Kemarin (28/5), penyanyi muda Nadin Amizah genap berusia 20 tahun. Di hari spesialnya tersebut, Nadin merilis album debutnya yang berisikan 10 lagu. Bukan hanya bercerita tentang proses pendewasaan dirinya di usia yang baru ini, album yang bertajuk Selamat Ulang Tahun ini menjadi album paling unik karena rilis tanpa single, alias langsung rilis secara keseluruhan!

Penasaran nggak sih, bagaimana proses pembuatan dan kisah di balik album ini? Simak kisahnya berikut ini, yuk.

Seluruh liriknya ditulis sendiri oleh Nadin

Rilis Album Debut, Kado Indah dari Nadin Amizah untuk Para PenggemarDok. Nadin Amizah

Album Selamat Ulang Tahun di semua untaian lirik dirangkai dan ditulis sendiri sepenuhnya oleh Nadin. Namun, untuk musiknya dibantu Tarrarin (Svmmerdose), Dissa Kamajaya (Fuzzy, i), Doly Harahap (ex-Temansebangku) dan Ramadhan Zulqi (Syarikat Idola Remaja). Sementara proses produksinya dibantu oleh produser Petra Sihombing, Ferry Nurhayat, Ibnu Dian, Dissa Kamajaya, dan Mikha Angelo.

“Nama-nama produser ini sama besar perannya dalam mewujudkan dengan akurat visiku yang kadang rumit untuk diterjemahkan tentang musik-musik yang ada di album ini,” ucap Nadin.

Sehingga pada akhirnya musik di album perdananya ini mampu hadir persis seperti bayangan nada dan gaya musik yang sebelumnya sudah ada di kepala Nadin.

Debut album sebagai bekal pendewasaan dirinya di usia 20 tahun

Rilis Album Debut, Kado Indah dari Nadin Amizah untuk Para PenggemarDok. Nadin Amizah

Album Selamat Ulang Tahun ini adalah cara Nadin membekali dirinya menuju usia 20 yang dianggap sebagai batas memasuki kedewasaan. Dengan banyak berkontemplasi mengenai kedewasaan, dan juga membuat sebuah penghargaan untuk orang-orang terdekat di hidupnya.

“Album ini tema besarnya adalah tentang kegelisahan, kebingungan, kesoktahuan, kebodohan dan kebahagian yang campur aduk di masa pendewasaan aku. Meskipun saat ini aku masih belum sepenuhnya dewasa, tapi yang jelas hal-hal yang lalu itu kini bisa aku tengok dengan sedikit air mata namun tetap sambil tertawa," ungkapnya.

Bedroom recording membuat album ini terasa lebih intim dan personal

Rilis Album Debut, Kado Indah dari Nadin Amizah untuk Para PenggemarDok. Nadin Amizah

Nadin memulai kariernya sebagai penyanyi di usia yang terbilang belia pada 17 tahun dan langsung mendapatkan banyak rekognisi dari industri musik. Jadi tidak heran jika proses pendewasaan ini sangat penting baginya. Selain itu juga album ini berisi tentang hubungannya dengan keluarganya yang ia sayangi, serta bagaimana Nadin menanggapi berbagai hal-hal yang telah dilalui. 

Semuanya ia tuangkan dalam lagu yang seluruhnya direkam di kamar tidur (bedroom recording). Proses bedroom recording ini yang kemudian juga membuat karya ini terasa begitu intim dan personal.

Badai pendewasaan yang muncul dalam berbagai perasaan seperti rasa takut, ketidakpastian dan upaya untuk mengekspresian rasa kepada orang-orang yang paling dekat dengannya semua dituangkan ke dalam album perdananya ini. Sehingga membuat Selamat Ulang Tahun ini terdengar sebagai rangkuman kisah pendewasaan yang lirih, namun tetap terdengar indah, matang, tenang dan penuh percaya diri.

Album yang eksploratif

Rilis Album Debut, Kado Indah dari Nadin Amizah untuk Para PenggemarDok. Nadin Amizah

Faktor lain yang jadi catatan penting bagi Nadin adalah proses penulisan lirik yang sepenuhnya ia kerjakan sendiri, serta banyak bereksplorasi di area pendalaman dan teknik bernyanyi yang sebelumnya belum pernah ia coba.

“Di album ini bisa dengan bangga aku bilang kalau begitu banyak banget pengembangan cara menulis dan bernyanyi aku dari sebelumnya. Bila sebelumya ada hal-hal yang takut dicoba karena aku masih merasa teknik bernyanyi dan menulis lirik aku masih terbatas akhirnya bisa ditemukan celahnya. Karena kalau tidak dicoba, maka lagu-lagu aku nggak akan berkembang."

Hadiah spesial di hari ulang tahunnya

https://www.youtube.com/embed/T_Ui-U2Dojw

Tidak kalah menariK, album ini rilis kemarin, 28 Mei 2020 bertepatan dengan hari lahir Nadin, tanpa single perkenalan ataupun wara-wara digital. Seperti lazimnya sebuah album yang dirilis di era internet seperti sekarang. 

Sehingga, album ini muncul bagaikan hadiah kejutan ulang tahun dari Nadin yang ditujukan untuk semua pendengar musik Indonesia.

Meski tak ada single perkenalan, namun Nadin memfokuskan diri pada dua lagu sebagai andalannya di album ini, yakni 'Kanyaah' dan 'Beranjak Dewasa'.

https://www.youtube.com/embed/t17xjn2UD3s

Semua lagu di album Selamat Ulang Tahun ini bisa kamu dengarkan di platform musik digital atau bisa juga cek channel YouTube Nadin Amizah untuk melihat video liriknya.

Baca Juga: 7 Potret Memesona Sara Fajira, Pelantun Lagu 'Lathi' yang Lagi Viral 

Baca Juga: Andien Sematkan Pesan Haru di Klip "Jendela Waktu", Ini Liriknya

Baca Juga: Vidi Aldiano, Petra Sihombing dan Iwan Fals Hangatkan Bulan April