Tanpa terasa hanya dalam hitungan hari kita akan menyambut bulan Ramadan. Beragam persiapan pun pasti kita lakukan. Mulai dari fisik yang prima, mental, bahkan hingga pengeluaran selama bulan Ramadan. Tentu bulan Ramadan selalu memberi banyak kesan dari sisi suasana, ibadah, bahkan sajian kuliner setiap tahunnya.

Disadari atau nggak, ternyata beberapa makanan berikut ini hanya akan ada di bulan Ramadan, lho! Apa saja ya?

1. Kurma

Bikin Kangen! 7 Makanan Ini Hanya Ada di Bulan PuasaPinterest

Sebenarnya kurma bisa kita nikmati sepanjang tahun dan bukan hanya pada saat Ramadan saja. Namun, eksistensi makanan ini kian menanjak hanya pada saat bulan Ramadan. Terlebih lagi sesuai dengan sunnah Rasulullah, kita memang dianjurkan untuk menyantap kurma berjumlah ganjil saat berbuka puasa.

2. Kolak

Bikin Kangen! 7 Makanan Ini Hanya Ada di Bulan PuasaIfood.tv

Minuman manis ini pasti akan selalu tersedia di meja dan sepanjang jalan akan ada banyak yang menjualnya. Kolak sangat pas disajikan sebagai menu berbuka karena rasanya yang manis serta isiannya yang berupa pisang, ubi, atau kolang kaling ini dapat mengisi perut setelah berpuasa seharian.

3. Kolang kaling

Bikin Kangen! 7 Makanan Ini Hanya Ada di Bulan PuasaDok. Internet

Sama seperti kurma, kolang kaling juga sebenarnya dapat kita konsumsi sepanjang tahun tanpa harus menunggu bulan Ramadan. Namun, jika bukan dalam bulan puasa, kolang kaling akan sulit ditemui dan hanya akan dapat dibeli di pasar atau supermarket. Biasanya kolang kaling dikonsumsi bersama dengan es buah atau pun kolak.

4. Es pisang ijo

Bikin Kangen! 7 Makanan Ini Hanya Ada di Bulan PuasaPinterest

Sajian manis khas Makassar ini juga menjadi salah satu menu buka puasa favorit. Minuman yang terbuat dari pisang raja berbalut tepung hijau dan disiram sirup manis nan dingin akan dengan mudah ditemui di pinggir jalan saat bulan Ramadan tiba. Rasanya yang manis dan dingin, membuat buka puasa menjadi lebih nikmat.

5. Es timun suri

Bikin Kangen! 7 Makanan Ini Hanya Ada di Bulan PuasaResepkoki

Selain minumannya, tanaman timun suri pun biasanya hanya akan ditanam menjelang sampai akhir bulan Ramadan. Tak heran, jika es timun suri juga hanya akan kita dapatkan di bulan tersebut. Es timun suri merupakan salah satu buah yang mampu mencegah panas dalam dan memperlancar pencernaan karena banyaknya kandungan vitamin C dan serat di dalamnya.

6. Es blewah

Bikin Kangen! 7 Makanan Ini Hanya Ada di Bulan PuasaDok. Internet

Banyak orang mengira bahwa blewah sama dengan labu. Namun, soal rasa, blewah punya rasa yang lebih ringan dan hampir mirip melon. Blewah biasa dijadikan sebagai menu takjil, baik itu menjadi minuman tersendiri atau dicampur dengan es buah dan es timun suri.

7. Biji salak

Bikin Kangen! 7 Makanan Ini Hanya Ada di Bulan PuasaPinterest

Kalau kamu nggak ingin makan makanan berat sebelum solat magrib dan setelah berbuka puasa, biji salak dapat menjadi pilihan menu berbukamu. Berbahan dasar tepung tapioka, biji salak bisa mengganjal perutmu sampai selesai solat magrib sebelum lanjut ke hidangan utama.

Makanan khas berbuka puasa apa sih yang paling kamu kangenin, Bela? Tulis di kolom komentar ya!

BACA JUGA: Jangan Hanya Incar Pemandangan Indah, Kuliner Khas Kota Malang Ini Wajib Kamu Cicipi‚Äč