Penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mulai diterapkan kembali di Pulau Jawa dan Bali, untuk menekan penyebaran COVID-19 yang semakin tak terkendali. Oleh karena itu, kita kembali mengerjakan segala pekerjaan dari rumah dan membatasi kegiatan ke luar rumah jika tidak terlalu mendesak.

Supaya semakin betah dan nyaman di rumah, mendekorasi ulang ruangan perlu kita lakukan. Mulai dari mengecat, mengganti perabotan, atau sekadar menggeser posisi perabotan di dalam ruangan juga sudah cukup, kok.

Namun, jika kamu menginginkan hoki datang kepadamu, kamu bisa menata ruangan berdasarkan feng shui. Hal ini membuat energi positif terus mengalir di dalam ruangan, sehingga keberuntungan akan datang kepadamu.

Bingung bagaimana menata kamar tidur berdasarkan feng shui agar membawa keberuntungan padamu? Simak tips berikut ini, ya!

1. Pencahayaan kamar tidur yang cukup

10 Tips Feng Shui Kamar Tidur yang Bawa Hoki, Ubah Pelan-Pelan, Yuk!Unsplash.com/Devon Janse Van Rensburg

Pertama, untuk mendapatkan hoki yang bagus, pastikan kamar tidurmu memiliki pencahayaan yang cukup. Banyaknya cahaya yang masuk, menandakan banyaknya pula energi positif yang mengalir di dalamnya.

Pencahayaan ini bisa kamu dapatkan dari jendela atau lampu. Pastikan untuk membuka jendela setiap pagi hingga sore, agar cahaya alami masuk ke dalam ruangan. Jika kamu mengandalkan pencahayaan dari lampu, pastikan selalu mengganti lampu jika cahayanya dirasa mulai meredup.

Kalau kamu menggunakan lampu sebagai pencahayaan utama, pilih warna warm white daripada bohlam putih atau kuning. Sebab, warna warm white dapat menghadirkan rasa nyaman untuk beristirahat.

2. Pilih lukisan sebagai dekorasi kamar

10 Tips Feng Shui Kamar Tidur yang Bawa Hoki, Ubah Pelan-Pelan, Yuk!Unsplash.com/Kam Idris

Bukan hanya menambah estetika pada ruangan, pemilihan lukisan yang tepat untuk kamar juga dapat menghadirkan feng shui pembawa keberuntungan. Pilih lukisan yang memberikan nuansa kelima elemen atau hanya salah satunya agar menciptakan suasana damai dan indah.

Misalnya, lukisan dengan gambar pohon yang mewakili elemen kayu, lukisan air terjun mewakili elemen air, lukisan lilin mewakili elemen api dan lukisan pegunungan yang mewakili elemen bumi.

3. Hadirkan elemen kayu pada ruangan

10 Tips Feng Shui Kamar Tidur yang Bawa Hoki, Ubah Pelan-Pelan, Yuk!Unsplash.com/Francesca Tosolini

Elemen kayu menurut feng shui bermakna pertumbuhan, kemakmuran, kesehatan dan kelimpahan rezeki. Elemen kayu juga sering digunakan sebagai lambang awal kehidupan baru. Oleh karena itu, hadirkan elemen kayu pada kamar tidur dipercaya akan mendatangkan rezeki yang berlimpah.

Tidak perlu mengganti lantai atau menghadirkan perabotan besar bermaterial kayu, untuk mengikuti tips feng shui ini. Kamu cukup meletakan satu meja kayu kecil di sudut ruangan, untuk mendatangkan hoki berdasarkan feng shui.

4. Tambahkan energi positif dengan meletakan tanaman di dalam ruangan

10 Tips Feng Shui Kamar Tidur yang Bawa Hoki, Ubah Pelan-Pelan, Yuk!Unsplash.com/Shop Slo

Energi positif yang ada pada ruangan dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan yang melimpah. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu menghadirkan energi tersebut di tempat kita beristirahat.

Salah satu cara mendatangkan energi positif di dalam kamar tidur adalah dengan meletakan tanaman di salah satu sudut ruangan. Pilih tanaman yang tidak membutuhkan banyak air dan cahaya matahari untuk dapat tumbuh agar mudah merawatnya.

5. Pilih warna cat berdasarkan elemen feng shui

10 Tips Feng Shui Kamar Tidur yang Bawa Hoki, Ubah Pelan-Pelan, Yuk!Unsplash.com/Chastity Cortijo

Berdasarkan elemen feng shui, terdapat warna-warna berbeda yang dapat kamu terapkan di dalam ruangan. Warna-warna ini mewakili elemen feng shui berdasarkan arah mata angin.

Warna-warna berdasarkan arah kamar feng shui adalah sebagai berikut:

  • Tenggara: hijau
  • Barat dan barat laut: putih, emas, dan perak
  • Timur laut dan barat daya: cokelat, kuning, dan merah muda
  • Selatan: merah
  • Utara: biru dan hitam

6. Singkirkan barang-barang yang tidak terpakai

10 Tips Feng Shui Kamar Tidur yang Bawa Hoki, Ubah Pelan-Pelan, Yuk!Unsplash.com/Fred Kleber

Energi chi positif dalam ruangan dapat dihadirkan dengan menyingkirkan barang-barang yang tidak terpakai atau yang tidak kamu sukai. Selain membuat ruangan semakin lega dengan semakin sedikitnya barang, energi positif yang hadir di dalam kamar tidur dipercaya akan mendatangkan hoki.

7. Rutin bersihkan kamar dan beli wewangian

10 Tips Feng Shui Kamar Tidur yang Bawa Hoki, Ubah Pelan-Pelan, Yuk!Unsplash.com/Kelly Sikkema

Menghadirkan energi positif berdasarkan feng shui lainnya dapat kamu lakukan dengan cara rutin membersihkan kamar dan memberinya dengan wewangian. Selain mendatangkan chi positif, kamar yang bersih dan wangi tentu membuatmu merasa nyaman, sehingga semakin betah untuk beristirahat.

8. Rutin pindahkan tempat tidur

10 Tips Feng Shui Kamar Tidur yang Bawa Hoki, Ubah Pelan-Pelan, Yuk!Unsplash.com/Adam Winger

Letak tempat tidur juga memengaruhi energi yang masuk ke dalam ruangan. Memindahkan tempat tidur ke posisi baru, dapat membersihkan energi lama dan menggantinya dengan energi baru yang lebih bersih dan positif.

Letakan tempat tidur dengan arah melawan dinding, jangan meletakannya di dekat sisi pintu, dan jangan meletakannya di samping jendela. 

9. Singkirkan alat olahraga dari dalam kamar

10 Tips Feng Shui Kamar Tidur yang Bawa Hoki, Ubah Pelan-Pelan, Yuk!Unsplash.com/Sidekix Media

Sejatinya, kamar tidur difungsikan untuk istirahat. Oleh karena itu, kegiatan selain beristirahat hendaknya dilakukan di luar kamar tidur. Seperti olahraga, ada baiknya untuk tidak berolahraga di dalam kamar dan singkirkan alat-alat olahraga dari dalam ruangan. Sebab, saat berolahraga, kamu mengeluarkan energi agresif. Ada baiknya, energi tersebut dibuang di luar kamar.

10. Tutup pintu kamar saat sedang tidur

10 Tips Feng Shui Kamar Tidur yang Bawa Hoki, Ubah Pelan-Pelan, Yuk!Unsplash.com/Devon Janse Van Rensburg

Terakhir dan perlu kamu perhatikan adalah tutup pintu saat sedang beristirahat. Hal ini dimaksudkan agar energi positif tidak mengalir keluar saat kamu sedang tidur. Sehingga, saat kamu terbangun, kamu akan merasa lebih segar dan merasa lebih positif.

Itulah tadi tips menata kamar berdasarkan feng shui. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari inspirasi dekorasi kamar, ya!

Baca Juga: 11 Ide Desain Rooftop Rumah Agar tidak Panas dan Membosankan

Baca Juga: 7 Inspirasi Desain Dapur Modern yang Bikin Kamu Betah Masak di Rumah

Baca Juga: 10 Inspirasi Desain Rumah Kayu Minimalis yang Menawan