan MentalUnsplash.com/Jonathan Borba

Terakhir dan yang tak kalah penting adalah rutin melakukan olahraga. Dengan olahraga, tubuh bukan hanya bugar, tapi pikiran juga bisa menjadi lebih positif dan menghindari diri dari stres.

Supaya olahraga bukan menjadi suatu 'beban', buat rutinitas olahraga yang menyenangkan, misalnya dengan melakukan yoga atau lari pagi.

"Atau bisa mencoba olahraga rekreasi seperti bermain sepatu roda," kata Indah.

Itu tadi tips mudah menjaga kesehatan mental dari rumah. Semoga kamu bisa mulai melakukannya, sehingga terhindar dari stres. 

Baca Juga: 7 Kebijakan Instagram untuk Meningkatkan Kesadaran Kesehatan Mental

Baca Juga: 12 Aplikasi Konsultasi Kesehatan Mental, Ada yang Bisa Diakses Gratis!

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Harus Lebih Memerhatikan Kesehatan Mental